Trending News

Blog Post

Album of The Day: will.i.am – #willpower
Album of The Day

Album of The Day: will.i.am – #willpower 

Released by: Universal Music Indonesia

Once upon a time, will.i.am dikenal sebagai artis yang mengusung hiphop dengan kental. Selain bersama Black Eyed Peas ia pun tampil solo dengan merilis album Lost Change di tahun 2001. Satu dekade kemudian, ia lebih dikenal sebagai pengusung elektro-hiphop/pop/dance dan EDM. Ia pun sering bertugas sebagai mastermind dibalik beberapa single bercorak elektro-hiphop/pop/dance dan EDM. Album solo keempatnya, #willpower semakin menegaskan posisi rapper yang bernama asli William Adams ini di skena elektro-pop.

Jalan will.i.am untuk akhirnya merilis #willpower tampaknya demikian panjang dan berliku. Butuh lima tahun setelah Songs About Girls (2007) untuk merilis album baru. Dan setelah memberikan teaser meriah dengan single T.H.E. (The Hardest Ever) yang menampilkan Mick Jagger dan Jennifer Lopez, #willpower pun akhirnya siap untuk disimak.

Ternyata kolaborasinya dengan sang musisi legendaris plus rocker gaek serta diva latin tidak masuk ke final cut album ini. Sebagai single pertama ia justru merilis This Is Love, sebuah euro-dance yang menampilkan will.i.am tidak hanya nge-rap namun juga bernyanyi. Eva Simons kebagian mengisi bagian chorus. Demikian seterusnya. Repetitif dan terdengar monoton. Dengan This Is Love, This Is Love, tampaknya dance memang benar-benar menjadi magma dari album ini.

Anggapan itu tidak salah. Kehadiran Scream & Shout bisa menjadi pengesahan valid. Dengan menghadirkan Britney Spears, lagu dibuka dengan Brit yang nge-rap dalam intonasi yang terdengar dingin serta aksen Inggris yang kental. Terdengar bergitu berbeda. Selanjutnya will.i.am hadir dalam porsi rap yang lebih besar, sementara Brit bernyanyi untuk bagian chorusnya. Meski vokal will.i.am terdengar sangat autotuned, uniknya tidak demikian yang terjadi pada vokal Brit yang hadir dengan lebih alami. Hasilnya, Scream & Shout adalah sebuah lagu dance/house yang “kelam”, namun juga seru.

will.i.am juga tak luput dengan mengajak penyanyi pria remaja paling panas saat ini, Justin Bieber, yang bergabung dalam track #thatPower. Seperti track-track di atas, EDM mengambil porsi utama bagi musik will.i.am. Sedikit sentuhan dubstep untuk membuat lagunya terdengar riuh. Justin Bieber mengisi porsi vokal di chorus sedangkan will.i.am mengisi setiap versenya dengan rap. Cukup catchy dan menarik perhatian, terutama di aransemen EDMnya.

#willpower memang terdengar begitu futuristik dan canggih. Terdengar begitu mengkilap dalam komposisi beat-beat berat yang berderap serta berlapis. Beat-beat yang mengejar tempo kencang dan dipastikan akan menjadi sebuah anthem lantai disko yang panas. Tidak hanya nama-nama tenar di atas saja yang menjadi mitra will.i.am dalam berpesta, karena ia pun mengajak Chris Brown dalam Let’s Go. Sebenarnya track ini cukup menarik, karena dibuka dengan sebuah pola RnB yang tipikal sampai memasuki chorus dimana beat house yang bergelora segera mengambil alih.

Jangan lewatkan kerjasama will.i.am dengan salah satu girlgoup Korea Selatan populer, 2NE1 dalam Gettin’ Dumb. Kolaborasi ini sebenarnya menguntungkan pihak 2NE1 karena nama mereka akan lebih dikenal secara luas. will.i.am sebelumnya sudah membantu 2NE1 dalam single mereka Take The World On, namun di sini kerjasama mereka terdengar lebih menari. Awalnya lagu menunjukkan gelagat seolah-olah akan menjadi sebuah EDM lainnya, sampai CL masuk dengan rapnya, maka aura Hiphop yang lebih murni langsung mendominasi. Sebagai pemanis, apl.de.ap pun turut membantu kerjasama ini.

Syukurlah will.i.am tidak melulu menghadirkan #willpower dalam balutan EDM yang menggebu, karena album ini masih menawarkan beberapa pendekatan musikal yang lain untuk memberi variasi. Kerjasamanya dengan Miley Cyrus mungkin bisa menjadi contoh. Fall Down masih menjadikan EDM sebagai platformnya. Akan tetapi dibandingkan track-track tadi, nuansa urban terdengar lebih mendominasi. Solo String section menjelang akhir membuat single ini menjadi lebih istimewa. Kehadiran Miley juga memberi warna tersendiri.

Dan sungguh menyenangkan saat will.i.am mengajak Skylar Grey untuk bekerjasama. Atmosfir kelam, moody dan gothik Skylar begitu merata membalut Love Bullets, sebuah rock mid-tempo yang dihadirkan dengan aransemen elektro-pop. will.i.am tidak melakukan rapping disini melainkan memilih untuk menyanyikan lagunya.

Yang juga menjadi pembeda dalam #willpower adalah track seperti The World Is Crazy yang menampilkan Dante Santiago, karena will.i.am kembali ke track awal yang membesarkan namanya, hiphop. Album juga memiliki track seperti Geekin’ atau Ghetto Ghetto yang menampilkan Baby Kaely, yang tidak terlupa untuk mengembalikan kekuatan will.i.am di Hiphop yang lebih organik.

Namun dengan kehadiran Afrojack dalam track kedua, Hello, jelas jika #willpower memang lebih bertujuan menghadirkan keseruan lantai dansa ketimbang eksis sebagai album Hiphop dengan lirik-lirik penuh makna. Tapi tak mengapalah. #willpower seperti menjadi penanda dalam karir seorang will.i.am di mana ia tampak nyaman dengan balutan musik mesin super catchy.

Official Website

(Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. Good Morning 1:44
2. Hello (feat. Afrojack) 4:45
3. This Is Love (feat. Eva Simons) 4:39
4. Scream & Shout (feat. Britney Spears) 4:42
5. Let’s Go (feat. Chris Brown) 5:33
6. Gettin’ Dumb (feat. apl.de.ap & 2NE1) 5:13
7. Geekin’ 3:34
8. Freshy (feat. Juicy J) 4:06
9. #thatPOWER (feat. Justin Bieber) 4:39
10. Great Times Are Coming 4:36
11. The World Is Crazy (feat. Dante Santiago) 3:59
12. Fall Down (feat. Miley Cyrus) 5:07
13. Love Bullets (feat. Skylar Grey) 4:11
14. Far Away from Home (feat. Nicole Scherzinger) 3:53
15. Ghetto Ghetto (feat. Baby Kaely) 3:49

Related posts

Leave a Reply