Trending News

Blog Post

Album of The Day: Chris Mann – Roads
Album of The Day

Album of The Day: Chris Mann – Roads 

Released by: Universal Music Indonesia

Kekayaan musikalitas para kontestan The Voice US membuat mereka memiliki perjuangan super berat untuk melangsungkan hidup dalam industri rekaman. Sejauh ini, catatan kesuksesan komersil mereka terkait dengan metode voting yang diterapkan acara yang menghitung setiap penjualan digital iTunes dari lagu yang mereka rekam di studio atas apa yang ditampilkan di kompetisi. Maka dari itu, langka rasanya melihat nama-nama kontestan hadir menghiasi chart pasca kompetisi. Tidak terkecuali untuk Chris Mann. Album “Roads” yang dirilisnya sejak Oktober tahun lalu belum begitu membekas di chart, tapi bisa banget membekas di telinga. Padahal segala kondisi sudah mendukung.

Chris Mann belum punya nama besar. Meskipun ia dibesarkan oleh The Voice dan terungkap pula pengalamannya bergabung dalam paduan suara Warblers di serial Glee, ternyata itu belum cukup untuk membuatnya punya daya saing. ‘Cuore’ dan ‘Always On My Mind’ masih kurang kuat untuk bersanding dengan dendangan Andrea Bocelli maupun Josh Groban. Tapi bukan berarti album ini diproduksi dalam niat setengah-setengah. Karena yang sebenarnya adalah Universal Republic sebagai label yang mengontrak Chris menyiapkan tim yang bukan main hebat untuknya. Keith Thomas, Marco Marinangeli, Marius de Vries, hingga Walter Afanasieff membelakangi pengerjaan track demi track untuk “Roads”. Dari lagu orisinil hingga ke lagu yang cover version.

Beberapa track yang dibawa ke level atas oleh Chris adalah ‘My Way’, ‘Ave Maria’, dan tentu saja ‘Blower’s Daughter’. Ketiga lagu ini mencapai angkasa dalam artian penyediaan vokal oleh Chris. Yang paling dahsyat tentunya ‘Blower’s Daughter’. Kehadiran Christina Aguilera menjadikan lagu ini memasuki dimensi lain yang tak pernah tersentuh sebelumnya. Bravo for that! Tapi tak semua berhasil. ‘Need You Know’ dan ‘Viva La Vida’ terkesan sangat nyaman di telinga. Chris seolah kehilangan daya magisnya mengubah lagu menjadi ciri sendiri, sehingga yang terdengar merupakan hal yang disconnected.

But I’m as happy as I can be with this album. Karena secara keseluruhan, album ini memenuhi ekspektasi. Beberapa lagu orisinil yang dihadirkan menciptakan citra yang sesuai dengan karakter dan juga relevan dengan konsumsi publik. ‘Roads’ dan ‘Falling’ menyuarakan pernyataan diri Chris sebagai vokalis. 8 dari 10 layak dimiliki oleh “Roads”. Minus ambisi komersil, plus penyajian karakter.

Official Website

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. Roads 3:46
2. Need You Know 4:02
3. Cuore 5:22
4. Blower’s Daughter (feat. Christina Aguilera) 4:44
5. My Way 5:30
6. Unless You Mean It 3:21
7. Always On My Mind 4:10
8. On A Night Like This 4:27
9. Ave Maria 4:18
10. Falling 3:22
11. Viva La Vida 3:32

Related posts

Leave a Reply