Trending News

Blog Post

Album of The Day: David Archuleta – No Matter How Far
Album of The Day

Album of The Day: David Archuleta – No Matter How Far 

Siapa sangka David Archuleta menjadi finalis American Idol terproduktf. Tahun lalu saja, ia menelurkan dua album. Itu tidak menghentikannya dari merilis album baru tahun ini. “No Matter How Far” judulnya, berisi sepuluh buah lagu yang kebanyakan berasal dari rilisan-rilisan terdahulu. Entertainment One, label yang kini merangkul Archie merilis album ini di Amerika Serikat, sebagai koleksi lagu-lagu Archie yang terlebih dahulu rilis untuk kawasan Aesia: “The Other Side Of Down: Asian Tour Edition” dan “Forevermore“.

Selain itu, “No Matter How Far” juga bentuk ungkapan terima kasih Archie kepada para penggemar yang terus mendukungnya tanpa batasan jarak. Berikut kutipan terima kasih yang tertera dalam booklet album ini:
“That No Matter How Far, what was in the heart before
is still here, and will be here when I return.”

Jleb kan?! Sama dengan perasaan ketika mendengarkan vokal Archie yang sincere di beberapa lagu dalam album ini jleb-nya. ‘Everything And More’, ‘Notice Me’, hingga yang paling maksimal heartfelt-nya, ‘Tell Me’. Album ini punya sentuhan emosional yang jarang terdapat di album dengan masa rilis sama.

Tapi saya bukannya hendak mengarahkan pembaca pada satu pandangan, bahwa album ini adalah tearjerker alami. Emotional is one thing, then this is another thing. Ada percobaan yang out of the box lewat ‘Don’t Run Away’. Lagu yang dipakai sebagai single andalan ini kuat menggambarkan “percobaan”-nya atas sentuhan poprock yang terjadi. Seperti ‘Crush’ bagian kedua, kelebihannya adalah lebih edgy. ‘I’ll Never Go’ pun menunjukkan sisi “garang” yang orang-orang mungkin tak pernah bayangkan akan hadir dari Archie. Seperti salah satu lagu Rascal Flatts.

Efek samping album ini adalah kita bisa dimabuk kepayang dengan vokal Archie yang murni manisnya, sekaligus matang di saat yang sama. ‘Nothing Else Better To Do’ memiliki potensi adiksi yang luar biasa dalam kemulusan irama, menyentuh titik komersil tanpa bersusah payah mengikuti pola radio hit. Begitu pula ‘Love Don’t Hate’. Mendengarkannya, ada keyakinan kalau Archie memiliki style sendiri yang ia tetap kukuh berpegang padanya.

I can claim that “No Matter How Far” is best album from Archie. Yet. Beginilah jika mengambil apa yang terbaik dari yang terdahulu dan menyajikannya sebagai highlight untuk album terkini. Ingat ‘Wait’ yang sempat menyetrum radio nasional? Tersedia di album ini. Berikut ‘Heart Falls Out’ dan ‘Forevermore’. Meskipun jumlah lagu dalam album ini minim, tapi keminiman tersebut memiliki kualitas di atas rata-rata, sehingga nilai keseluruhan yang diperoleh album ini bisa menyaingi angka untuk album-album sebelumnya. Trend menunjukkan bahwa album Archie semakin membaik, seiring harapan pada karirnya yang semoga semakin menanjak.

Official Website

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. Nothing Else Better To Do 3:25
2. Everything And More 3:53
3. Don’t Run Away 3:37
4. Tell Me 3:47
5. Love Don;t Hate 3:14
6. Wait 3:11
7. Heart Falls Out 3:37
8. Notice Me 3:44
9. I’ll Never Go 4:14
10. Forevermore 4:45

Related posts

Leave a Reply