Trending News

Blog Post

Ternyata ada manfaat mendengarkan lagu baru
Music News

Ternyata ada manfaat mendengarkan lagu baru 

Para ilmuwan di Kanada baru-baru ini mengadakan sebuah penelitian terbaru dan menemukan bahwa mendengarkan musik / lagu baru itu bermanfaat dan merangsang otak untuk menjadi aktif.

Mereka menganalisa dari 19 sukarelawan yang diputarkan masing-masing 60 lagu baru, dan aktivitas otak mereka dipantau oleh scanning MRI. Setelah mendengarkan 30 detik dari setiap lagu baru itu, mereka dapat membeli lagu itu secara ‘virtual’. Dengan analisa tersebut, para ilmuwan di Universitas McGill, Montreal, Kanada itu bisa melihat mana lagu yang bisa merangsang otak dan dapat memprediksi lagu apa yang akan dibeli oleh orang tersebut.

Semakin banyak pendengar menikmati apa yang mereka dengar, semakin kuat koneksi berada di wilayah otak yang disebut nucleus accumbens, atau dikenal sebagai pusat kesenangan otak dan berpikir untuk memainkan peran penting dalam penghargaan, kesenangan, dan tawa.

Dr Valorie Salimpoor, salah seorang peneliti di Montreal Neurological Institute, mendapat kesimpulan dari penemuan terbaru timnya:
“Karena mereka mendengarkan musik ini, kita dapat melihat aktivitas otak mereka dan mencari tahu bagaimana mereka menghargai atau menikmati musik ini bahkan sebelum mereka menceritakan apa-apa. Ketika orang mendengarkan sepotong musik yang mereka belum pernah dengar sebelumnya, aktivitas dalam satu wilayah otak andal dan konsisten dapat memprediksi apakah mereka akan suka atau membelinya.”

“Apa yang membuat musik begitu kuat secara emosional adalah penciptaan harapan. Kegiatan di nucleus accumbens merupakan indikator bahwa harapan bertemu. Dalam penelitian kami menemukan lebih banyak aktivitas yang kita lihat di daerah otak saat orang mendengarkan musik, lebih banyak uang mereka bersedia untuk dibelanjakan. ”

Related posts

Leave a Reply