Trending News

Blog Post

Album of the Day: Ciara – Ciara
Album of The Day

Album of the Day: Ciara – Ciara 

Released by: Sony Music Entertainment Indonesia

Ciara patut khawatir saat Jive Records hendak melepasnya di tahun 2011 lalu. Untungnya, ia masih punya ikatan dengan mentor yang dulu mengantarkannya pada pekerjaan sebagai artis rekaman ini, L.A. Reid yang memangkunya untuk dirangkul bersama Epic Records dan melanjutkan perjalanan karir di industri ini. Baru di pertengahan tahun 2013, album “Ciara” berhasil dirilis, dengan harapan mampu mengangkat kembali nama Ciara persis ke tempat yang ia raih saat album pertama dulu. Maklumlah, itu adalah posisi paling puncak yang ia hasilkan. Lebih dari sekedar perkenalan, era setelahnya, Ciara tak pernah bisa menyentuh sukses serupa lewat album-albumnya.

So what’s wrong? Apakah tim yang menggodok musik untuknya kurang faham akan kebutuhan Ciara? Atau mereka kurang mengerti cara menyajikan CiCi dalam porsi yang tepat sehingga apresiasi masyarakat hadir sesuai harapan? Pasalnya, tak cuma dengan L.A., Ciara juga bereuni kembali bersama Rodney Jerkins dan Jasper Cameron untuk album ini. So far, kita sudah mendengar yang menghadirkan Jasper di dalamnya, yakni single ‘Body Party’. Sedikit mengejutkan, lagu berjudul “pesta” ini hanya mengatasnamakan keriuhan tanpa menghadirkannya secara nyata dalam sound. Seperti Usher dan ‘Climax’, begitu pula Ciara tampil di single ini: menyodorkan smooth & sexy R&B. Di satu sisi, tak ada fire dalam lagu ini untuk membakar telinga penonton. Tapi di sisi lain, ia menghembuskan nada-nada sensual untuk memanjakan telinga.

The fire justru muncul dalam single keduanya, ‘I’m Out’ dimana Ciara dibantu oleh Nicki Minaj. Lagu ini bertuliskan “Nicki Minaj” menyelimutinya. Dominasi sang rapper terjadi karena ia punya kualitas tersendiri yang sangat kuat, memaksa kesederhanaan vokal CiCi mundur sebagai menu tambahan. Ironisnya, ini terjadi dua kali, saat Nicki juga tampil untuk lagu lain, ‘Livin’ It Up’. Despite the ear catchy music, 30 seconds bridge served by Nicki is the 2nd factor that’s living the track. Tapi penguasaan durasi oleh Ciara justru lebih masuk akal untuk diunjuk sebagai single, ketimbang ‘I’m Out’. And I wonder why in the hell Ciara’s vocal sounds a lot like Jennifer Lopez on this one. You better check the one with Future, lagu berjudul ‘Where You Go’ yang punya kadar enak dan menghentak dalam porsi tepat.

Jadi dimana Rodney Jerkins terletak? Ia hadir dalam lagu ‘Read My Lips’. Sebuah track dengan pergerakan beat yang santai namun menggertak, merambat namun memacu. Tapi saya tidak mau memastikan bahwa ini adalah sajian terbaik dalam album, karena ia tak lebih dari sekedar sebuah track dalam album. Tidak begitu memiliki kelebihan tersendiri untuk menonjol. ‘Overdose’ lebih pantas dan layak. Lagu dancey ini nikmat dalam beat, ceria dalam hook, dan juga menggabungkan R&B dalam irama dance yang bisa membuahkan pengalaman dengar yang mengesankan.

‘Body Party Remix’ menutup album dengan bantuan Future dan B.o.B. yang membuat saya tergelitik dengan pemikiran bahwa Ciara butuh banyak bantuan dari artis-artis yang muncul setelah dirinya untuk meng-input lebih banyak antusiasme ke dalam album ini. Forgive me if I’m wrong, tapi ini sangat terkesan demikian.

Official Website

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. I’m Out (feat. Nicki Minaj) 3:59
2. Sophomore 3:09
3. Body Party 3:58
4. Keep On Lookin’ 3:17
5. Read My Lips 4:08
6. Where You Go (feat. Future) 3:44
7. Super Turnt Up 4:28
8. DUI 4:35
9. Livin’ It Up (feat. Nicki Minaj) 3:46
10. Overdose 3:44
11. Body Party (Remix) (feat. Future and B.o.B.) 3:57

Related posts

Leave a Reply