Trending News

Blog Post

Album of The Day: Placebo – B3
Album of The Day

Album of The Day: Placebo – B3 

Released by: Universal Music Indonesia

Untuk sejenak saya sangat bahagia dengan EP milik band asal Inggris bernama Placebo ini. Bagaimana tidak, di tengah banyaknya musisi-musisi established yang menawarkan idealisme bermusik yang baru untuk dapat dibilang berkualitas, setidaknya masih ada satu atau sekian musisi yang sepertinya tidak meninggalkan jati diri mereka dan memutuskan untuk bermusik kembali dengan gaya lama yang mereka pernah lakukan. Placebo adalah salah satu contohnya. Bermodalkan EP berisi 5 lagu bertajuk “B3”, Placebo siap untuk kembali memanjakan para penikmat musik dengan kombinasi image musik mereka masa lalu yang dikombinasikan dengan image musik mereka masa kini.

EP dibuka dengan track modern rock alternative klasik ala band ini berjudul “B3”, sebuah lagu yang terdengar cukup agresif dan sedikit psychotic. Dengan musik yang kencang tanpa basa-basi, mereka langsung menghentak tanpa habis sepanjang lagu. Sebenarnya hal ini merupakan formula asli yang mereka lakukan selama sekian belas tahun berkecimpung di dunia musik, namun bedanya kali ini mereka secara antusias memasukkan unsur nada-nada minor yang terkesan dramatis, mirip sekali dengan lagu-lagu pada album mereka terdahulu, “Without You I’m Nothing”. Lirik lagu ini pun juga tak lepas dari penggunaan diksi-diksi unik dan juga metafora apik, sebuah daya tarik klasik yang selalu ditawarkan Placebo dalam setiap karyanya.

Dan pada track kedua, “I Know You Want To Stop” saya seperti merasakan aura bermusik yang sangat kental pada album “Battle for The Sun”. Penggunaan chord-chord minor yang terdengar sinis serta bagian chorus yang meledak-ledak sangatlah identik dengan musikalitas mereka pada masa kini. Meskipun penggunaan lirik-lirik yang repetitif disini sangat disayangkan keberadaannya, namun hal itu akan terdengar sangat menarik dengan iringan sayatan gitar Brian Molko yang enerjik. Dan memasuki track ketiga anda akan langsung “dibanting” dengan “The Extra”, sebuah track indie pop yang bercerita tentang konflik batin yang dibawakan dengan amarah yang diredam. Dan akhirnya, save the best for the last, muncullah lagu “Time Is Money” dimana vokal Brian Molko terdengar sangat “pasrah” pada beberapa bagian. Sepertinya kekuatan track-track tersebut berasal dari lirik-liriknya yang apik dan terkesan personal.

Setelah mendengar EP ini rasanya ada dua kemungkinan yang bisa saya utarakan. Mungkinkah Placebo hanya ingin main aman dengan gaya bermusik mereka? Atau mungkinkah Placebo memang benar-benar rindu akan struktur musik mereka terdahulu? Sebetulnya saya tak terlalu peduli dengan hal tersebut, karena saya menganggap bahwa EP ini merupakan sebuah selingan sebelum menuju full length album mereka selanjutnya. Mereka seperti memberi spoiler bahwa mungkin musik seperti inilah yang akan terdapat pada album baru mereka, sehingga adaptasi mungkin diperlukan bagi telinga anda lagi nantinya. Namun bagaimanapun, saya cukup bahagia mendengar gaya-gaya bermusik mereka jaman dulu yang berpadu dengan musikalitas mereka masa kini.

Official Website

(Galih Gumelar / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “B3” 4:10
2. “I Know You Want to Stop” (Minxus cover) 3:04
3. “The Extra” 4:20
4. “I Know Where You Live” (Mixed by Neil Comber) 5:10
5. “Time Is Money” 7:15

Related posts

Leave a Reply