Trending News

Blog Post

Album of The Day: Tom Odell – Long Way Down
Album of The Day

Album of The Day: Tom Odell – Long Way Down 

Released by: Sony Music Entertainment Indonesia

Tom Odelle berasal dari Inggris. Itu jelas. Tidak hanya dari aksen-nya yang meski tipis saat bernyanyi, namun tetap terasa mewarnai vokalnya hingga pemilihan musiknya yang terdengar khas Inggris sekali. Tidak heran, karena Odell menyebut nama-nama seperti Blur, Radio Head, Elton John dan banyak lagi, sebagai musisi yang mempengaruhinya. Ini yang menjadikan musik di album debutnya, Long Way Down terdengar so brit-pop. Namun, Odell juga menyebutkan nama-nama seperti Arcade Fire dan Ben Fold, sehingga tidak heran jika folk pun tak luput memeriahkan lagu-lagu yang terdapat dalam album ini.

Satu yang menarik, piano selalu terdengar menemani Odell bernyanyi, sehingga sulit untuk menghindarkan kesan melankolis dari lagu-lagunya, termasuk untuk lagu-lagu bertempo cepat sekali pun. Tentu saja treatment ini akan terasa lebih pas saat ia menyanyikan lagu-lagu balada seperti Sense, dimana ia bernyanyi dengan penuh penghayatan, sementara piano memainkan nada-nada minor yang menghantui.

Dalam Cant Pretend, yang juga menjadi single perdana untuk album Long Way Down, tidak hanya sentimentil, Odell mencoba menimbulkan atmosfir yang gloomy dalam albumnya dengan pengaruh soul dan gospel yang cukup kuat. Ia terdengar seperti versi laki-laki dari Adelle meski tetap hadir dengan tone yang lebih maskulin. Meski begitu, Long Way Down dibuka dengan track berjudul Grow Old Me yang cukup mengesankan, meski Odell terdengar seperti Keane bertemu dengan Starsailor, jika masih ingat band tersebut.

Keane combo Starsailor tadi masih bisa ditemui dalam track kedua, Hold Me, walau terdengar agak mish-mash, mengingat Odell memulai track dengan berteriak penuh semangat namun kemudian berpindah menjadi menghiba-hiba, meski tetap berusaha nge-rock.

Another Love bisa jadi merupakan track terkuat dalam Long Way Down, dimana vokalnya yang lelah terdengar pas dalam menceritakan isi lagunya dan dibungkus dalam aransemen minimalis yang manis. Kehadiran chant seperti “ooo…ooo..ooo”, memang kurang berhasil menciptakan kesan megah, jika itu tujuannnya, akan tetapi upayanya boleh dipuji. Apalagi chorusnya berhasil dibangun dengan cukup hook yang cukup memorable.

Masalah Odell adalah lagu-lagu dalam Long Way Down terdengar kurang orisinil dan terlalu mengimitasi gaya bermusik musisi lain yang lebih mapan. Contoh sempurna adalah dapat ditemui dalam track I Know yang lengkap dengan denting piano yang pasti akan segera mengingatkan akan Coldplay. Tapi Odell yang terdengar merengek-rengek tentu saja tidak bisa dibandingkan dengan Chris Martin yang berkarakter dan dalam. “Kecintaanya” kepada Coldplay berlanjut dalam track Till I Lost yang hadir dengan jauh lebih meledak-ledak.

Bagi beberapa orang, vokal Odell (yang merengek-rengek) memang bisa jadi terdengar mengganggu. Meski harus diakui ia cukup berupaya bernyanyi dengan penuh semangat saat diperlukan, antusias di saat lain dan mendayu di kesempatan yang lain pula. Contohlah dalam track balada yang hadir hanya ditemani oleh piano, Long Way Down, yang juga menjadi judul album. Ia cukup luwes dalam memainkan nada-nada untuk mempertegas emosi yang diperlukan oleh lagunya.

Namun, bagi beberapa orang lain, masalah terletak pada minimnya ciri khas atau karakter asli Dell dalam lagu-lagunya. Bahkan dalam track terakhir, Sirens, ia masih terdengar keras mengadopsi rock-melodius ala Keane tadi, meski ada sedikit sentuhan Arcade Fire di dalamnya.

Lepaskan semua ganjalkan tadi, sebenarnya Long Way Down masih album yang cukup menyenangkan untuk disimak. Setiap track disusun berdasarkan melodi-melodi manis yang pasti akan gampang disukai oleh pendengarnya. Enjoyable. Akan tetapi, rasa-rasanya track-track dalam album ini juga tidak benar-benar standout untuk dapat dikenang lama dalam benak.

Tapi Tom Odell masih sangat muda. Karir pemuda 22 tahun ini masih panjang, asal saja ia segera menemukan karakternya sendiri yang menegaskan posisinya di peta musik dunia yang sudah penuh sesak ini.

Official Website

(Haris / CreativeDisc Contributor)

Beli CD Tom Odell “Long Way Down” Rp. 85.000,- silahkan isi form disini

TRACKLIST
1. “Grow Old with Me” 3:03
2. “Hold Me” 3:08
3. “Another Love” 4:04
4. “I Know” 3:52
5. “Sense” 4:24
6. “Can’t Pretend” 3:37
7. “Till I Lost” 3:37
8. “Supposed to Be” 3:33
9. “Long Way Down” 2:29
10. “Sirens” 3:41

Related posts

Leave a Reply