Trending News

Blog Post

Blur, The Temper Trap, Tegan and Sara & Van She di Big Sound Festival
Concerts Review

Blur, The Temper Trap, Tegan and Sara & Van She di Big Sound Festival 

Setelah gelaran Road to Big Sound Festival diadakan 24 Mei 2013 lalu, kini festival sejati, Big Sound Festival akhirnya terlaksana dengan sukses! Bertempat di Lapangan D Senayan, Jakarta dengan promotor Dyandra Entertainment dan disupport oleh Sound Rhythm. Blur, pastinya sudah pasti ditunggu-tunggu aksinya, tak ketinggalan band yang lain seperti Van She, Tegan and Sara, dan juga band international The Temper Trap dengan vokalis yang berasal dari Indonesia. Juga ada aksi band lokal Morfem dan The Brandals di welcoming stage. So, langsung saja kita simak penampilan para line-up Big Sound Festival ini..

Van She pun membuka gelaran ini pada pukul 17:04 dan langsung menggeber dengan “Idea of Happiness”, lalu dihajar dengan “Changes” dan “Strangers” yang dimainkan dengan aransemen yang berbeda dari apa yang kita dengar di album dan lebih chillout. Unit dance asal Australia ini juga membawakan lagu hits mereka seperti “Sarah”, “Beat of The Drum”, dan “Kelly”. Setelah sukses membuat penonton di Lapangan D berdansa mereka akhirnya menutup penampilan mereka di lagu ke-10 dengan “Jamaica” dan mengatakan “Thank You Jakarta!”. Trio ini pun turun panggung pada pukul 17:49.

38 menit berselang duo kakak beradik indie rock asal Kanada, Tegan and Sara siap memberikan performancenya pada malam itu. Mereka juga memboyong bandnya yang berjumlah 4 orang dan penampilan dibuka dengan “Back in Your Head”, Tegan and Sara juga komunikatif dengan penonton. Mereka memainkan lagu hit mereka seperti “Walking With The Ghosts”, dan beberapa lagu dari album “Sainthood” seperti “Alligator” (dimana mereka memainkan beat perkusi), dan “Arrow”. Tegan and Sara juga bercerita tentang cuaca Jakarta yang panasnya begitu ekstrim menurut mereka dan kemacetannya yang begitu mengganggu. Lagu kolaborasi bersama DJ Tiesto yang berjudul “Feel It In My Bones” tak disangka akan dibawakan dan membuat penonton berdansa setelah disuguhi lagu beraroma indie pop/rock dari awal. Single terbaru mereka “Now, I’m All Messed Up” juga dihadirkan, ada hal unik ketika duo ini menyentuh lagu ini. Backdrop pun berubah menjadi lyric video dari lagu ini yang begitu suram. Single pertama dari album “Heartthrob” yaitu “Closer” didaulat menjadi ending song dan sukses membuat penonton kembali bergoyang.

Band Australia kedua yang menjadi line up di festival ini yaitu “The Temper Trap”, maju pada pukul 19:42 dan dibuka dengan lagu “Love Lost”. Dougy Mandagi sang vokalis yang memang asli Indonesia pun berucap “Jakarta, udah lama gak ketemu nih” dengan bahasa Indonesia yang sangat fasih dan mulailah lagu “Fader” sebagai lagu kedua. Mereka juga cukup komunikatif dan uniknya speech yang keluar dari mulut Dougy pun 90% merupakan kalimat dalam bahasa Indonesia. Band ini juga membawakan “Trembling Hands”, “Have It All”, “Science of Fear” dan “This Isn’t Happiness”. Teknik vokal Dougy yang begitu tinggi dan dapat bermain di range mana saja membuat penonton terpukau, berkali-kali Dougy memamerkan falset yang begitu tinggi. Basis dari band ini Jonathon Aherne juga tidak bisa diam dan terus bergoyang sepanjang konser. Sebelum masuk ke lagu terakhir, mereka pun menunjukkan atraksi skill mereka. Sesi jamming yang benar-benar epik pun dihadirkan, Dougy memainkan big drum yang diberi air di bagian snare nya sehingga menimbulkan efek yang begitu epik. “Let’s sing it, Jakarta” menjadi pembuka lagu terakhir “Sweet Disposition” dan benar saja karaoke massal pun terjadi.

Akhirnya pada pukul 21:05 sang legenda Britpop, Blur yang terdiri dari Dave Rowntree, Alex James, Graham Coxon dan Damon Albarn naik dan siap memberikan “ceramah” nya kepada para jamaah Britpop. Lagu pertama “Girls & Boys” menjadi pemanas suasana terbukti dari crowd penonton yang begitu riuh dan ricuh. Belum selesai membuat penonton rusuh, “Popscene” dan “There’s No Other Way” dibawakan membuat seolah-olah ini menjadi acara pensi anak 90’an dimana semuanya benar-benar “lose yourself” akibat Damon Albarn dan kawan-kawan. Damon pun juga bilang “After 24 years, we are here now..” dan sekali-kali Damon menuangkan air ke penonton dan mereka seolah mendapat air suci dari sang dewa Britpop. Pada “Badhead” mereka tak tanggung-tanggung membawa brass section ke panggung. Sedikit bergalau mereka di “Beetlebum” dan “Out of Time”. Empat lagu dari album “13” yaitu “Trimm Trabb”, “Caramel”, “Coffee & TV”, dan “Tender” dibawakan berturut-turut. Pada “Country House” Damon pun turun ke panggung dan bercengkrama dengan penonton membuat histeria makin tidak terkendali. Pada “Parklife” koor massal pun terjadi begitu meneriakkan chorus lagu ini. “End of a Century”, “Death of A Party” sampai ke klimaksnya yaitu “This Is A Low” dibawakan. Pada “This Is A Low” penonton begitu khidmat dan Damon seolah berdoa begitu memainkan lagu ini. Cuman butuh waktu 5 menit buat mereka untuk kembali ke panggung memberikan encore pertama yang sesuai dengan backdrop mereka malam itu yaitu “Under The Westway” dimainkan dengan Damon yang memainkan piano lalu disambung dengan “For Tomorrow”. “JAKARTA TIME!!!” dan diberikanlah “The Universal” kepada penonton. Mereka juga membawa backing vokal sebanyak 3 orang, jadi kita benar-benar mendengar lagu ini sesuai dengan apa yang ada di CD albumnya. Lagu terakhir yang memorable bagi semua orang yaitu “Song 2” didaulat menjadi lagu penutup Big Sound festival tersebut, yang pastinya bikin Lapangan D Senayan pecah! Akhirnya, ceramah dari sang dewa Britpop pun telah usai.

Big Sound Festival terbukti merupakan suatu gelaran yang epik dimana line-up nya begitu “Big” dan menampilkan semua performance nya dengan baik. Faktor Blur pun bisa dikatakan makin menambah kesan bahwa festival ini bukanlah festival musik sembarangan dan benar-benar sukses mewujudkan mimpi para penggila Britpop dengan kedatangan Blur. Let’s hope the next year this event will bring more big acts.

(Luthfi / CreativeDisc Contributors)
Photo by Milankoni

Special Thanks to Dyandra Entertainment, SoundRhythm

Setlist Blur:
1. Girls and Boys
2. Popscene
3. There’s No Other Way
4. Badhead
5. Beetlebum
6. Out of Time
7. Trimm Trabb
8. Caramel
9. Coffee and TV
10. Tender
11. Country House
12. Parklife
13. End of a Century
14. Death of a Party
15. This Is a Low

Encore
16. Under The Westway
17. For Tomorrow
18. The Universal
19. Song 2

Related posts

Leave a Reply