Trending News

Blog Post

Album of The Day: Jessie Ware – Devotion
Album of The Day

Album of The Day: Jessie Ware – Devotion 

Released by: Universal Music Indonesia

Inggris memang seolah tak habis-habisnya melahirkan penyanyi bagus dengan gaya bermusik yang jenial. Perkenalkan Jessica Lois Ware atau yang lebih dikenal dengan Jessie Ware. Dara kelahiran London Selatan pada tanggal 15 Oktober 1984 ini memang tidak tergolong belia sekali, namun tak menghalanginya untuk merilis album debut yang bertajuk Devotion.

Sudah selayaknya publik mengenal Jessie Ware. Ketimbang Jessie yang lain, vokal Ware memang tidak menggelegar atau over-akting. Ia memilih untuk bernyanyi dengan subtil dan penuh perasaan dan didukung oleh lagu-lagu yang beratmosfir RnB namun dalam dalam pendekatan indie-pop dan elektronika/synth-pop.

Devotion dipenuhi oleh karya-karya yang mungkin tidak akan begitu kena di pendengaran awam, namun lagu-lagu ini dipastikan dikerjakan dengan estetika yang mapan dan berkelas. Kelebihan Ware, ia juga mampu menulis lagunya sendiri, sebuah nilai lebih yang memposisikan dirinya sebagai artis ketimbang penyanyi rekaman belaka.

Range vokal Ware memang tidak luas, namun suaranya yang tebal ternyata cukup lincah untuk meniupkan ruh RnB ke dalam lagunya. Simak saja Still Love Me. Memadukan antara RnB dengan synth-pop, lagunya juga dipenuhi oleh bebunyian olahahan mesin, sementara Ware bernyanyi dengan meliuk-liuk namun tanpa terdengar berlebihan.

Dalam Not to Love ia terdengar agak Sade-esque, meski bukan berarti Ware mengkloning secara utuh gaya Sade. Imbuhan rap di tengah-tengah lagu memberi kesan hiphop kontemporer. Synth-pop jazzy ala 80-an bisa disimak dalam Sweet Talk. Mendengarkan lagu ini kita bisa membayangkan menyaksikan Ware tampil di sebuah klub membawakan lagunya ditingkahi oleh kelap-kelip lampu penuh cahaya.

Seperti disebutkan tadi, Ware mampu membawakan lagunya dengan penuh perasaan tanpa harus terdengar berlebihan. Simak saja Taking in Water, sebuah nomor RnB berbalut Soul yang dibalur oleh synth-pop. Pada beberapa bagian, Ware terdengar begitu emosionil dalam lengkingan vokal, meski tak sekencang Florence Welch juga, namun di saat lain terdengar lirih.

Lagu lain yang agak terdengar Florence + The Machine adalah Night Light. Akan tetapi kemiripan mungkin hanya sebatas tarikan vokal, karena bagaimana pun karakter vokal mereka jauh berbeda. Kemiripan ini bisa terjadi karena Ware sebelumnya memang membantu album Ceremonials (2011) milik Florence and the Machine. Bahkan ia pun berteman karib dengan Florence.

Ware juga sangat mumpuni memberikan kita lagu-lagu yang eklektik. Dengarkan track pembuka, Devotion, yang juga menjadi judul album. Dengan vokal yang tertahan, Ware bernyanyi dengan mengayun sementara instrumen penuh gimmick di latar memberi efek ambient yang gelap meski tak terkesan kelam atau murung. Running adalah sebuah jazz-synth-pop bertempo sedang dan memberi efek loungy. Sedang triphop bertempo kencang dipersembahkan Ware dalam 110%.

Ware juga tak terlupa menyuguhi kita lagu-lagu yang lebih “konvensional”, seperti power-ballad ala Sinead O’Connor dalam track berjudul Wildest Moment. Dengan notasi yang cukup sederhana serta melodi yang manis, merupakan sedikit lagu di album ini yang tampil “telanjang”, tanpa embel-embel gimmick efek suara atau elektronika.

Oh yes, Devotion is a special album came from a special singer. Jessie Ware is a name we need to be aware of. Dengan selera musiknya yang eklektik, Ware mengajak kita untuk masuk ke dalam relung-relung musikal yang tak biasa, meski sebenarnya secara umum dia menghadirkan sesuatu yang sifatnya pop-ish.

Imbuhan 89-an dan juga 90-an yang begitu memenuhi albumnya bukan berarti Ware terlalu mengglorifikasi dekade tersebut. Ia merangkum semangat serta tematis dari tahun-tahun terbaik tersebut dan memadukan dalam musik yang tetap terdengar kekinian. Oleh karenanya, Devotion adalah sebuah petualangan musikal yang memuaskan.

Official Website

(Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “Devotion” 3:24
2. “Wildest Moments” 3:42
3. “Running” 4:28
4. “Still Love Me” 3:56
5. “No to Love” 3:33
6. “Night Light” 4:13
7. “Swan Song” 3:43
8. “Sweet Talk” 3:37
9. “110%” / “If You’re Never Gonna Move” 3:27
10. “Taking in Water” 4:27
11. “Something Inside” 3:34

Related posts

Leave a Reply