Trending News

Blog Post

Album of the Day: Deftones – Koi No Yokan
Album of The Day

Album of the Day: Deftones – Koi No Yokan 

Released by: Warner Music Indonesia

Memang belakangan ini banyak sekali musisi yang mencoba berinovasi demi memantapkan aktualisasi diri dalam bermusik, namun ada juga beberapa musisi yang masih mempertahankan ke-otentikan gaya-gaya bermusik yang sudah menjadi trademark mereka secara bertahun-tahun. Contoh yang baik adalah Deftones, band yang telah malang melintang di jagat musik selama 25 tahun ini dapat dibilang selalu menjaga originalitas mereka dengan baik, namun mungkin anda tak menyadari bahwa sebenarnya mereka juga melakukan improvisasi-improvisasi gaya bermusik yang terselubung di setiap album yang telah mereka rilis. Tak terkecuali album teranyar mereka, “Koi No Yokan”.

“Koi No Yokan” sendiri merupakan sebuah peribahasa dalam bahasa Jepang yang berarti “The Promise of Love”, namun jangan harap album yang berisi 11 lagu ini berisi nada-nada sendu yang akan membuat anda menjadi galau berkepanjangan. Contoh nyatanya, mereka boleh saja menamai track kedua dalam album ini dengan judul “Romantic Dreams”. Sungguh sebuah judul yang merayu. Namun ternyata yang justru mereka sajikan adalah tab-tab gitar yang sedikit ballad dikombinasikan dengan drumming pattern Abe Cunningham yang asimetris, menemani raungan Chino Moreno yang terus melatunkan “I wish this night would never end”. Terlepas dari itu, terdapat juga “Poltergeist” yang menawarkan dominasi riff-riff gitar yang powerfull dan ofensif dengan dinamika yang konstan dari awal hingga akhir, melengkapi pelepasan energi album secara masif yang mengawali perkenalan pendengar dengan album ini.

Setelah pembukaan-pembukaan yang cukup sadis, bagian pertengahan “Koi No Yokan” ternyata menawarkan lagu-lagu yang membuat dinamika album ini tidak terkesan rata. “Entombed” adalah lagu favorit saya di bagian pertengahan album ini. Menggunakan instrumen yang tidak terlalu meledak, vokal Chino Moreno merupakan titik spotlight yang patut dicermati dalam “Entombed”. Moreno benar-benar menggambarkan ucapan terima kasih yang tercermin dalam lirik yang penuh dengan metafora yang sedikit seram dan agak berbau pemujaan. Begitu pula dengan “Tempest”, dimana aura frustasi yang dibawa dalam lagu ini sangat terdeskripsikan dengan baik di seluruh elemen musik yang digunakan baik vokal, drum, hingga shred-shred gitar yang membentuk sebuah suasana depresi yang harmonis. Hal ini membuktikan bahwa “Koi No Yokan” bukanlah sebuah album yang tercipta dari egoisme salah satu personil band ini saja.

Walaupun album ini sangat menarik, namun sayangnya segmen “Koi No Yokan” memang dikhususkan bagi yang benar-benar ingin menikmati album ini saja. Adanya alur dinamika yang selalu naik mungkin akan membuat telinga anda sedikit lelah mendengar kebisingan yang terdengar begitu mendominasi. Namun bagi saya, album ini merupakan salah satu album Deftones yang luar biasa dimana antara satu lagu dengan lagu lainnya memiliki keterkaitan yang cukup apik. Ya saya tahu, memang secara teknis “Koi No Yokan” agak mirip apabila dibandingkan dengan “Diamond Eyes”, namun kali ini mereka mampu menghadirkan aura yang lebih “nendang” dan sesuai dengan tema pada setiap lagu yang mereka bawakan. Tampaknya masing-masing personil Deftones begitu memahami peran mereka di dalam proses produksi album ini. Tak heran apabila “Koi No Yokan” mendapatkan rating yang baik di beberapa media musik internasional, bahkan album ini juga menduduki peringkat ke 5 dalam “Album of the Year” versi Revolver. Well, tampaknya perjalanan Deftones akan masih sangat panjang walaupun kini Chi Cheng tak akan lagi memperkuat band ini untuk selamanya..

Official Website Deftones

(Galih / CreativeDisc Contributors)

Track list:
1. “Swerve City”
2. “Romantic Dreams”
3. “Leathers”
4. “Poltergeist”
5. “Entombed”
6. “Graphic Nature”
7. “Tempest”
8. “Gauze”
9. “Rosemary”
10. “Goon Squad”
11. “What Happened to You?”

Related posts

Leave a Reply

windows 10 pro kaufen office 2019 pro kaufen office 365 pro kaufen windows 10 home kaufen windows lizenz kaufen instagram follower kaufen tiktok follower kaufen windows 10 pro satın al office 2019 pro satın al office 365 pro satın al windows 10 home satın al windows lisans satın al windows 10 satın al