Trending News

Blog Post

Album of The Day: New Kids on the Block – 10
Album of The Day

Album of The Day: New Kids on the Block – 10 

When it comes to trend, you either set it or follow it. Tapi untuk New Kids On The Block, mereka melakukan keduanya. Bangga melihat kelima cowok ini dulu membuat pengertian “boyband” sedemikian jernih sehingga mudah untuk diikuti oleh para juniornya. Dan kini, mereka bermain dengan trend dengan merilis album “10” yang sesuai dengan jumlah album yang mereka punya. Tak seperti album terakhir mereka, “The Block” yang diproduksi oleh label besar, album ini adalah keluaran label indie yang kemudian memunculkan tingkat idealisme tinggi dan komersialitas yang dipertanyakan.

“The Block” adalah proyek kolosal. Interscope yang menggandeng boyband legendaris ini mengonsep album dengan kondisi musik yang tengah in saat itu, sehingga album tersebut diterima dengan baik oleh masyarakat. Welldone, well served. Sementara yang sekarang ini, meluncur ke bawah dalam angka persiapan, namun memenangkan skor tinggi dalam subyek jati diri. Here’s how it goes.

“10” mungkin tidak disokong materi kelas A, tapi kenyataannya ia memiliki ke-stand-out-an kelas wahid. ‘I Like The (Remix)’ contohnya. Lagu ini seperti datang entah dari mana, sound-nya membuat kita berfikir belum pernah mendengar yang sama sebelumnya. Ada kesan modern dalam vibe yang tulen terbungkus dalam retro throwback. Oldschool, but not oldies. Kemudian ada ‘Take My Breath Away’ yang harus dipuji atas sound-nya yang mengecoh. Bayangkan, ia membuka ruang dengar sebagai sebuah balada R&B yang smooth, tapi bermutasi kepada sebuah club banger di bagian chorus.

Sekarang ke bagian yang sangat disayangkan: estafet balada yang nyaris tak berkesudahan. People can stand to 5 or 6 ballads in one album, but more people want dynamic. Ini yang kurang diakomodir oleh “10”. Faktor “diversity” yang kurang kuat membuat album ini berpotensi untuk membuat lekas bosan. ‘Miss You More’, ‘The Whisper’, ‘Back To Life’ sangat mungkin tidak terpilih sebagai track favorit, dibanding ‘We Own Tonight’, ‘Fighting Gravity’, maupun ‘Jealous (Blue)’. Yang lebih menyakitkan adalah ketika ‘Take My Breath Away’ atau ‘Crash’ terpilih sebagai getaway meskipun kedua lagu terbut tidak memiliki keistimewaan yang berarti.

I like the boys, tapi mereka seperti memberdayakan materi-materi yang bukan prioritas. ‘Now Or Never’ memang catchy, tapi ia seperti ‘Crush’-nya David Archuleta dalam nyawa yang baru. Atau ‘Wasted On You’ yang menganut RyanTedderisme. Dan ini bukan dalam arti yang bagus. Sebutlah NKOTB berhasil mencapai keinginan beridealis, tapi “10” belum mencapai ekspektasi. It’s like you wish for something great but you get something good. If good is enough for you, satisfaction. But if not, disappoinment.

Official Website

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “We Own Tonight” 3:20
2. “Remix (I Like The)” 3:18
3. “Take My Breath Away” 4:01
4. “Wasted on You” 3:38
5. “Fighting Gravity” 4:06
6. “Miss You More” 4:03
7. “The Whisper” 4:42
8. “Jealous (Blue)” 3:22
9. “Crash” 4:08
10. “Back to Life” 3:44
11. “Now or Never” 3:28
12. “Survive You” (hidden track: “Let’s Go Out With a Bang” at 3:43) 7:16

Related posts

Leave a Reply