Trending News

Blog Post

Album of The Day: Lucky Uke – Sunburn
Album of The Day

Album of The Day: Lucky Uke – Sunburn 

Released by: Universal Music Indonesia

Lucky Uke adalah nama band asal Montreal, Kanada, yang mengusung musik akustik dengan andalan ukelele sebagai instrumen utama. Sebelumnya Lucky Uke telah merilis album di tahun 2010 yang umumnya berisi lagu-lagu lawas populer yang dinyanyikan kembali. Kini, menyusul album sophomore mereka yang bertajuk Sunburn. Apakah mereka masih mengusung cover-version sebagai andalan?

Jawabannya ya dan tidak. Ya, karena Sunburn masih memiliki beberapa lagu lama yang dinyanyi ulang. Tidak karena album ini hadir dengan lebih percaya diri karena sebagian besar lagu yang terdapat di dalamnya adalah lagu-lagu baru. Termasuk yang menjadi single utama mereka, lagu yang bertajuk Please, Please Stay.

Ini pun menjadi pembuktian jika mereka juga tak kalah tangkas dalam menyanyikan lagu asli mereka. Tentu saja dengan iringan ukulele, Please, Please Stay adalah sebuah pop-folk manis yang renyah dan ditambah pula kehadiran Colbie Caillat dalam menyemarakkan lagunya.

Kekuatan utama Lucky Uke memang terdapat dalam denting ukulele-nya. Setiap mendengar lagu-lagu yang terdapat dalam album ini seolah-olah kita berada di sekitar pantai yang indah atau pun tengah merasakan hangatnya mentari di tengah hari yang cerah bersama teman-teman.

Nuansa keceriaan yang laidback itulah yang akan kita rasakan, meski ia sebenarnya menyanyikan lagu yang pedih atau sedih atau sendu, sebutlah lagu-lagu semacam To Be With You, yang kini terdengar jauh lebih ceria dan uptempo atau Stairway to Heaven yang aslinya minimalis lembut mengalun, dikonversi menjadi reggae lengkap dengan perkusi.

Nomor-nomor uptempo inilah yang menjadi andalan Sunburn dalam menghibur kita. Meski selintas setiap lagu terdengar sama, akan tetapi sebenarnya Lucky Uke cukup telaten memberi pembeda antara satu dengan yang lain.

What About Love dibentuk dari dasar pop-rock, begitu juga dengan Crying atau (tentu saja) Rock and Roll All Night yang uniknya justru lebih lekat dengan nuansa samba. Nuansa yang sedikit mengalun lembut bisa dtemukan dalam You Shook Me All Night Long, atau sedikit ngeblues dalam Another Thing Coming.

Album ditutup dengan Lovin’, Touchin’, Squeezin’ yang hadir lengkap dengan gimmick suara ombak di pantai. Sensasi sepoi-sepoi pun sontak terwujud dalam benak kita saat mendengarkannya. Sebuah lagu penutup yang tepat guna namun juga manis.

Yep! Manis. Demikian lah yang bisa kita rasakan saat mendengarkan Sunburn. Menyimaknya kita seolah terlupa oleh penatnya rutinitas dan tenggelam dalam serunya sebuah liburan yang menyenangkan. Sebuah efek placebo? Bisa jadi. Akan tetapi jika ia memang postif, mengapa tidak. Dan kita punya Lucky Uke bersama Sunburn-nya yang akan setia menemani “liburan” kita.

(Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “What About Love” 2:58
2. “Crying” 3:36
3. “Rock and Roll All Night” 4:06
4. “Dead or Alive” 3:38
5. “Please, Please Stay” (feat. Colbie Cailat) 3:21
6. “To Be With You” 3:31
7. “You Shook Me All Night Long” 3:23
8. “All I Need Is Your Love” 3:37
9. “Stairway to Heaven” 4:39
10. “Another Thing Coming” 3:05
11. “Lovin’, Touchin’, Squeezin'” 3:24

Related posts

Leave a Reply