Trending News

Blog Post

Album of the Day: Rod Stewart – Time
Album of The Day

Album of the Day: Rod Stewart – Time 

Released by: Universal Music Indonesia

Damn! Lagi, Rod Stewart muncul dengan sebuah album. Seolah tak ada tahun yang dilewatkan tanpa merilis album, produktivitas Rod hadir dalam level teratas. Tahun ini, ia merilis “Time” yang adalah album dengan lagu-lagu orisinil pertamanya dalam kurun waktu yang cukup lama. Ia berkutat dengan lagu-lagu cover yang kerap merasuk pada beragam genre, sehingga sejenak menghapus jejak Rock&Roll yang nyata terjiplak dalam warna vokal yang otentik dengan tekstur kasar.

Rod kembali dibantu oleh produser Kevin Savigar untuk menghidupkan “Time”. Kevin adalah nama yang tepat, karena ia sudah faham betul kebutuhan Rod dan bagaimana memaksimalkan potensi sang artis. Maklum, keduanya telah menjaga kerjasama mereka sejak tahun 70-an. ‘She Makes Me Happy’ menularkan happy-nya dalam melodi yang ceria dan tempo yang cepat. Lagu ini mengingatkan pada konsepsi musik Mumford & Sons yang menggerak dan menceriakan. ‘Can’t Stop Me Now’ seolah meneruskan tongkat estafet pembentukan enerji dalam sesi awal album ini.

Vokal yang otentik oleh Rod bukan hanya apply pada lagu-lagu yang menghentak. Karena ia punya soul, yang seolah menghembuskan nyawa dan menghidupkan lirik-lirik dalam melodi yang lirih. ‘It’s Over’ contohnya. Lagu ini memanjakan pendengar dalam musik yang ramah sekaligus memberi sedikit perasa pada emosi yang dikandungnya. Tapi rekomendasi terbaik hadir dalam ‘Brighton Beach’. Lagu ini punya banyak definisi. Kompleksitas yang hadir dalam sebuah lagu cukup untuk menyebutkan bahwa ini adalah lagu terbaik dalam “Time”. Ini boleh menjadi lagu romantis, ini boleh menjadi lagu galau, ini boleh menjadi lagu nina bobo, ini pun boleh menjadi lagu penyemangat bagi jiwa yang tenang. ‘Brighton Beach’ merasuk dari telinga ke hati. Durasinya yang nyaris empat setengah menit memanjakan pendengar sehingga memberikan waktu yang pas untuk memuaskan kebutuhan yang ada.

Keberhasilam “Time” merajai album chart di UK adalah fakta yang membuktikan bahwa album ini punya rasa yang pantas dan layak. Lihat, setelahnya Rod mendapatkan rekor jarak terpanjang antara dua chart-topping album oleh seorang artis. Yes, it means people still believe in his music like it used to. Kekayaan instrumen yang dikandung album ini membuat lagu demi lagu punya daya masing-masing untuk stand out. Terompet dalam ‘Beautiful Morning’, harmonika dalam ‘Live the Life’, gitar elektrik dalam ‘Finest Women’, juga piano dalam ‘Picture In a Frame’ adalah standar stand out yang terjadi. Mereka menghidupkan suasana dalam andil yang tidak mendominasi.

Tapi mengapa ‘Time’ yang kemudian digunakan sebagai tajuk album? Sesuatu dalam lirik menceritakan satu hal yang mutlak: “time waits for no one”, sesuatu dalam musik menceritakan hal lain. The soul, the rock and roll, mengantarkan pendengar kembali ke kenikmatan yang sedari dulu ditunggu, saat Rod sibuk melakukan eksperimen musik dengan sesuatu yang klasikal dan kolosal. Waktu memang tidak menunggu siapapun, tapi waktu juga yang telah mengantarkan Rod kembali pada sesuatu yang kita kenal dengan baik, kita cerna dengan seksama, dan kita suka dan tak akan kita lupa.

Official Website

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “She Makes Me Happy” Rod Stewart, Chuck Kentis, Don Kirkpatrick, Conrad Korsch, David Palmer and Paul Warren 3:44
2. “Can’t Stop Me Now” Rod Stewart and Kevin Savigar 4:26
3. “It’s Over” Rod Stewart, Kevin Savigar and John 5 4:19
4. “Brighton Beach” Rod Stewart and Jim Cregan 4:25
5. “Beautiful Morning” Rod Stewart and Kevin Savigar 3:58
6. “Live the Life” Rod Stewart, Chuck Kentis, Don Kirkpatrick and Jessica Rousseau 4:26
7. “Finest Woman” Rod Stewart, Kevin Savigar and Emerson Swinford 3:54
8. “Time” Rod Stewart, Kevin Savigar and Emerson Swinford 4:26
9. “Picture in a Frame” Tom Waits and Kathleen Brennan 2:53
10. “Sexual Religion” Rod Stewart and Kevin Savigar 4:45
11. “Make Love to Me Tonight” Rod Stewart, Chuck Kentis, Don Kirkpatrick, Conrad Korsch, David Palmer and Paul Warren 3:44
12. “Pure Love” Rod Stewart and Kevin Savigar 5:10

Related posts

Leave a Reply