Trending News

Blog Post

Album of The Day: The Gaslight Anthem – Handwritten
Album of The Day

Album of The Day: The Gaslight Anthem – Handwritten 

Released by: Universal Music Indonesia

Band rock asal Amerika, The Glasslight Anthem, telah merilis album keempat mereka, Handwritten. Album Handwritten ini diambil dari track berjudul sama yang sebenarnya simple saja, mengandalkan distorsi gitar dan ketukan drum. namun dengan semangat rock alternatif yang kental serta dipadu dengan sentuhan folk, Handwritten memang terdengar segar dan memikat.

Dan wajar jika Brian Fallon (vocals, rhythm guitar), Alex Rosamilia (lead guitar, backing vocals), Alex Levine (bass, backing vocals), dan Benny Horowitz (drums, percussion, tambourine) menjadikan lagu tersbeut menjadi judul album karena secara umum, demikian yang bisa kita gambarkan tentang albumnya.

Rock, bagaimanapun bentuknya, sepertinya memang tidak akan pernah mati. Selalu ada orang-orang yang memiliki passion yang tinggi terhadap genre musik ini. Dan berdasarkan passion tersebut kemudian mereka menuangkan sejumlah ide yang seebenarnya tidak bergerak dalam pola yang sama, akan tetapi kita dapat merasakan semangat mereka.

Demikan yang bisa kita simak dari Handwritten ini. Tidak ada yang istimewa sebenarnya, akan tetapi The Gaslight Anthem hadir sampai empat album pasti ada kelebihan tersendiri, bukan? Setiap lagu yang ada di album ini terdengar organis, saat kini bebunyian dari mesin semakin jamak menjadi pilihan untuk memoles musik mereka.

Indikasi tersebut sudah ditunjukkan dengan track pembuka 45, yang langsung menghajar pendengaran dengan beat yang berderu cepat. Akan tetapi, The Gaslight Anthem tidak melulu soal distorsi gitar atau gebukan drum membahana atau tarikan gahar sang vokalis. Mereka juga berbicara tentang melodi dan tematis dalam lagu.

Simak Mulholland Drive yang mengutip salah satu jalan terkenal di Hollywood. Kita dapat merasakan jika nyawa old school era 80-an menjadi aura dari lagu ini, lengkap sampai gaya bernyanyi Fallon yang dipadu dengan sedikit sentuhan metal dan rock alternative.

Agak mundur sedikit, tepatnya di era 70-an, The Gaslight Anthem mengulang formula rock dekade tersebut dalam track Too Much Blood yang bergerak dalam tempo sedang. Tidak semengharu-biru kebiasaan lagu mid-tempo jaman tersebut, namun kita bisa merasakan semangatnya.

Akan tetapi jangan lantas mengira jika lagu-lagu yang terdapat dalam Handwritten akan terdengar outdated. Tidak sama sekali, meski not particularly fresh either. Oh ya, setiap kita mendengar lagunya, sontak kita seperti terkenang, “ini seperti band ini deh atau itu seperti lagu ini yah?” Tidak mengapa.

Handwritten tetap terdengar kontemporer kok. Coba simak Here Comes My Man, sebuah anthem yang menghadirkan semangat rockabilly era 60-an, namun tetap bercorak folk yang tengah ngetrend saat ini. Jangan lewatkan pula Desire yang penuh dengan intensitas. Agak mengingatkan akan Goo Goo Dolls, akan tetapi memang Desire milik The Gaslight Anthem ini terdengar sedikit nge-pop.

Jika terbiasa dengan Bruce Springsteen, track Mae mungkin bisa menjadi penawar kerinduan, dimana melankolia dan antemik memilin menjadi satu menjadi sebuah lagu yang menyentuh. Dan tembang balada akustik minimalis National Anthem yang folky pun menjadi penutup yang tepat setelah kita tadi meleburkan diri dalam riuhnya Handwritten.

Bagi penggemar The Gaslight Anthem atau penikmat rock alternative, pastinya Handwritten akan memuaskan dahaga. Semua yang kita harapkan dari band pengusung rock alternative ada di mereka. Mereka paham sekali akan nada-nada familiar yang kita semua pasti akan dengan mudah turut bernyanyi bersamanya. And yes, since it’s so familiar, it became an enjoyable album.

Oh ya, Fallon menyebutkan jika album kelima mereka akan terdengar sangat Pearl jam-ish. So you guys, embrace your self!

Official Website

(Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “45” 3:23
2. “Handwritten” 3:58
3. “Here Comes My Man” 3:35
4. “Mulholland Drive” 3:53
5. “Keepsake” 4:02
6. “Too Much Blood” 5:07
7. “Howl” 2:04
8. “Biloxi Parish” 3:46
9. “Desire” 3:15
10. “Mae” 4:07
11. “National Anthem” 3:40

Related posts

Leave a Reply