Trending News

Blog Post

Album of The Day: Only Seven Left – Anywhere From Here
Album of The Day

Album of The Day: Only Seven Left – Anywhere From Here 

Siapakah Only Seven Left? Mereka adalah band asal Belanda yang beranggotakan Bjørgen van Essen (vokal), Jochem Winterwerp (gitar), Roderick Knijnenburg (piano), Hinne Winterwerp (bass, vokal latar) dan Bram de Wijs (drum). Terbentuk di tahun 2007, dan setelah merilis beberapa single dan EP maka mereka pun berkesempatan untuk merilis album kedua mereka, Anywhere From Here.

Di atas kertas, Only Seven Left akan terdengar seperti Simple Plan atau Secondhand Serenade misalnya, karena bermain di ranah pop-rock. Akan tetapi kemiripan dengan Secondhand Serenade mungkin akan lebih tepat karena band yang baru saja melangsungkan tur selama dua minggu di Indonesia ini juga kental dengan permainan piano sebagai latar. Meski begitu, mereka menyebutkan jika Jack’s Mannequin, The Spill Canvas dan Relient K. menjadi sumber inspirasi utama mereka dalam bermusik.

Sekarang mari kita mengulik-ulik lagu-lagu yang terdapat di dalam album ini. Dibuka dengan Higher yang seolah-olah hadir sebagai lagu antemik up-tempo, Higher kemudian mengambil notasi sedikit mellow di bagian verse dan terdengar sedikit emo, meski kemudian kembali antemik di bagian chorus. Apakah ini menjadi pertanda apa yang akan kita dengar di album ini?

Kalau begitu mari kita simak track ke dua, Love Will Lighten the Dark. Synth segera membuka lagu ceria ini. Piano yang menjadi kekuatan utama Only Seven Left hadir mendominasi. Dan chant tampaknya menjadi kesukaan mereka, karena hadir kembali di sini. Nuansa pop terdengar lebih mendominasi ketimbang rock.

Memasuki track ke tiga, Stay With Me, Only Seven Left pun mulai terdengar emo-ish. Runaway juga masih memiliki pendekatan yang sama, akan tetapi jika Stay With Me bertempo cepat, maka Runaway hadir dalam pace yang lebih tenang. Gebukan drum yang perkasa menjadi andalan, sementara vokal Bjørgen malah terdengar sedih dan…galau.

Dalam Turn Your Head Around, mereka tampil dengan sedikit laidback and cute. Pop ringan yang mengandalkan gitar serta ketukan berirama ceria menjadi andalan, menjadikan lagu ini terdengar sangat seru untuk disimak. Semengtara itu mereka menghadirkan semangat elektropop dalam track One Step Closer, meski pop-rock masih menjadi balutan utama. Pilihan ini memang membuat album Anywhere From here terdengar cukup variatif dan kaya pilihan serta tidak terdengar monoton.

Empat lagu terakhir pun masih mengkombinasikan antara pop-rock dan sedikit synth sebagai warnanya. Dan jika hendak mencari nomor balada, Only Seven Left menyediakannya tepat di nomor terakhir. Mereka menyimpan Anywhere From Here, yang juga menjadi judul album, sebagai amunisi terakhir. Vokal Bjørgen yang sentimentil terasa tepat guna dalam menyanyikan lagu yang menghadirkan atmosfir sendu meski gebukan drum Bram de Wijs terdengar cukup bertenaga.

Only Seven Left menyebutkan jika Anywhere From here adalah “an epic and danceable journey through your deepest emotions, hopes and fears.” Tidak ada salahnya juga. Karena meski Anywhere From Here bertabur dengan track-track bertempo kencang, namun sulit menghindarkan kesan melankolis yang membalur setiap lagunya. Entah karena memang cara menyanyi Bjørgen yang sendu atau memang mereka memang ingin menghadirkan atmosfir tersebut dalam aransemennya.

Only seven Left mungkin tidak terdengar terlalu standout ditengah band-band serupa dan Anywhere From Here juga mungkin terdengar terlalu tipikal. Akan tetapi, setelah album debut, It Was All A Dream (2010) dan pergantian vokal dari Bart van Dalen ke Bjørgen van Essen, Only Seven Left membuktikan jika mereka tidak gampang menyerah dan akan selalu berjuang untuk memberikan yang terbaik. Oleh karena itu, sepak terjang mereka berikutnya, boleh dinantikan.

Official Website

(Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “Higher” 3:31
2. “Love Will Lighten the Dark” 3:04
3. “Stay With Me” 2:48
4. “Run Away” 3:31
5. “Turn Your Head Around” 2:42
6. “One Step Closer” 3:28
7. “Is It Me” 3:14
8. “Against the Wall” 3:16
9. “Safe to Say” 3:10
10. “Anywhere from Here” 3:51

Related posts

Leave a Reply