Trending News

Blog Post

2 Hari Bersama Super Junior di SuperShow5 Indonesia
Concerts Review

2 Hari Bersama Super Junior di SuperShow5 Indonesia 

Boyband asal Korea Selatan Super Junior kembali membuat heboh Indonesia dalam gelaran konser yang bertajuk “SUPER SHOW 5, SUPER JUNIOR WORLD TOUR IN JAKARTA” pada tanggal 1 – 2 Juni 2013, bertempat di Mata Elang International Stadium (MEIS) Ancol, Jakarta. Indonesia rasanya perlu berbangga hati karena menjadi Negara Asia pertama setelah Korea Selatan yang disambangi oleh boyband ternama Korea tersebut.

Meskipun sudah lima kali berkunjung ke Indonesia, para ELF (Sebutan fans Super Junior) tetap antusias menyambut kedatangan dari Boyband fenomenal tersebut. Hal ini terlihat dari antrian yang sudah ada sejak pukul Sembilan pagi. Teriknya matahari tak menghalangi mereka untuk dapat melihat sang idola perform di atas panggung.

Perhelatan Super Show 5 di Jakarta ini memang terasa sangat special bagi ELF Indonesia. Karena pada tanggal 2 Mei 2013 yang sekaligus menjadi pertunjukkan dihari ke-2 bertepatan dengan perayaan 7 tahun ELF, beberapa fans dari luar negeri seperti Vietnam, Thailand, bahkan dari Perancis pun hadir di Super Show 5 Jakarta.

Sekitar pukul 19.00 WIB lampu di dalam venue akhirnya dipadamkan. Lautan ‘sapphire blue’ pun terlihat jelas di dalam MEIS. Tak henti-hentinya para ELF meneriakan nama Super Junior berkali-kali. Mereka tak sabar ingin segera melihat Donghae cs tampil di atas panggung. Histeria para penonton pecah saat muncul video dari masing-masing personel Super Junior. Eunhyuk, Siwon, Donghae, Kyuhyun, Ryeowook, Kangin, Shindong, dan Sungmin akhirnya muncul dari balik tirai besar di atas panggung. Lagu berjudul ‘Mr. Simple’ dan ‘Bonamana’ sukses membuat para penonton ikut bernyanyi bersama. Dilanjutkan dengan lagu ‘Super Girl’ tak ketinggalan Henry dan Zhoumi (Super Junior-M) muncul dihadapan ribuan ELF saat itu.

“Say yeah, say yeah, say SJ” ucapan dari Eunhyuk pun langsung disambut dengan teriakan histeris dari penonton. Berturut-turut ke sepuluh personel memperkenalkan diri kepada para penonton. Beberapa personel memperkenalkan diri dengan bahasa Indonesia yang memang masih terbata-bata. “Halo, Saya Ryewook.. Apakah kalian ingin bertemu dengan saya? Selamat menikmati ya, Aku cinta kalian” ujarnya saat itu.

Tak perlu berlama-lama lagi, lagu berjudul ‘It’s You’ yang terdapat di album ketiga ini sukses membuat MEIS kembali bergoyang. Rehat sejenak, penonton pun dimanjakan dengan munculnya video Super Junior di big screen. Suju is back..! dengan kostum berwarna merah & hitam ini mereka tampil enerjik membawakan dua lagu berturut-turut yaitu ‘Sexy, Free & Single’ dan ‘Boom, Boom’. Kali ini siap-siap dibikin iri oleh para dancer cewe yang ikut tampil di atas panggung, lagu berjudul ‘Club No.1’ sukses membuat seisi MEIS berteriak histeris dengan tarian-tarian yang sensual dari SuJu dan dancer-dancernya. Don’t be jelaous girls! ~~

Kini giliran Eunhyuk, Siwon, Henry dan Donghae menyanyikan lagu berjudul ‘So Cold’ diiringi dengan back dancer. Kemudian dilanjutkan dengan penampilan dari Ryeowook, Kyuhyun, Sungmin dan Zhoumi dengan lagu bergenre ballad berjudul ‘How Am I Supposed to Live Without You’. Tanpa jeda Shindong, Eunhyuk, dan Donghae menggebrak MEIS dengan solo dance yang penuh enerjik. Tarian ‘Harlem Shake’ versi Super Junior pun ikut dibawakan dalam Super Show 5 Jakarta. Para penonton sepertinya larut dalam euphoria kemegahan konser SuJu tersebut.

Ada hal lucu yang terjadi di Super Show 5 Jakarta ini, beberapa personel memparodikan lagu-lagu dari penyanyi wanita ternama Korea lengkap dengan kostum perempuan. Misalnya saja Siwon membuat kejutan dengan membawakan lagu ‘Saturday Night’ milik Son Dam Bi, Kangin sepertinya tak mau ketinggalan memparodikan lagu ‘Bloom’ milik Ga In, Ryeowook bernyanyi ‘Loving You’ ala S.E.S serta lagu ‘Ice Cream’ yang diparodikan dengan sempurna oleh Sungmin. Puncaknya mereka menari lagu ‘Alone’ milik Sistar lengkap dengan gerakan khas dari lagu tersebut. Penonton pun ikut tertawa melihat aksi konyol dari pria-pria ganteng tersebut.

It’s time for Super Junior – M ! berturut-turut lagu berjudul ‘Breakdown’, ‘A-Oh’, dan ‘Go’ dibawakan Henry cs dengan sempurna. Permainan laser dan lighting yang megah memang menjadi daya tarik tersendiri pada konser Super Junior kali ini. MEIS kembali di goncang dengan dengan lagu ‘Shake It Up’, para personel SuJu pun tak lupa menggajak ELF untuk ikut bernyanyi bersama. Next song is ‘Rockstar’ lagu bertempo up-beat ini membuat para penonton ikut bersemangat, Seisi MEIS dibuat heboh ketika Siwon dan Eunhyuk membuka baju mereka. Perut six pack mereka yang terlihat jelas membuat para fans yang rata-rata remaja putri ini semakin histeris.

Cooling down sejenak, kali ini lagu bergenre ballad berjudul ‘Daydream’ dibawakan dengan sempurna oleh Super Junior. Sesi chit-chat pun kembali dimulai Eunhyuk mengatakan ‘Apakah anda Senang?’ tiba-tiba semua personel pun mengucapkan hal yang sama dan diucapkan berulang-ulang dengan irama yang berbeda hal ini membuat para penonton tertawa melihat kekonyolan idola nya tersebut. Namun hal ini berbeda pada hari ke-2 gelaran Super Show 5 Jakarta. Super Junior pun ikut merayakan ulang tahun ELF yang ke 7 dengan menyanyikan lagu Happy Birthday~~ selamat ulang tahun ELF ^^
Tak hanya itu, Penonton pun mendapat kejutan lain. Para personel menyanyikan part reff. Lagu ‘It Has To Be You’ milik Yesung. Ya Yesung memang tidak hadir pada konser kali ini, karena sedang menjalani wajib militer di Korea. Hal ini membuat para ELF tampaknya ikut terharu dan dengan kompak penonton pun meneriakkan nama asli dari Yesung ‘Kim Jongwoon, Kim Joongwoon’.

Dengan nuansa putih lagu berjudul ‘Bittersweet’ , ‘Someday’, ‘Memories’ dibawakan dengan sangat sempurna, tak ketinggalan para penonton pun ikut bernyanyi bersama dan memainkan lightstick mereka. VCR kembali diputar, kali ini memperlihatkan para personel menggunakan kostum bertema superhero dan benar saja mereka berubah menjadi super hero dengan membawakan lagu berjudul ‘Dreaming Hero’ Donghae menjadi Iron Man, Eunhyuk menjadi Wolverine, Siwon menjadi Captain America, Shindong menjadi Hulk, Kangin menjadi Thor, Kyuhyun menjadi Loki, Ryeowook menjadi Spiderman, Sungmin menjadi Wong Fei Hong, Henry menjadi Goku ‘Dragon Ball’ dan Zhoumi menjadi Woody ‘Toy Story’.

Lagi-lagi penonton pun disuguhkan dengan munculya VCR dari Super Junior yang sedang melalukan tutorial dance. Tanpa perlu berlama-lama lagi merekapun muncul dengan t-shirt putih dan celana Jeans, membawakan lagu berjudul ‘Sunny’, ‘Wonder Boy’ dan ‘Dancing Out’. Para personel pun berkeliling panggung menyapa para ELF di setiap section nya. Break sejenak, Eunhyuk mengatakan lagu berikutnya merupakan lagu yang sangat special untuk ELF Indonesia. Lagu romantis berjudul ‘Marry U’ pun sukses membuat para ELF ikut bernyanyi bersama, dan dengan kompak mereka pun mengangkat Banner bertuliskan “?? ?? ??? WE DO!” yang dalam bahasa Indonesia berarti “Selamanya kita bersedia bersamamu” ~~sweet enough ^^

Para personel Super Junior hilang dari balik panggung, penonton pun dengan kompak meneriakan ‘we want more, we want more’ dan benar saja akhirnya kesepuluh pria tampan ini pun kembali ke atas panggung it’s time for encore! Lagu berjudul ‘Sorry-Sorry’, ‘Show Me Your Love’ , dan ‘ Miracle’ dinyanyikan dengan apik. ‘Apakah kalian Senang? Tanya Eunhyuk, kemudian ia pun mengatakan ‘Apakah anda tidak capek? Karena durasi sudah lama’ ujarnya saat itu. Super Junior pun meminta ELF untuk menyanyikan sedikit lagu ‘Marry U’ dan ‘Someday’. ELF pun menyanyikannya dengan kompak dan membuat para personel takjub akan hal tersebut.

Dan sebagai penutup, Eunhyuk pun mengatakan bahwa ini adalah lagu terakhir. Lagu yang berasal dari album pertama Super Junior berjudul ‘So I ‘ menjadi lagu terakhir dalam gelaran Super Show 5 Jakarta. Para penonton diminta ikut bernyanyi bersama “So I pray for you, oh so I.. So I promise you, oh so I..”

Gelaran Super Show 5 ini memang sedikit berbeda dari tahun lalu, kali ini lebih mengusung konsep digital dan panggung yang sangat megah, ditambah lagi permainan lampu laser dan lighting yang membuat konser Super Junior menjadi Super!
Seperti yang dikatakan oleh Super Junior….
“Sampai jumpa di Super Show 6”!!! ^^

Special Thanks to:
Dyandra Entertainment

Dan buat kalian semua ELF INDONESIA
Terima Kasih dan Sampai Jumpa Super Junior

(Reni Fitriah)
Credit Photo By : Farhad Alaydrus, Arsisi, Roni. K, Dadan

Related posts

Leave a Reply