Trending News

Blog Post

Album of The Month: Bon Jovi – What About Now
Album of The Day

Album of The Month: Bon Jovi – What About Now 

Released by: Universal Music Indonesia

Perkara lagu yang asyik untuk dibuat sing-a-long memang bukan hal baru bagi Bon Jovi. Dari tahun ke tahun mereka menciptakan lagu yang bisa dibuat demikian. Sebagian darinya bahkan menjadi klasik. Nah, untuk album terbaru “What About Now” mereka masih melanjutkan tradisi tersebut, terbukti dengan ‘Because We Can’ dan ‘What About Now’ yang sudah dirilis sebagai single terlebih dahulu sebelum jadwal perilisan album. Kedua track rock dengan tempo yang up tersebut begitu cocok dijadikan lagu sing along. Bermodalkan tempo untuk menghasilkan hentakan dan chorus yang pantas mendapatkan eksekusi oleh vokal yang ramai.

Akan tetapi ‘What About Now’ tidak hanya memiliki ‘Because We Can’ dan ‘What About Now’. Mereka masih memiliki banyak lagu lainnya yang bisa disimak. Dengarkan saja ‘Pictures of You’ yang meghentak namun sebenarnya sebuah lagu sendu. Terimakasih kepada vokal Jon Bon Jovi yang mampu meniupkan ruh galau, meski tone-nya tetap rock. ‘That’s What The Water Made Me’ adalah sebuah pop uptempo yang antemik dan manis. Arsiran string section mempermanisnya pula.

Dalam ‘Army of One’, sebuah lagu yang tak kalah antemiknya, Bon Jovi awalnya terdengar sedikit U2-ish akan tetapi nuansa gloomy, yang lengkap dengan hadirnya suara orgel, diimbuhi pula oleh suara renyah Jon dan chorus yang mengundang perhatian. Syahdu dalam keriuhan? Bisa saja. Sementaraitu, lagu rock yang lebih konvensional dan so Bon Jovi bisa disimak pada track Beautiful World yang seru atau What’s Left Me yang seidkit country-esque, lengkap dengan hadirnya banjo.

Speaking of syahdu, tentu saja kita tidak bisa melewatkan lagu-lagu balada versi Bon Jovi dan album ini punya lumayan banyak amunisi itu. Simak Amen yang hadir lirih dan manis berkat denting gitar akustik yang merdu. Sedang dalam I’m With You yang sedikit gloomy kita akan terseret dalam melodinya. Lagu penuh perasaan lainnya adalah Thick As Thieves yang kini piano hadir menemani. Dan jangan lewatkan lagu penutup, The Fighter, sebuah lagu antemik lain yang kini justru hadir dalam semangat self-empowerment yang menggugah.

I, for one, tidak begitu memahami ide yang tercetak pada sampul album “What About Now”. Band gaek lain, Aerosmith sebelumnya juga memakai animasi sebagai cover art album terbaru mereka, tapi itu tampak jelas dengan konsep komiknya. Yang ini jauh lebih kompleks. Tampak seorang pejuang, seorang petinju, seorang gadis, dan beberapa gambar lain yang menghadirkan kompleksitas disana. Nah buat tiga yang tersebut sepertinya menjadi perwakilan dari lagu-lagu yang tersaji di dalamnya. Pejuang itu pastilah ‘Army Of One’, petinju itu pastilah ‘The Fighter’, dan gadis itu kemungkinan ‘Pictures Of You’. I don’t know. Tapi pemikiran itu bukan menjadi bahan utama yang kemudian mengaburkan kualitas lagu.

Richie Sambora menjanjikan elemen-elemen berbeda dalam album ini sebagai penawaran baru untuk para penggemar. Mungkin itu yang membuat album ini terdengar lebih jinak, tak semenggertak sebelumnya. I don’t have a problem with that. I enjoy the slow rock such as ‘Thick As Thieves’ and ‘Amen’ as much as the hard rock like ‘That’s What The Water Made Me’ dan ‘What’s Left Of Me’. Melemahkan sound bukan berarti melembekkan jati diri sehingga dapat kehilangan karakter. No way. Itu tidak berjalan demikian, kog.

Dan oh ya, ketika kalian berkunjung ke toko musik dan melihat album “What About Now” berdiri tegak di rak, kalian mengecek tracklist dan mendapati beberapa lagu punya judul serupa dengan single-single artis lain, jangan langsung mengernyit. Karena hanya judulnya saja yang serupa, tapi lagu-lagu tersebut tak sama. ‘I’m With You’ seperti Avril Lavigne, ‘What About Now’ seperti Daughtry, ‘What’s Left Of Me’ seperti Nick Lachey, ‘The Fighter’ seperti Gym Class Heroes, dan bahkan ‘Pictures Of You’ nyaris seperti Boyzone. Itulah daya tariknya. I hope you buy this album, well at least purchase the song ‘Army Of One’ via iTunes. It is damn great. Simply the best song on the album. Ia mengajari kita untuk pantang menyerah, hingga akhirnya kita keluar sebagai seorang pemenang.

Official Website

Beli CD Bon Jovi “What About Now” Rp. 85.000,- silahkan isi form disini
(Ai Hasibuan & Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST

1. Because We Can 4:00
2. I’m With You 3:44
3. What About Now 3:44
4. Pictures Of You 3:58
5. Amen 4:12
6. That’s What The Water Made Me 4:25
7. What’s Left Of Me 4:35
8. Army Of One 4:34
9. Thick As Thieves 4:57
10. Beautiful World 3:48
11. Room At The End Of The World 5:02
12. The Fighter 4:37

Related posts

Leave a Reply