Trending News

Blog Post

Album of The Day: The Lumineers – The Lumineers
Album of The Day

Album of The Day: The Lumineers – The Lumineers 

Released by: Universal Music Indonesia

Di tengah semakin meningkatnya apresiasi terhadap musisi-musisi pengusung aliran folk, mencuat satu nama baru bernama The Lumineers. Dan mereka menunjukkan prestasi yang mengagumkan karena album debut mereka yang bertajuk The Lumineers, cukup banyak mendapat perhatian. Jika menilik single-single yang mereka rilis, mereka terdengar seperti Edward Sharpe and the Magnetic Zeros yang dipadu dengan Mumford & Sons.

Kemiripan itu memang seolah tak terelakkan, namun saat menyimak albumnya secara keseluruhan, rasa-rasanya The Lumineers memiliki kekuatan tersendiri dibandingkan band-band yang telah lebih mapan dibandingkan mereka. Coba simak Stubborn Love. Dengan tempo yang cepat serta pilihan instrumen yang organis, Stubborn Love memang terdengar jauh lebih membumi dan sederhana ketimbang banyak lagu yang beredar saat ini. Namun justru disitulah kekuatan mereka.

Atau (tentu saja) Ho Hey. Single romantis hadir dengan lirik yang lugas serta aransemen yang sangat folky, namun mereka mampu mengadopsi unsur pop yang cukup kental, sehingga lagunya tidak terdengar terlalu ruwet atau sulit untuk didengarkan karena pemilihan notasi yang mudah dicerna serta melodi yang sangat easy listening.

Tentu saja The Lumineers hadir dengan semua arketipe folk yang biasa kita kenal. Denting gitar, gesekan biola, tamborin, banjo dan instrumen eklektik yang menganut konsep pastoral lainnya. Namun ini bukan berarti musik mereka terdengar “kampungan”, karena sebagaimana Mumford & Sons misalnya, mereka tetap memilih notasi yang mudah dicerna dan urban. Oleh karenanya lagu-lagu yang mereka hadirkan pun hadir dalam semangat egaliter. Dalam artian, semua orang bisa dengan mudah menyanyikan lagu-lagunya.

Flowers in Your Hair yang membuka albumnya sudah langsung “menghajar” dengan denting dua gitar yang saling bertandem dalam memberikan efek tempo yang cepat. Saat drum ikut masuk, vokal Wesley Schultz yang mengandung cengkok folk tersebut terdengar begity bersemangat, sehingga lagu yang cukup singkat ini (1:49 menit), langsung memberi impresi yang kuat.

Memasuki albumnya, maka bersiaplah untuk memasuki dinamika musik folk yang penuh warna. Kita akan diajak bertepuk tangan, menari dan bernyanyi bersama mereka. Simak saja Classy Girls sebagai contoh sempurna untuk lagu yang mengundang “atensi” tadi. Atau Big Parade yang berderap dalam keriuhan sebuah temu ramah yang mengitari api unggun.

The Lumineers juga menyediakan track-track seperti Dead Sea, Slow It Down, atau Charlie Boy yang menghadirkan aransemen lembut yang subtil. Memang, semua ini membuat mereka terdengar sama saja dengan banyak band sejenis yang sebelumnya telah hadir. Pada beberapa bagian malah terdengar sangat “hipster”, karena seolah-olah membelokkan pola dari melodi pop yang awam, meski secara keseluruhan tetap terdengar cukup pop.

Tapi The Lumneers juga punya lagu seperti Morning Song yang tidak hanya menghadirkan rock, akan tetapi juga terdengar sedikit memasukan unsur blues ke dalamnya. Ini membuat lagunya terdengar cukup segar dan berbeda. Sayangnya, ini merupakan track terakhir dan menjadi penutup, sehingga terasa cukup terlambat, ditengah keseragaman yang ditawarkan oleh Lumineers sebelumnya.

Namun secara umum, The Lumineers hadir dengan cukup memuaskan. Semua lagu yang mereka hadirkan sangat mudah untuk dicerna dan tidak ada yang tidak nikmat untuk disimak. Dengan hanya berisi 11 buah lagu, The Lumineers cukup efektif menghadirkan komposisi yang menarik, sehingga tidak ada lagu yang semacam fillers yang bertugas mememenuh-menuhi album.

The Lumineers mungkin masih pemula, akan tetapi album debut mereka ini terdengar cukup menarik dan menjanjikan untuk ke depannya. Oleh karenanya, tentu tidak ada salahnya jika kita menyikak album debut yang menyenangkan ini.

Official Website

(Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “Flowers in Your Hair” 1:49
2. “Classy Girls” 2:45
3. “Submarines” 2:43
4. “Dead Sea” 4:07
5. “Ho Hey” 2:43
6. “Slow It Down” 5:07
7. “Stubborn Love” 4:39
8. “Big Parade” 5:27
9. “Charlie Boy” 4:21
10. “Flapper Girl” 3:15
11. “Morning Song” 5:16

Related posts

Leave a Reply