Trending News

Blog Post

Album of The Month: Michael Bublé – To Be Loved
Album of The Day

Album of The Month: Michael Bublé – To Be Loved 

Released by: Warner Music Indonesia

Semenjak merilis album debutnya di tahun 2011 dengan BaBalu, Michael Bublé konsisten merilis album setiap dua tahun sekali. Dan tahun 2013 ini menandakan perilisan album kedelapannya yang bertajuk To Be Loved.

Single pertama yang dikenalkan untuk album ini adalah It’s A Beautiful Day, sebuah pop ceeria yang ditulis oleh Bublé bersama Amy Foster dan Alan Chang. Memang agak mengingatkan akan Haven’t Met You Yet, mulai dari melodi hingga power-pop yang mengimbuhi lagunya. Tidak mengherankan karena ditulis juga oleh tim yang sama.

Namun jika album Crazy Love dimana Haven’t Met You Yet bernaung masih cukup kental dengan nuansa jazz, bagaimana dengan To Be Loved ini? Jawaban sederhananya, cukup jauh berbeda. Tidak saja karena materi lagu baru di album ini hanya sejumlah 4 buah lagu dan sisanya (10) adalah lagu-lagu lama yang dinyanyikan ulang.

Album dibuka dengan nomor swing,You Make Me Feel So Young, yang dulu pernah dipopulerkan oleh Frank Sinatra dan Ella Fitzgerald. Dan mungkin ini satu-satunya lagu yang sangat bercirikan Bublé yang selama ini kita kenal.

Memang, Bublé pun tak ragu untuk menyanyikan pop tradisional, akan tetapi To Be Loved benar-benar hadir dalam semangat pop klasik. Dan penekanan klasik di sini adalah aransemen yang setia mengikuti aransemen aslinya. Bublé sama sekali tidak berniat untuk memperbarui atau membuat lagu-lagu ini terdengar kontemporer atau urban.

Sebut saja nomor cha-cha Come Dance With Me. Lagu ini benar-benar mengajak kita kembali ke era tahun 50-an dimana lagu ini dipopulerkan oleh Sinatra. Begitu juga dengan hits klasik To Love Somebody milik Bee Gees atau Who’s Lovin You-nya Smokey Robinson. Benar-benar tanpa polesan tampil seperti materi asli dengan perbedaan di vokal tentu saja. Dari segi vokal, Bublé pun terdengar sangat setia dengan gaya bernyanyi aslinya dan tampaknya tak berniat untuk memberikan interprestasinya sendiri.

Bublé tidak sendiri di album ini, karena di beberapa lagu ia mengajak “bintang tamu” untuk menemaninya, seperti aktris pemenang Oscar Reese Witherspoon sebagai teman duet di lagu klasik Frank dan Nancy Sinatra, Something Stupid. Sayangnya kerjasama mereka terdengar kurang proporsional atau pun memorable. Vokal Witherspoon terdengar sebagai latar ketimbang tandem. Versi Robbie Williams dan Nicole Kidman masih diatas duet ini.

Yang spesial, Bublé mengajak Bryan Adams untuk bernyanyi bareng dalam After All, salah satu lagu baru di album ini. Kehadiran Adams begitu kuat dan berkesan sehingga mempengaruhi mood lagu secara keseluruhan. Mungkin saat Alan Chang, Steven Sater dan Jim Vallance menulis lagunya mereka sudah membayangkan Adams untuk menyanyikan lagu ini.

Album ditutup oleh salah satu klasik Frank Sinatra (lagi) yang bertajuk Young at Heart. Mengalun lembut dan mungkin bisa menjadi sebuah pernyataan politis Bublé (kini 37 tahun) untuk tetap merasa muda, meski pilihan lagunya tua?

Jika mengharapkan sesuatu yang baru dan segar dari seorang Michael Bublé, maka album To Be Loved ini mungkin bukan pilihan yang tepat. Album ini lebih tepat sebagai mesin waktu yang mengajak kita untuk kembali ke gemilangan pop-klasik yang mengharu-biru. Album juga mungkin menjadi sebuah bukti akan kecintaan Bublé akan lagu-lagu klasik yang mempengaruhi karir musiknya.

Official Website

Beli CD Michael Buble “To Be Loved” Rp. 85.000,- silahkan isi form disini

(Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “You Make Me Feel So Young” 3:06
2. “It’s a Beautiful Day” 3:19
3. “To Love Somebody” 3:15
4. “Who’s Lovin You” 2:56
5. “Something Stupid” (featuring Reese Witherspoon) 2:58
6. “Come Dance with Me” 2:46
7. “Close Your Eyes” Michael Bublé, Alan Chang and Jann Arden Richards 3:33
8. “After All” (featuring Bryan Adams) Alan Chang, Steven Sater and Jim Vallance 3:38
9. “Have I Told You Lately” (with Naturally 7) 3:26
10. “To Be Loved” 3:41
11. “You’ve Got a Friend in Me” 3:26
12. “Nevertheless (I’m in Love with You)” (featuring The Puppini Sisters) 2:56
13. “I Got It Easy” Michael Bublé, Tom Jackson and Alan Chang 3:39
14. “Young at Heart” 3:43

Related posts

Leave a Reply