Trending News

Blog Post

American Idol 12 Top 7 – Rock Week
American Idol

American Idol 12 Top 7 – Rock Week 

Tema Rock adalah salah satu tema yang mungkin tidak begitu disukai mayoritas kontestan Idol (yang kebanyakan bernyanyi di area pop atau R&B). Tapi banyak juga kejutan yang sering terjadi di rock night American Idol, salah satu favorit saya adalah di season 6 saat LaKisha Jones menyanyikan This Ain’t A Love Song, yang menurut saya adalah salah satu cover terbaik untuk lagu ini. So let’s see if there’s any impressive covers this week.


1. Burnell Taylor – You Give Love A Bad Name
Menurut Keith rock & roll bukan elemen Burnell dan dia terlihat tidak nyaman. Nicki setuju dengan Keith, menyarankan untuk keeping ‘Burnell’ di setiap lagu. Sementara menurut Randy seharusnya Burnell belajar bernyanyi up tempo dan menyesuaikan dengan beat lagu. Mariah setuju dengan pendapat juri namun senang melihat Burnell having fun.

Entahlah di bagian mana Mariah melihat Burnell having fun. He was awkward. Tidak ada yang spesial dari Burnell kali ini. Suaranya tidak bisa beradaptasi dengan genre ini dan kelihatan banget amatir-nya.

Group performance 1: Angie & Lazaro – Crazy Little Thing Called Love
Nicki memuji Angie namun kembali menyebutkan Lazaro yang melupakan liriknya. Randy juga seirama dengan Nicki. Menurut Mariah lagu ini tidak cocok dinyanyikan duet dan Keith setuju, menyebutnya terlalu ‘variety show’, namun memuji style Lazaro malam ini.

It’s like a very bad karaoke. Terlihat Lazaro sangat kurang dalam repertoir lagu, dan Angie makin ke sini semakin kehilangan moment bintangnya.


2. Kree Harrison – Piece Of My Heart
‘Now the show finally started’ kata Randy, dan dia menyukai karakter bluesy di suara Kree. Mariah memuji kemampuan Kree memilih lagunya dan mengetahui arah bermusiknya, this is Mariah’s favorite performance from Kree. Keith merasakan Kree sedikit holding back dalam penampilannya malam ini, namun tetap profesional. Nicki bersedia memberikan seluruh vote-nya untuk Kree dan menyebut Kree ‘established’.

Saya gregetan sama Kree karena suaranya itu bisa banget buat ‘dikeluarkan’ dan di-explore lebih jauh tapi dia selalu memilih tetap subtle. Tidak ada yang salah dengan subtle performance tapi kalau mau menyanyikan lagu ini, you have to attack the song, tampilkan rockstar attitude dan menggila-lah dengan kunci lagu ini, apalagi kalau punya modal suara seperti Kree. Performance Kree kali ini ‘nanggung’.

Group performance 2: Burnell & Candice – The Letter

Mariah menyebut duet ini bagus namun prefer keduanya bernyanyi classic R&B. Keith juga menyukai pilihan lagunya, namun lebih memuji Candice. Nicki juga memuji Candice dan menurutnya Burnell harus terus menjadi dirinya sendiri di setiap performance. Randy mengikuti juri lainnya, memuji Candice dan menurutnya duet ini brilliant.

Juri sudah membuatnya jelas. Candice rules! Burnell melempem begitu Candice sudah menyerang lagu ini. Karena tidak seimbang ini makanya duet ini jadi tidak enak didengarkan.

3. Janelle Arthur – You May Be Right
Keith menyebut Janelle profesional dan working the stage namun tidak menyukai pilihan lagunya. Sama seperti Keith, Nicki juga menyukai boots Janelle, dan menyebut Janelle relatable ke ‘middle America’ dan banyak perempuan muda. Sedangkan Randy memuji vest yang dikenakan Janelle, dan menyebutnya ‘the great contender’. Mariah menyukai key yang dipilih Janelle di lagu ini yang menunjukkan kelebihan suaranya.

Southern rock country twist from Janelle. Performance ini tidak se-bagus dua minggu sebelumnya, namun Janelle konsisten menunjukkan arah musiknya. Saya sih tidak suka dengan pilihan lagu dan penampilan Janelle kali ini, seperti ada di bar murahan yang serving country night.

4. Lazaro Arbos – We Are The Champions
Nicki menyukai penampilan Lazaro malam ini calling it ‘crack juice’. Randy dan Mariah awalnya khawatir akan pilihan lagunya namun memuji penampilan Lazaro. Keith menyukai performance Lazaro, menyebut pilihan lagu ini sesuai dengan karakter Lazaro.

Surprisingly, penampilan Lazaro kali ini mendingan, walaupun tidak ada energi ‘champions’ di sepanjang lagu. Di 1/4 terakhir lagu baru terdengar pas-nya suara Lazaro di lagu ini, yang kurang adalah cara Lazaro membawakan lagu ini, terlihat tidak ada ‘feel’-nya.

Group performance 3: Amber, Janelle & Kree – It’s Still Rock And Roll To Me
Randy menyebut trio ini terdengar bagus dan Mariah menyukai blending suara trio ini. Keith menyukai pilihan lagu, basically menyukai Billy Joel’s songs. Hanya Nicki yang tidak begitu menyukai penampilan mereka, menyebutnya cheesy dan sleepy, namun memuji style Amber calling her ‘Naomi Campbell realness’.

Entah apa yang didengar juri menyebut trio ini terdengar bagus menyanyi bersama. Menurut saya tidak ada harmoni-nya, another night di bar murahan yang serving penyanyi amatir yang terpaksa nyanyi bareng. Well, what do I know, saya bukan praktisi musik.

5. Candice Glover – (I Can’t Get No) Satisfaction
Mariah selalu terpesona dengan Candice dan mengharapkan Candice bernyanyi sesuai yang Mariah ingin dengarkan. Keith menyebutnya effortless dan memuji suaranya. Nicki menyukai suara Candice namun tidak menyukai pilihan lagu ini. Randy menyebut Candice berhasil membawakan rock attitude seperti Tina Turner dan setuju dengan Nicki, pilihan lagunya tidak pas untuk Candice.

Ya saya setuju dengan juri, Candice salah pilih lagu, but there’s no denying that voice. Dan Tina Turner tidak pernah tampil flat, seperti Candice malam ini. Menurut saya, tidak ada energi dari performance-nya, untunglah tertolong oleh suaranya yang powerful.

6. Amber Holcomb – What About Love
Pilihan lagu dan key changes yang tepat menurut Keith, dan Nicki memuji performance dan style Amber malam ini dan ‘melted’ dalam performance-nya, Amber is her favorite of the night. Randy menyebut penampilan Amber ‘excellent’ dan Mariah menyukai star quality Amber yang terus berkembang setiap minggu.

Saya hanya suka di 1/4 awal lagu ini, selebihnya menurut saya tidak spesial, balik lagi karena menurut saya Amber jarang bisa ‘connect’ dengan feel lagunya. But this girl is looking like a star already.

7. Angie Miller – Bring Me To Life
Nicki memuji style Angie dan menyebut pilihan lagunya sangat pas untuk Angie menunjukkan musikalitas dan suaranya. Randy menyebutkan dinamika Angie di lagu ini. Mariah mengatakan Angie berhasil membawakan lagu ini dan setuju dengan Randy, karakter Angie edgy. Keith menyarankan Angie untuk ‘feel the song’ tanpa perlu terlalu khawatir akan penampilannya.

Masa sih Bring Me To Life sudah dikategorikan ‘classic rock’? Saya suka dengan bagian awal lagu dan high note di akhir lagu. Selebihnya menurut saya biasa aja. Lama kelamaan Angie kehilangan momentum-nya di kompetisi ini, dia terlalu all over the place menurut saya, mau membuktikan banyak hal kepada publik, beberapa jadinya oke namun seringnya malah klise dan biasa. Finalis yang tadinya bukan fans favorite seperti Janelle atau Amber bisa jadi bertahan lebih lama dibanding Angie.

Tidak ada real standout malam ini, pilihan lagunya kurang greget dan yang paling terutama adalah nyaris semua tidak ada energi ‘rock’-nya. Saya masih menunggu tema yang lebih familiar untuk kontestan ini, yang entah kenapa banyak yang tidak mengetahui lagu-lagu klasik yang harus mereka nyanyikan. Ranking dari saya malam ini adalah

1. Candice
2. Amber
3. Kree
4. Angie
5. Lazaro
6. Janelle
7. Burnell

Bagaimana menurut kalian dengan show malam ini?

(Rio Ichsan)

Result Show:
Para juri ditanya siapa Top 3 mereka kemarin, dan ini dia jawaban mereka:
Keith – Angie Amber Kree
Nicki – Angie Amber Kree
Randy – Angie Amber Kree
Mariah – Kree Amber Candice

Penampilan bintang tamu malam ini adalah Carrie Underwood membawakan single barunya “See You Again”

Result show malam ini adalah..
Top 3 (tidak berurutan)
Kree Harrison
Angie Miller
LAZARO ARBOS

masuk ke babak selanjutnya: Candice Glover, Amber Holcomb

Dan 2 terbawah malam ini adalah: Burnell Taylor dan Janelle Arthur.
Para juri tidak memakai “SAVE” mereka, dan Burnell Taylor tereliminasi malam ini. jadi untuk 4 kali berturut-turut, finalis cowok pulang, dan tersisa 1 cowok dan 5 cewek yang ada di Top 6 minggu depan.


Related posts

Leave a Reply