Trending News

Blog Post

Album of The Day: Gabrielle Aplin – English Rain
Album of The Day

Album of The Day: Gabrielle Aplin – English Rain 

Released by: Warner Music Indonesia

Gabrielle Aplin mungkin dikenal karena mengkover lagu-lagu populer di YoutTube, namun penyanyi kelahiran 10 Oktober 1992 asal Inggris ini ternyata dapat menjadi penerus penyanyi-penyanyi seperti Inggrid Michaelson, Kate Nash, Feist dan sebagainya, karena ia memilih folk sebagai musik yang diusungnya. Setelah tiga-empat tahun terakhir ini merilis beberapa EP, Aplin pun berkesempatan untuk merilis album debutnya yang bertajuk English Rain.

Simak saja single Please Don’t Say You Love Me yang mengalun lembut penuh perasaan ini. Dentingan gitar akustik yang merdu menjadi tandem setia bagi Gabrielle Aplin dalam menyanyikan lagunya. Tidak hanya vokal lembutnya yang mengalun menyejukkan, akan tetapi juga komposisi setiap lagu yang dirangka dari barisan notasi yang ditulis indah.

Sebelas lagu lain pun memiliki kualitas yang sama. Aplin juga menulis lagu-lagunya, disamping terampil memainkan gitar akustik yang banyak mewarnai lagu-lagu yang terdapat di dalam album ini. Dengan dimodali oleh bakatnya yang berlipat ini menjadikan English Rain seperti sebuah album kumpulan lagu-lagu indah yang sangat sulit untuk tidak disukai.

Dalam Home, denting gitar dan juga terkadang gesekan cello, bersatu bersama vokal Aplin dalam menyanyikan kerinduan dan pujian kepada rumah. Namun yang patutu dicermati, Aplin tidak hanya bertutur dalam estetika lirik bermakna denotasi akan tetapi juga kuat akan metafora penuh makna. Jadi “rumah” apa yang dimaksud Aplin dalam lagunya? Terserah interprestasi masing-masing tentunya, jika kita tidak ada kesempatan untuk menyanyakan langsung kepada Aplin.

Permainan metafora ini banyak ditemui dalam lagu-lagu English Rain. Misalnya saja Human yang dihadirkan dengan intensitas yang lebih bertenaga, berkisah tentang bagaimana sosok kita sebagai manusia yang sejatinya merupakan sosok rapuh. Tema-tema humanis juga menjadi sentra berkisah bagi Aplin. Dalam How Do You Feel Today? ia menyapa kita dengan sebuah lagu lembut yang sangat manis, seolah-olah seorang sahabat karib bertanya pada kita.

Sungguh luar biasa, untuk ukuran seorang gadis sebelia ini, Aplin memiliki kedewasaan tersendiri dalam musik maupun lirik yang diusungnya. Ia tidak hanya dengan matang membungkus tema-tema yang dibawakn oleh lagu-lagunya akan tetapi juga menghadirkan dalam komposisi yang matang dan berkelas. She’s truly advancing her youthfulness for being an old-soul and convet it into these beautiful songs..

Syukurnya, ini tidak lantas Aplin menjadi sok bijak. Lagu-lagu dalam English Rain tetap hadir dalam balutan yang kasual dan down-to-earth. Denting piano, petikan gitar atau gesekan senar biola serta cello menjadi iringan menawan, sementara lagu-lagunya tetap terdengar segar dan menawan.

Mendengarkan Ready to Question Aplin seolah mengadopsi semangat folk-rock yang kental, meski vokalnya yang lembut terdengar kontradiktif. Tidak mengherankan jika ia memilih untuk menghadirkan lagu ini secara lebih tenang. Agak sedikit mengencang dalam November, ia membuat rock pun bisa terdengar manis dan menghanyutkan.

Aplin juga masih memberikan ruang untuk lagu-lagu romantis. Dalam Please Don’t Say Love Me dia memberikan keberanian dalam bersikap dalam hubungan percintaan. Sedang dalam Power of Love she gave us a true powerful song tentang kekuatan cinta untuk orang yang kita sayangi. Denting piano terdengar cantik sekaligus menghantui.

Sebagai musisi folk, Gabrielle Alpin mungkin terdengar terlalu feminim, akan tetapi sebagai penyanyi dan penulis lagu, ia cukup pintar untuk tidak terjebak kepada hal-hal yang berbau girlie. Secara umum English Rain merupakan album indie-pop-folk yang bagus. Album ini juga memperkenalkan kita kepada sosok penyanyi muda berkarakter bernama Gabrielle Aplin, sosok yang harus senantiasa dicermati kedepannya.

Official Website

(Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “Panic Cord” 3:25
2. “Keep on Walking” 2:52
3. “Please Don’t Say You Love Me” 3:00
4. “How Do You Feel Today?” 3:46
5. “Home” 4:07
6. “Salvation” 4:10
7. “Ready to Question” 3:18
8. “The Power of Love” 4:06
9. “Alive” 4:11
10. “Human” 3:36
11. “November” 4:06
12. “Start of Time” 4:01

Related posts

Leave a Reply