Trending News

Blog Post

Album of The Day: 98 Degrees – 2.0
Album of The Day

Album of The Day: 98 Degrees – 2.0 

Apa arti “2.0“? Secara harfiah ini seperti versi baru, level berikutnya, kehidupan kedua. Pada kenyataannya pun kurang lebih demikian. Lachey bersaudara; Nick dan Drew, bersama Jeff Timmons dan Justin Jeffre diberi kesempatan kedua untuk menjalani hidup sebagai popstar dalam kuartet 98 Degrees, setelah lebih dari 10 tahun membekukan 98 Degrees. Sejak Maret lalu, mereka sudah menghujam radio lewat ‘Microphone’ yang cerdas dalam metaforanya, sekaligus memberikan angin segar berupa musik pop kreatif untuk boyband yang popularitasnya didulang dari jualan musik R&B dan soul.

Aplaus untuk tim yang memback-up 98 Degrees di album ini. Emanuel Kiriakou, Claude Kelly, Kara DioGuardi, Soulshock, hingga Bruno Mars yang membuat album ini punya banyak warna. Kalau ‘Microphone’ sempat membuat anggapan bahwa black music has left the building, anggapan itu sirna dengan ‘Can’t Get Enough’ dan ‘Agree On Goodbye’ yang menganut beat yang sengat menyengaja untuk menciptakan vibe throwback. Ada dalam bass-nya, ada dalam harmonisasi vokalnya, ada dalam brass section-nya, hingga dalam petikan jari serempak. Ini bertolak belakang dengan modernisasi yang terwujud lewat ‘Girls Night Out’, ‘Hush Hush’ dan ‘Ayo’. Sesi ini yang relevan dengan kekinian pop. Anyone who heard this session this time around won’t find any difficulties to be clicked with the sound.

Dan terkadang untuk menciptakan relevansi tersebut kemurnian suara instrumen harus dikorbankan. Dalam ‘Impossible Things’, kita disuguhkan gaya akustik/unplugged yang tulus. Pujian tak hanya pada musiknya, tapi juga paduan vokal yang nyatu. Salah satu lagu yang paling direkomendasi dari album ini.

Satu hal dalam “2.0” yang tidak dijumpai di album-album 98 Degrees lain: kompleksitas. Album ini menawarkan variasi sound, sentuhan emosi, perjalanan waktu lewat musik, dan yang pasti presentasi vokal yang padu. ‘No Part Of You’ unggul dalam uji komersil, ‘Take The Long Way Home’ memiliki kualitas musik kelas satu, dan ‘Let Go Of My Heart’ merupakan track yang emosional. Tapi ketiga ketiga hal tersebut digabung menjadi satu, muncullah ‘Lonely’ yang menjadi track terbaik sealbum. Musiknya mudah disukai, liriknya sesekali menengadah pada refleksi kehidupan masing-masing anggota 98 Degrees selama mereka tak bersama. Kemasan “2.0” pun disempurnakan oleh ‘Because Of You’ dan ‘Invisible Man’ versi akustik yang membuat bernostalgia. So, no second guessing on 2.0.

Official Website

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. Microphone 3:16
2. Girls Night Out 3:41
3. Lonely 3:27
4. Can’t Get Enought 3:53
5. Impossible Things 3:42
6. Hush, Hush 3:42
7. No Part Of You 3:44
8. Agree On Goodbye 2:55
9. Let Go Of My Heart 4:05
10. Ayo 3:17
11. Take The Long Way Home 3:56
12. Because Of You (Acoustic) 3:19
13. Invisible Man 3:21

Related posts

Leave a Reply