Trending News

Blog Post

Album of The Day: Christian Bautista – First Class (Outbound Expanded Edition)
Album of The Day

Album of The Day: Christian Bautista – First Class (Outbound Expanded Edition) 

Released by: Universal Music Indonesia

Tidak terasa Christian Joseph Morata Bautista, atau yang lebih kita kenal dengan Christian Bautista, telah berkarir sepanjang satu dekade. Meski album debutnya rilis di tahun 2004, namun untuk memperingati satu dekade karirnya, ia merilis album istimewa bertajuk First Class (Outbound Expanded Edition). Mengapa istimewa? Karena album ini mencakup 5 lagu yang terdapat dalam album lawasnya, 9 lagu baru dan dua versi baru dari lagu lamanya.

I can really say that this is my best album yet- from the songs, to the packaging, to the guest artists. I am really proud of this album,” demikian sebut Christian. “Plus, this is also very important because this marks my comeback into releasing new songs.”

Christian patut berbangga, karena bisa disebut First Class (Outbound Expanded Edition) sebagai pencapaian musikalitas bagi dirinya. Album ini tidak hanya sebagai sebuah penanda waktu dalam karirnya namun juga menunjukkan kematangan bermusik serta mempertegas ciri khasnya selama ini.

Bisa dipastikan vokal melankolis Christian akan memanjakan para pendengarnya atau pun penikmat lagu-lagu balada umumnya. Kita tidak hanya akan menikmati lagu-lagu lawasnya yang populer seperti The Way You Look At Me yang telah meluncurkan dirinya ke tangga kepopuleran namun juga-juga lau pop Philipina yang telah dikenal luas seperti In Love With You misalnya.

Bagi yang familiar dengan album debut Christian tentunya sudah tak asing dengan album ini karena memang banyak lagu-lagu di album tersebut juga mengisi album ini. Khusus The Way You Look At Me dan Hands to Heaven mendapatkan aransemen baru yang cukup menyegarkan. Secara umum tidak ada perubahan yang cukup berarti, karena materi aslinya yang sudah cukup kuat. Khusus untuk Hands to Heaven, disemarakkan pula oleh vokal dari Zia Quizon. Sementara otu The Way You Look At Me terasa lebih megah dengan orkestrasi sebagai latar yang mewah.

Jangan lewatkan nomor-nomor spesial seperti In Love With You, yang dulunya dinyanyikan oleh Jackie Cheung dan Regine Velasquez. Christian kali ini mengajak penyanyi berbakat Angeline Quinto untuk menemaninya. Duet mereka ternyata tak kalah dari penyanyi aslinya. Ohya, sebagai bonus lagu ini juga hadir dalam versi yang dinyanyikan Christian bersama penyanyi khusus cover version, Sabrina.

Atau siapa yang tak akan terbuai oleh duet Christian bersama salah satu penyanyi muda lainnya, KC Concepcion dalam We Could Be In Love yang aslinya merupakan lagu yang dipopulerkan oleh duet Lea Salonga dan Brad Kane. Mesra dan merayu, kita pun seolah larut dalam kemesraan yang ditawarkan oleh lagu ini.

Meski secara umum First Class (Outbound Expanded Edition) diisi oleh lagu yang mengalun romantis dan berbahasa Inggris, namun Christian menyisakan track berbahasa Tagalog berjudul Sasabihin yang dinyanyikannya bersama band bernama Neocolours. Tidak hanya berbahasa asli, lagu ini juga menampilkan balada yang lebih powerful, khas band-band menganut pop-rock. Istimewa.

Oh ya, Christian pernah membintangi sebuah film Indonesia yang bertajuk Simfoni Luar Biasa dan menyanyikan soundtracknya yang berjudul I’m Already King. Lagu balada anthemik ini memang dinyanyikan tidak hanya dengan penghayatan yang prima oleh Christian namun juga megah dan mengharukan.

Jangan lewatkan pula track-track menggugah seperti track berjudul unik Unphotographable, atau Whole atau Let Go atau Beautiful To Me, misalnya. Tidak hanya menampilkan vokal menawan dari Christian akan tetapi juga menunjukkan jangkauan vokalnya yang cukup luas. Meskipun lagu-lagu ini secara tematis memiliki banyak kesamaan, namun Christian mampu menghindarkan monotonitas sehingga lagu-lagunya tidak terdengar seragam.

Jadi, siap kah untuk berdendang romantis bersama Christian Bautista? Delapan belas lagu yang terdapat dalam album ini tidak hanya manis mengalun. Ia siap untuk menemani rasa romantisme kita yang menggebu. Meski bukan sebuah album best-of, namun sebagai sebuah album penanda karir satu dekadenya, First Class (Outbound Expanded Edition) bisa dibilang cukup berhasil dalam menjalankan tugasnya.

Official Website

(Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
01. Beautiful To Me
02. In Love With You (with Angeline Quinto)
03. Love You This Much
04. We Could Be In Love (with KC Concepcion)
05. Let Go
06. Rescue You (with Sam Concepcion)
07. Whole
08. I’m Already King
09. In My Arms (with Baby M)
10. Sasabihin (with Neocolours)
11. What Can I Do
12. Faith
13. Unphotographable
14. All That’s Left
15. Love Moves In Mysterious Ways
16. Hands To Heaven (feat.Zia Quizon)
17. The Way You Look At Me
18. In Love With You (with Sabrina)

Related posts

Leave a Reply