Trending News

Blog Post

Album of The Day: The Used – Vulnerable
Album of The Day

Album of The Day: The Used – Vulnerable 

Released by: Warner Music Indonesia (Via Hopeless Records Asia)

Tampaknya sangat sulit bagi The Used untuk kembali berkarya di dunia musik setelah album terakhirnya, “Artwork” kurang mendapatkan apresiasi yang cukup baik di mata kritikus maupun penikmat musik pada umumnya. Melihat hal tersebut, karya baru dari mereka dibutuhkan untuk melawan berbagai argumen yang dilayangkan kepada band asal Amerika Serikat ini. Dan harapan tersebut diharapkan menjadi nyata dengan berpindahnya The Used kepada label baru mereka beberapa tahun yang lalu. “Vulnerable” adalah amunisi yang dianggap tepat untuk mempertahankan konsistensi mereka di dunia musik. Dan setelah satu tahun album ini dirilis, nampaknya tujuan ini cukup berhasil. Dibuktikan dengan posisi nomor 1 pada “US Independent Album Chart” pada tahun 2012 lalu versi Billboard.

Dengan memiliki kendali lebih pada segi kreatifitas, kuartet ini mengambil tema yang lebih sinis serta emosional dibanding album sebelumnya, “Artwork”. Namun entah mengapa justru album ini terasa lebih bersahabat dengan radio, mungkin akibat beberapa hook-hook menarik yang diciptakan oleh sayatan gitar Quinn Allman yang walaupun lantang, namun tetap terdengar sangat catchy. Dengarkan saja track “Shine” apabila anda ingin membuktikannya. Namun ternyata hal ini tidak sejalan dengan endurance vokal Bret McCracken yang sedikit menurun, seperti pada track “Moving On”. Tetapi walaupun demikian, saya masih merasakan adanya energi yang besar di setiap nada yang ia lantunkan. Seperti benar-benar memahami isi lagu yang ia bawakan.

Semangat emo galau, yang sangat identik dengan musik kegemaran remaja, mereka tawarkan pada track “Getting Over You”. Sangat terdengar sekali pengaruh ballad pop dan R&B di track ini. Bass yang tebal serta dinamika yang stabil terdengar seperti sebuah rest area sebelum melangkah ke track selanjutnya yang lebih menghentak, yaitu “Kiss It Goodbye”. Track ini dibuka dengan cabikan bass epik ala Jeph Howard yang seolah-olah membanting mood galau yang tercipta sebelumnya. Dan ternyata track “Kiss It Goodbye” ini memiliki sebuah hidden track berunsur hiphop dan beatbox yang memiliki durasi sangat singkat. Rumus serupa juga ditawarkan pada track yang juga merupakan single utama dari album ini, “I Come Alive”, sebuah track dengan nuansa gelap yang merupakan fusi dari emo rock ala The Used, scream dari Bret McCracken, yang dibumbui irama dubstep pada verse ke-2. Track menarik yang memang pantas dijadikan single andalan.

Bert McCracken sendiri mengatakan bahwa penggarapan album ini memang dipengaruhi akan unsur hiphop dan juga musik elektronik. Mengutip pernyataan tersebut, sepertinya The Used benar-benar memanfaatkan apa yang disebut dengan proses produksi, sehingga setiap dollar yang mereka keluarkan untuk membuat “Vulnerable” terasa sangat impas. Kali ini mereka tak sekedar membuat album yang hitam putih, album ini sangatlah berwarna. Dan dengan isi album yang berwarna-warni ini, saya rasa “Vulnerable” adalah pelarian yang tepat bagi The Used untuk melampiaskan berbagai permasalahan yang melanda mereka akhir-akhir ini. Mungkin “Vulnerable” tidak akan disukai oleh mereka yang cukup konvensional dalam memandang sebuah inovasi, namun inilah inovasi mereka. Mereka mencoba untuk menjadi musisi yang lebih terbuka dan tidak terkungkung akan kondisi bermusik mereka selama ini. Well, menyebarkan semangat positif tak harus dengan cara yang eksplisit kan?

Official Website

(Galih Gumelar / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “I Come Alive” 3:16
2. “This Fire” 3:15
3. “Hands and Faces” 3:26
4. “Put Me Out” 4:02
5. “Shine” 4:04
6. “Now That You’re Dead” 4:07
7. “Give Me Love” 3:19
8. “Moving On” 4:01
9. “Getting Over You” 3:46
10. “Kiss It Goodbye” 3:23
11. “Hurt No One” 3:21
12. “Together Burning Bright” 3:51

Related posts

Leave a Reply