Trending News

Blog Post

Album of the Day: Fall Out Boy – Save Rock and Roll
Album of The Day

Album of the Day: Fall Out Boy – Save Rock and Roll 

Released by: Universal Music Indonesia

Setelah mencapai puncak kesuksesan selama 8 tahun berkarir di industri musik, pada awal tahun 2009 Fall Out Boy secara mengejutkan memutuskan untuk hiatus dan masing-masing personilnya sibuk dengan solo karir masing-masing dari tahun 2009 hingga 2012. Berbagai spekulasi tentang reuninya Fall Out Boy sudah banyak berhembus sejak akhir tahun 2012 dan akhirnya tepat pada tanggal 4 Februari 2013, Fall Out Boy mengumumkan bahwa mereka reuni. Tidak hanya mengumumkan bahwa mereka reuni tetapi juga mereka merelease single, jadwal tour dan album baru yang rencana awalnya akan direlease pada tanggal 7 May namun dipercepat menjadi 16 April. Sejak diumumkan bahwa mereka akan mengeluarkan album baru yang berjudul Save Rock and Roll, album ini langsung menjadi salah satu most anticipated album this year. Namun, pertanyaannya adalah apakah album ini bisa memenuhi ekspektasi para penggemar dan penikmat musik yang sudah menantikan album ini? Apakah mereka masih bisa menjaga ciri khas Fall Out Boy di album ini? Mari kita simak bersama-sama.

Melihat lebih jauh ke dalam album berisi 11 tracks ini, Save Rock and Roll diproduseri oleh Butch Walker, orang yang ikut andil atas kesuksesan album Infinity On High. Melihat tracklist album ini, pastinya banyak orang akan terkejut dengan orang-orang yang diajak Fall Out Boy untuk berkolaborasi mulai dari Elton John, Courtney Love, Big Sean hingga Foxes. Album dibuka oleh lagu berjudul The Phoenix yang intronya terkesan cukup megah dengan dihadirkannya string section dan sedikit mengingatkan akan lagu Thnks Fr Th Mmrs. The Phoenix adalah lagu dengan tempo yang cepat dan menggebu-gebu, sangat cocok dijadikan track permbuka album ini memberikan hype kepada pendengarnya. Bagian terbaik dari lagu ini berada pada bagian bridge dimana Patrick Stump memamerkan kekuatan vokalnya dengan tarikan vocal yang panjang di nada yang tinggi. Track selanjutnya ada lagu My Songs Know What You Did In The Dark yang juga menjadi single andalan untuk album ini. My Songs Know What You Did In The Dark adalah lagu yang terkesan dark dan kita juga bisa mendengar adanya sentuhan hip-hop dalam lagu ini. Lanjut ke track selanjutnya ada lagu yang langsung menjadi favorit banyak orang dari album ini yaitu Alone Together. Sejak lagu dimulai kita disambut oleh suara Patrick Stump yang khas dan berbeda dengan 2 lagu sebelumnya, lagu ini terdengar sedikit lebih pop dengan chorus yang catchy.

Pada lagu Just One Yesterday, Fall Out Boy berkolaborasi dengan Foxes penyanyi asal UK yang belakangan namanya cukup banyak dibicarakan karena kolaborasinya dengan Zedd dalam lagu Clarity. Awal lagu Just One Yesterday ini terdengar cukup mirip dengan lagu Rolling In The Deep dari Adele secara melodi maupun musik dan kita bisa mendengar suara Foxes ketika lagu memasuki chorus. Sedangkan di lagu The Mighty Fall, Fall Out Boy bekerja sama dengan Big Sean yang sebelumnya pernah bekerja sama dengan Justin Bieber. Dengan intro layaknya sebuah lagu hip-hop dengan tambahan riff gitar sepertinya kolaborasi antara Fall Out Boy dan Big Sean ini bisa dikatakan tidak berhasil karena The Mighty Fall tidak mempunyai kekuatan dan hanya terkesan seperti sebuah lagu eksperimen. Beruntung setelah track The Mighty Fall ada lagu berjudul Miss Missing You yang intronya seperti musik disco dengan sentuhan synth yang kental. Di lagu Young Volcanoes, Fall Out Boy mencoba untuk mengesplor musik folk.

Di lagu Rat a Tat, Fall Out Boy bekerja sama dengan vokalis band Hole yaitu Courtney Love. Courtney membuka lagu dengan kalimat ‘It’s Courtney bitch!’ dan lagu ini juga mempunyai chorus yang sangat anthemic dengan pengulangan Rat a Tat di sepanjang chorus. Album inipun akhirnya ditutup oleh sebuah lagu yang berjudul sama dengan judul albumnya yaitu Save Rock and Roll dimana mereka mengajak penyanyi legendaris Elton John untuk berkolaborasi. Dari semua kolaborasi yang Fall Out Boy lakukan di album ini, bisa dibilang bahwa kolaborasi mereka dengan Elton John adalah kolaborasi yang paling berhasil karena kita bisa mendengar sound piano ala Elton John namun Fall Out Boy juga berhasil memasukkan ciri khas yang menjadi benang merah mereka dalam lagu ini. Ditambah lagi duet antara Patrick Stump dan Elton John yang terdengar serasi dan indah dalam lagu ini. Sebuah akhir yang manis untuk sebuah album yang penuh kejutan dari Fall Out Boy.

Secara keseluruhan mungkin album Save Rock and Roll ini tidak seperti apa yang banyak orang sangka apalagi bila orang itu mengartikan judul album ini secara harafiah. Namun, seperti apa yang Fall Out Boy sudah katakan sejak mereka memutuskan untuk reuni bahwa ini adalah awal yang baru bagi mereka dan album ini adalah pembuktiannya. Dua jempol harus diberikan kepada Fall Out Boy untuk keberanian mereka berkreasi serta mengeksplor berbagai macam jenis musik yang mereka belum pernah coba sebelumnya. The future of Fall Out Boy starts now and be a part of that by listening to this album.

Official Website

(William Supardi / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “The Phoenix” 4:04
2. “My Songs Know What You Did in the Dark (Light Em Up)” 3:08
3. “Alone Together” 3:23
4. “Where Did the Party Go” 4:03
5. “Just One Yesterday” (featuring Foxes) 4:04
6. “The Mighty Fall” (featuring Big Sean) H3:32
7. “Miss Missing You” 3:30
8. “Death Valley” 3:46
9. “Young Volcanoes” 3:24
10. “Rat a Tat” (featuring Courtney Love) 4:02
11. “Save Rock and Roll” (featuring Elton John) 4:41

Related posts

Leave a Reply