Trending News

Blog Post

Album of The Day: Rudimental – Home
Album of The Day

Album of The Day: Rudimental – Home 

Release by: Warner Music Indonesia

Hal apa yang bisa disisipkan oleh musisi pendatang baru di dalam album debut mereka? Well, nampaknya bagi Rudimental, album debut dapat digunakan untuk menyisipkan ucapan terima kasih kepada lingkungan suburban metroplitan di Inggris yang telah menginspirasi mereka dalam bermusik. Maka tak heran apabila album debut mereka diberi titel “Home”. Sangat cocok sekali, karena anda akan disuguhkan dengan suasana musik urban, retro, drum n bass, dan segala asimilasi kultur yang tercipta di daerah tersebut melalui album ini. Ibaratnya, apabila kaum buruh dan kelas menengah di Inggris diwakili dengan musik britpop, maka album “Home” mewakili golongan masyarakat di daerah yang telah saya sebutkan sebelumnya. Ya, setidaknya saya membayangkan daerah Tottenham dan Hackney Borough di London ketika mendengar album ini. Oh saya baru ingat, ternyata mereka memang berasal dari Hackney.

Track “Home” mengawali album ini dimana vokal Sinead Harnett diiringi dengan aransemen soul & RnB yang kental. Track ini sangat tepat dijadikan pembuka menurut saya, dimana lirik dan musiknya terasa seperti ucapan selamat datang yang dapat merepresentasikan keseluruhan isi album ini. Track tersebut lalu dilanjut dengan lagu “Feel the Love” yang berkolaborasi dengan John Newman, seorang penyanyi pria pendatang baru yang bergenre blue-eyed soul. Lagu yang telah dirilis sebagai single di tahun 2012 lalu ini mengambil sedikit esensi dari dubstep dan juga soul yang diwakili oleh brass section di akhir lagu. Selain itu, lagu ini pun terbilang cukup infectious sehingga anda akan dipaksa untuk menekan tombol replay berulang-ulang kali. Dan apabila satu penyanyi blue-eyed soul saja tidak cukup memuaskan telinga anda, maka dengarkan saja “Not Giving In” dimana kali ini Rudimental tak hanya bekerjasama dengan John Newman (lagi), namun juga dengan Alex Clare. Lagu urban soul yang didominasi nada-nada minor ini sangat cantik berpadu dengan drum n bass yang digunakan. Sebuah track yang cukup solid, apalagi dikombinasikan dengan vokal Newman dan Clare yang kuat dan soulful.

Yang lebih menarik adalah kehadiran Emeli Sande di dua track, yaitu “More Than Anything” dan juga “Free” dimana kedua track tersebut memiliki konsep yang berbeda satu sama lain. Memang track “Free” memiliki sound yang lebih organik dibandingkan “More Than Anything”, namun entah mengapa saya kurang merasakan kehadiran Rudimental di lagu “Free”. Lagu ini seolah-olah terdengar seperti single solo Emeli Sande alih-alih sebuah track kolaborasi. Namun terlepas dari itu, track “Waiting All Night” yang berkolaborasi dengan Ella Eyre, saya rasa cukup berhasil dalam menjembatani musik antar genre secara mulus. Maksud saya adalah pada track ini tidak terjadi turbulensi tempo dalam merubah nuansa RnB yang pekat di awal lagu menjadi skena drum and bass secara total dari pertengahan hingga akhir. Sepertinya Rudimental juga memperhatikan kerapihan proses mixing-nya secara detil.

Sebagai sebuah album debut, “Home” merupakan sebuah karya yang sudah cukup baik dalam mengenalkan sang artis dengan pecinta musik di luar sana. Selain itu, dapat dibilang bahwa album “Home” ini berisi lebih dari sekedar musik karena secara tidak langsung, Rudimental mengungkapkan jati diri, inspirasi, bahkan attitude musik mereka melalui album ini. Namun layaknya album lainnya, “Home” pun juga tidak dapat dikatakan sempurna karena mereka masih harus membutuhkan pengalaman lebih pada saat melakukan kolaborasi dengan musisi lain agar partner kolaborasinya tidak mendominasi mereka. Namun siapa juga yang perduli tentang kesempurnaan sebuah album? Toh yang kita perdulikan hanyalah menikmati album tersebut. Dan semoga anda pun juga dapat merasakan kehadiran nuansa suburban ala London di telinga anda melalui album ini.

Official Website

(Galih Gumelar / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “Home” 3:43
2. “Feel the Love” (featuring John Newman) 4:05
3. “Right Here” (featuring Foxes) 5:36
4. “Hell Could Freeze” (featuring Angel Haze) 4:40
5. “Spoons” (featuring MNEK & Syron) 5:22
6. “Hide” (featuring Sinead Harnett) 6:01
7. “Powerless” (featuring Becky Hill) 3:55
8. “More Than Anything” (featuring Emeli Sandé) 4:55
9. “Not Giving In” (featuring John Newman & Alex Clare) 3:59
10. “Baby” (featuring MNEK & Sinead Harnett) 4:00
11. “Waiting All Night” (featuring Ella Eyre) 4:52
12. “Free” (featuring Emeli Sandé) 5:06

Related posts

Leave a Reply