Trending News

Blog Post

Album of the Day: India.Arie – Songversation
Album of The Day

Album of the Day: India.Arie – Songversation 

Released by: Universal Music Indonesia
Tidak seluruh kenikmatan datang dari popularitas. Mereka juga bisa hadir dalam format yang enggak ngambang dalam urusan ketenaran. India.Arie dan “SongVersation” merupakan contohnya. Tahun ini, dance yang masih berkuasa menunjukkan wujudnya dalam format R&B, Hip-Hop, pop, juga rock. Dan jangan harap bahwa dance memunculkan dirinya di album India ini. Karena kuatnya corak musiknya membentengi diri dari kontaminasi trend sehingga kembali berbuat dalam jalur yang ia tetapkan sebagai jalur India sedari awal dulu.

‘Soulbird Intro’ menjadi pengantar. Kedamaian yang dibawa oleh soulbird ini hadir di beberapa sesi, ‘Soulbird Interlude: Trombone’ dan ‘Soulbird Outro: Clarinet’, dengan sajian utamanya ‘Soulbird Rise’, menandakan kematangan ide yang diciptakan. ‘Just Do You’ sedikit mengandung unsur komersil, berpotensi menjadi sebuah radio song. Dan meskipun lagu didominasi oleh pengerjaan India bersama Shannon Sanders, tidak seluruhnya hasil karya mereka terdengar identik. Dari ‘Just Do You’ yang cukup enerjik kepada ‘Flowers’ yang begitu eksotis dan ritmik. Dari ‘Coca Butter’ yang smooth R&B kepada ‘Brothers’ Keeper’ yang ber-beat dengan sedikit semangat swag. Di atas itu semua, kekuatan lirik adalah penawaran yang enggak ditemui di setiap kesempatan. Jempol untuk itu.

Dinamika pun kembali terjadi saat India berkolaborasi dengan nama lain. Rasakan emosional yang membuat dalam ‘Moved By You’ (karya India dan Michael Ruff) dan sensasi akustik dalam ‘Break The Shell’ (karya India bersama David Ryan Harris)-dimana India memberi sedikit vocal run di chorus terakhirnya. Penggalian ide dalam “SongVersation” juga melibatkan musisi Turki dalam menciptakan gaya tradisional yang kerap menjadi sasaran utama eksperimental India. Kekayaannya yang juga merupakan kekuatan terletak pada lirik. Makna dapat digali dari sini tanpa harus kesusahan. Jualan lainnya adalah vokal yang sincere membuat feel dari setiap lagu gampang didapati.

Mau mendapat pengalaman terbaik “SongVersation”? Rekomendasi terbaik kami terletak pada: ‘Flowers’, ‘Moved By You’, ‘Soulbird Rise’, dan ‘Thy Will Be Done’. Kesemuanya memberi rasa yang berbeda. The only critic here is the lyric in ‘I Am Light’ seperti pengulangan ‘I Am Not My Hair’. Atau, apakah ini sebuah kesengajaan?

Official website

(Ai Hasibuan dan Hasrul F Adliansyah @coccomerro)

TRACKLIST
1. Soulbird Intro 0:35
2. Just Do You 3:12
3. This Love 3:52
4. Nothing That I Love More 2:52
5. Flowers 3:52
6. Cocoa Butter 3:54
7. Soulbird Interlude: Trombone 0:36
8. Moved By You 4:48
9. Life I Know 3:22
10. Break The Shell 4:09
11. Soulbird Rise 4:10
12. Thy Will Be Done (feat. Gramps Morgan) 4:32
13. Brothers’ Keeper 3:40
14. One 5:25
15. Soulbird Outro: Clarinet 0:35
16. I Am Light 3:52

Related posts

Leave a Reply