Trending News

Blog Post

Top 10 Music Videos: will.i.am
Top 10 Lists

Top 10 Music Videos: will.i.am 

Diskografi William James Adams atau yang lebih kita kenal dengan will.i.am sangatlah panjang. Tidak hanya sebagai pentolan dari grup hip-hop/dance The Black Eyed Peas, ia juga banyak bertugas sebagai produser, penulis lagu dan bintang tamu untuk banyak musisi, sebutlah Britney Spears, Cheryl, Michael Jackson, The Script dan banyak lagi.

Namun kali ini kita akan membahas karya will.i.am sebagai artis solo yang telah menghasilkan empat buah album studio, satu buah album kompilasi dan empat belas single. will.i.am sendiri sudah tampil di sebanyak kurang lebih tigapuluh sembilan video musik. Wow! Jumlah yang cukup spektakuler. Meski begitu, sebagai artis solo, ia memiliki koleksi delapan belas video musik.

Berdasarkan polling yang disebar kepada para pembaca CreativeDisc.com, berikut 10 musik video terbaik milik will.i.am:

10. One More Chance (Alb. Songs About Girls, 2007)

One More Chance adalah single ketiga will.i.am untuk album ketiganya, Songs About Girls. Secara konsep dan juga tampilan, video musik One More Chance terlihat sangat sederhana, menggunakan kamera beresolusi standar, sehingga terlihat seperti diambil dari kamera home video. Diperlihatkan will.i.am berjalan di sebuah sudut kota, sambil menyanyi (yang terkadang dengan latar belakang efek animasi sederhana), dan terkadang diperlihatkan sesosok perempuan cantik, yang tampaknya merupakan objek cerita. Di beberapa bagian will.i.am diperlihatkan bergerak dengan efek mundur atau memainkan nada secara virtual. Meski sederhana, video ini sudah memperlihatkan kecintaan will.i.am terhadap spesial efek.

09. We Are The Ones (Alb. Change Is Now: Renewing America’s Promise, 2008)

We Are The Ones merupakan single sebagai bentuk dukungan kepada calon presiden (waktu itu), Barack Obama atai inisiatif will.i.am. Dikerjakan oleh Jesse Dylan, videonya merupakan montase dari opini orang-orang tentang Obama. Video diedit oleh Terence “Biff” Butler dari Rock Paper Scissors, dan para executive producers yang mencakup dari will.i.am, Mike Jurkovac, Fred Goldring, Jesse Dylan, Priscilla Cohen and Sheri Howell dan Lilo. Associate poducers included Sean Larkin, Sarah Pantera, Carol Cohen, Steve Koskie, Wendi Morris dan Scott Spanjich. Beberapa selebritis yang terdapat di dalam video ini antara lain, (selain will.i.am, pastinya) Jessica Alba, Ryan Phillipe, Kerry Washington, Taboo dan banyak lagi.

08. I Got It from My Mama (Alb. Alb. Songs About Girls, 2007)

Video bermula dari will.i.am membuka sebuah majalah perempuan dan kemudian memperlihatkan dia tengah duduk di sebuah kursi di sebuah pantai di Brazil. Karena berlokasi di pantai, tentu saja memperlihatkan banyak gadis yang berpakaian mini. Kesan sensual dan seksi. Disutradarai oleh Bryan Barber, video juga memasukkan efek-efek psychedelic untuk memeriahkan tata visualnya. Video ditutup dengan gambart will.i.am ala kartu pos dengan tulisan, “Brazil: Wish You Were Here!”. Selesai mengerjakan video ini, will.i.am mengambil video untuk She’s a Star di pantai Brazil dengan efek khusus yang mengingatkan akan video milik Duran Duran, What’s Happens Tomorrow.

07. Heartbreaker (Alb. Songs About Girls, 2007)

Heartbreaker adalah single kedua untuk album Songs About Girls. Istimewanya, single ini menampilkan salah satu personal girlband asal Inggris, Girls Aloud, Cheryl Cole. Konsep videonya cukup unik. Dikisahkan seolah-olah will.i.am memiliki kekuatan telekinesis yang mampu menggerakkan benda-benda. Padahal benda-benda yang bergerak itu adalah orang-orang berpakaian hitam yang dengan semacam lampu bersama mereka. Diselipkan juga adegan video Billie Jean milik Michael Jackson. Video juga memperlihatkan wiil.i.am dan cheryl yang menyanyi dan menari, baik secara bersama ataupun terpisah.

06. Bang Bang (Alb. OST. The Great Gatsby, 2013)

Bang Bang adalah single bagian dari album soundtrack film The Great Gatsby. Tidak heran jika musik videonya juga mengambil konsep filmnya. Meski tidak mencuplik adegan yang ada di filmnya, namun kita bisa merasakan sensasi 20-an yang menjadi seting film tersebut, mulai dari pemilihan gambar hitam putih dan scratch di layar hingga frame-rate yang rendah hingga pemilihan kostum serta tarian yang digunakan, meski musiknya terdengar sangat modern dan urban. Menarik sekali. Shelby Spalione yang juga mengisi bagian vokal juga hadir di dalam video musiknya.

05. This Is Love (Alb. #willpower, 20013)

will.i.am terjun langsung mengarahkan video musik This Is Love yang merupakan single pertama untuk album keempatnya, #willpower. Videonya memperlihatkan wiil.i.am memainkan sbeuah grand piano yang memiliki logo #willpower. Ada Laptop yang menemaninya dan menampilkan gambar klubmalam, Cirque Du Soir di Soho, yang menampilkan Eva Simons di dalamnya. Video secara bolak-balik menampilkan penampilan masing-masing dari will.i.am dan Eva Simons. Konsepnya memang disengaja untuk memperlihatkan sebuah persembahan yang meriah dan megah.

04. T.H.E. (The Hardest Ever) (Promotional Singles, 2011)

T.H.E. (The Hardest Ever) merupakan sebuah proyek ambisius milik will.i.am. Meski kemudian tidak masuk ke dalam album #willpower, akan tetapi dengan menampilkan rocker legendaris Mick Jagger serta diva latina, Jennifer Lopez untuk membantunya, single elektro-hiphop ini memang terdengar sangat canggih. Video yang dikerjakan oleh Rich Lee pun tak kalah canggihnya. Dengan konsep ala-ala film aksi fiksi-ilmiah, video musik T.H.E. (The Hardest Ever) memang terlihat mengagumkan. Meski begitu sulit untuk mengindahkan banyaknya product placement yang “mewarnai” video musiknya.

03. Check It Out (Alb. Pink Friday, 2011)

Meski terdapat di album Pink Friday milik Nicki Minaj, namun Check It Out pada awalnya merupakan proyek will.i.am, sehingga tidak mengapa ia bisa masuk dalam daftar ini. Rich Lee mengerjakan videonya. Dan konsep futuristik yang nantinya lekat dengan will.i.am bisa dinikmati disini. Video juga semacam tribut untuk sub-kultur anime, meski para basa yang digunakan, baik verbal ataupun tulisan adalah Korea. Baik will.i.am dan Nicki Minaj menggunakan kostum yang mirip robot, sehingga tata gerak mereka pun cenderung seperti robot. Beberapa efek khusus digunakan, termasuk 3 dimensi, untuk memberi penekanan pada konsep futuristik tadi.

02. #thatPower (Alb. #willpower, 2013)

Video untuk #thatPower dikerjakan oleh Ben Mor, yang juga mengerjakan single Scream and Shout. Berlokasi di Jepang, konsep #thatPower masih mengandalkan suasana furistik yang canggih, termasuk penampilan Justin Bieber secara hologram. Sebenarnya, jika mau menilik, banyak sekali metafora yang dimainkan oleh will.i.am disini seperti konsep mata dan cahaya. Meski begitu, konsep futuristik yang dikonsep dalam video ini tampil dengan cukup mengagumkan, termasuk established shot kota futuristik yang terdapat di bagian akhir. Jangan lewatkan juga koreografi dance-nya yang keren.

01. Scream & Shout (Alb. #willpower, 2013)

Video favorite pilihan pembaca CreativeDisc.com jatuh kepada Scream & Shout yang merupakan single kedua untuk album #willpower. Tidak heran jika video arahan Ben Mor ini menjadi favorit, karena selain menampilkan Britney Spears, videonya memang cukup mengasyikkan untuk disimak dan memorable. Padahal konsepnya sederhanya saja. Video memperlihatkan will.i.am dan Britney Spears yang menyanyikan lagunya. Spears tidak menari disini, namun ia memperlihatkan kemampuan ngerap. Efek-efek seperti multiplikasi gambar, dipilih untuk mempercantik. Make up gata retro yang merias Spears membuat videonya terlihat cantik. Beberapa penari yang enerjik ditambahkan sebagai latar. Video ini juga memiliki versi alternatif yang menampikan barisan rapper, Diddy, Hit-Boy, Lil Wayne, dand Waka Flocka Flame.

(Haris / CreativeDisc Contributor)

Related posts

Leave a Reply