Trending News

Blog Post

Album of The Day: Blue – Roulette
Album of The Day

Album of The Day: Blue – Roulette 

Released by Universal Music Indonesia.
Era popularitas mereka memang sudah berlalu. Tapi bukan berarti animo masyarakat untuk musik mereka ikutan surut. Lihat saja saat Blue menggertak kembali dengan ‘I Can’ di tahun 2011 silam. Mereka berhasil mencetak sukses lagi. Uni-Eropa menjadi saksi, berikut semenanjung Asia yang menjadi penontonnya. Semangat itu yang membuat mereka tergerak untuk ikut bergabung dalam tur Greatest Hits di tahun 2012 sebelum akhirnya memutuskan untuk mengadakan reuni di studio untuk penggarapan album. “Roulette” hadir sebagai album pertama dalam 10 tahun. Jarak yang begitu jauh antara album ini dengan yang sebelumnya diakibatkan keputusan hiatus yang Simon, Anthony, Lee, dan Duncan sepakati.

Blue melepas ‘Hurt Lovers’ di awal tahun sebagai sajian awal dari peresemian momentum “comeback” mereka. Lagu ini punya nilai dramatis yang selevel ‘Guilty’ ataupun ‘Breath Easy’. Lagu yang menyemangati para hati yang patah untuk tetap optimis pada cinta ini juga dipakai sebagai soundtrack sebuah film di Jerman. Mereka juga sekaligus memakai produser asal negeri tersebut untuk membantu penggarapan lagunya. Posisi ini yang paling nyaman dalam mendengarkan sebuah lagu balada. Ia punya arahan musik yang nyaman dalam tempo yang rendah. Bandingkan dengan ‘Risk It All’ atau ‘Black Box’ yang terlalu bouncy untuk sebuah balada. Harus ada momen personal yang tercipta, seperti yang ‘Broken’ dan ‘All I Need’ miliki.

Percobaan pertama mereka bukan hanya berkolaborasi dengan produser Jerman, tapi juga dengan produser asal Eropa lainnya, RedOne. Mengharapkan lagu-lagu super dahsyat dengan corak musik dance yang kental seperti yang pernah RedOne hasilkan untuk Lady Gaga? You should. Karena posisi club ready terasyik dalam album ini adalah hasil karya RedOne. ‘We’ve Got Tonight’ dan ‘Paradise’ memimpin, dengan ‘Break My Heart’ menyusul. Dalam keluarga dance milik Blue, lagu-lagu ini pasti anak emasnya. Mereka adalah penyegaran sound dari kebiasaan dance R&B Blue, seperti ‘Ayo’.

Sangat terasa bagaiman Blue mencoba untuk mengikuti alur permainan musik masa kini untuk mengejar ketinggalan yang telah terjadi. Selain bergabung dengan RedOne, mereka juga mengimbuhi komputerisasi untuk vokal mereka seperti yang biasa terdengar dalam lagu-lagu pop jaman sekarang. ‘Heart On My Sleeve’ berakhir dengan kecanggungan yang luar biasa. Polesan elektronik untuk vokal yang dilakukan begitu berlebihan sehingga beberapa vokal tak terdengar serupa sama sekali dengan vokal asli. Tapi namanya juga usaha, tak pernah ada penilaian buruk mengenai hal tersebut. “Roulette” tak tampak sebagai permainan Rusia yang hanya terisi satu dari beberapa slot tersedia. Karena sebenarnya ketigabelas track dalam album ini mampu mengedepankan diri untuk mengangkat memori lama sekaligus membuat memori baru terhadap Blue.

Official Website

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. Hurt Lovers 3:55
2. Without You 3:27
3. Break My Heart 4:06
4. Ayo 3:50
5. Risk It All 3:42
6. Heart On My Sleeve 3:51
7. We’ve Got Tonight 3:39
8. Paradise 3:46
9. Black Box 3:28
10. Broken 3:56
11. Break You Down 3:38
12. All I Need 3:27

Related posts

Leave a Reply