Trending News

Blog Post

Album of The Day: Fantasia – Side Effects Of You
Album of The Day

Album of The Day: Fantasia – Side Effects Of You 

Hidup pasca Idol bagi Fantasia adalah sebuah perjalanan yang tiada tara bernilainya. Popularitasnya hadir dalam taraf global, meskipun tidak secemerlang dua rekan sesama pemenang American Idol, Kelly Clarkson dan Carrie Underwood. Untuk urusan ini, ia lebih sering dibanding-bandingkan dengan Jennifer Hudson yang berada satu musim dengannya, terlebih karena aliran musik R&B yang sama-sama mereka jamah. Uji popularitas secara keseluruhan memang menunjukkan Jen menang, tapi belum tentu untuk konsistensi. Karena Fantasia menunjukkan hal tersebut dalam album keempatnya, “Side Effects Of You“.

Agak sulit memang untuk mempertahankan idealisme ketika berada di bawah naungan label besar. Tapi bukan hal yang mustahil juga. Kalau menjaga kemurnian jati diri untuk seni adalah kekuatan terbesar yang dimiliki oleh sang artis, pastilah label melonggarkan misi komersil mereka demi pertunjukan kekuatan tersebut. Fantasia membuat tim dengan Harmony Samuels, mengemas tiga belas lagu pilihan untuk album ini. Dan kesimpulan singkatnya adalah sebuah kesuksesan untuk kembali mengantarkan yang terbaik dari Fantasia kepada para pendengar. ‘Supernatural Love’ sebagai opening track merupakan sebuah kompleksitas. Di dalamnya tersaji R&B/soul yang solid dengan penambahan Hip-Hop dan gospel yang kawin secara harmonis. Rombak musik a la mix and match juga terjadi beberapa kali, antara soul/R&B dengan genre lain yang menimbulkan kesan eksperimental. ‘Ain’t All Bad’ disentuh dengan reggae, ‘In Deep’ membalada, ‘Get It Right’ berlalut funk, juga ‘End Of Me’ yang tersenggol rock.

Menunjuk ke lagu yang punya potensi untuk stand out, baik dalam pengertian komersil maupun ke-catchy-an, ‘Without Me’ mungkin memilikinya. Embel-embel Kelly Rowland dan Missy Elliott yang memungkinkan hal ini terjadi. Tapi sebenarnya, ketika mendengarkan album ini secara utuh, ada beberapa nomor yang bisa, sangat bisa malah diunggulkan. ‘Change Your Mind’, ‘End Of Me’, dan juga title track ‘Side Effects Of You’. Beat dalam ‘CYM’ memiliki faktor aditif, ‘EOM’ mengandung kekuatan emosional, dan ‘SEOY’ berdaya tarik ekstra dalam dramatisasi ballad-nya. Bahkan ‘Girl Talk’-pun diunggulkan. Tak sekedar interlude, ia menampilkan pergerakan vokal yang fantastis dalam setengah durasi lagu.

It’s not about playing it safe, but it’s about stay true to who you are and be the best at it. “Side Effects Of You” adalah usaha yang effortless, undeniably real, dan anti-wannabe.

Official Website

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. Supernatural Love (featuring Big K.R.I.T.) 3:48
2. Ain’t All Bad 3:57
3. If I Was a Bird 2:47
4. Girl Talk (Interlude) 1:47
5. Without Me (featuring Kelly Rowland & Missy Elliott) 4:30
6. Side Effects of You 3:25
7. Get It Right 3:45
8. So Much to Prove 2:28
9. Change Your Mind 3:27
10. Lighthouse 4:16
11. Lose to Win 4:12
12. End of Me 4:05
13. In Deep 3:33

Related posts

Leave a Reply