Trending News

Blog Post

Album of The Day: Selena Gomez – Stars Dance
Album of The Day

Album of The Day: Selena Gomez – Stars Dance 

Released by: Universal Music Indonesia

Selena Gomez yang baru saja tampil seru dalam film Spring Breakers ternyata tak melupakan dunia musik. Ia tengah mengerjakan album terbarunya. Hanya saja kali ini ia tampil solo tanpa kehadiran The Scene yang selama ini menemaninya. Pengalaman tampil “menantang” di film tersebut membuat perubahan yang cukup mencolok buat Selena. So, Let’s welcome the sexier and more fabulous version Selena Gomez in Stars Dance.

Single perdananya berjudul Come & Get It. Ditulis oleh Ester Dean, Mikkel S. Eriksen dan Tor E. Hermansen, dan Stargate hadir sebagai produser, yang awalnya membuat lagu ini untuk Rihanna. Berangkat dari nama-nama ini, jelaslah jika Selena Gomez tampaknya mengejar sesuatu yang catchy dan pop-ish. Dengan memasukkan elemen Bollywood (including tabla), single elektro-pop campur dubstep ini memang terdengar sedikit berbeda dan fierce. Sayang autotunes tampaknya dipercayai Gomez untuk “mempercantik” vokalnya. Meski begitu, ini adalah lagu yang sangat candu. Setelah dengar sekali, akan susah rasanya untuk tidak mendengar kembali.

Harus diakui jika Selena memiliki sense of pop yang besar. Materi yang terdapat dalam Stars Dance menangkap hal tersebut. Setiap lagu yang terdapat di dalamnya menunjukkan pengetahuan Selena yang luas dalam skena pop yang kemudian diimplementasikan dalam lagu-lagu pop yang super catchy dan sangat renyah untuk disantap.

Menyusul Come & Get It, Selena menghadirkan Slow Down, another catchy pop that hard to resist. Ada nama The Cataracs yang berada di belakang Slow Down, sehingga tidak mengherankan alih-alih melambat, Selena bergerak cepat dalam lagu dance yang sangat up-tempo yang dibumbui dubstep ini. Melodius dan easy listening. Pop at it’s core.

Seharusnya ini bukan hal yang aneh, karena Selena membuka Stars Dance dengan Birthday yang sangat mengentak dan mengundang. Beat-beat elektro-pop berbalut dubstep ringan terdengar sempurna saat chorus menghadirkan hook yang kuat. Sekali dengar, kita bisa langsung suka dengan track ini. Begitu juga dengan Stars Dance, yang menjadi judul album. Dubstep kini hadir dengan lebih penuh namun tidak kehilangan sentuhan pop yang ingin ditunjukkan oleh Selena.

Stars Dance punya banyak nomor paten lain. Simak Forget Forever yang memadukan antara EDM, house dan pop. Lagi-lagi Selena menawarkan chorus yang memikat tanpa terlupa aransemen dance yang juga tak kalah mencuri perhatian. Write You Name mendapatkan treatment yang sedikit mirip, akan tetapi kini ia terdengar lebih urban dan chilling. Sophisticated in her adult-contemporary style.

Selena juga dapat tampil penuh emosi dalam track yang diproduseri oleh Rock Mafia dan Dubkiller, Love Will Remember, meski tetap elektro-pop hadir menemani, walau diarsir dalam tempo sedang yang menggugah.

Luasnya pengetahuan musik pop Selena memang membuat album Stars Dance ini terdengar kaya dan variatif. Akan tetapi ini hadir bukan tanpa aspek negatif pula, karena mau tidak mau di beberapa lagu ia terdengar begitu imitatif dan kehilangan jati diri atau impersonal jika mengutip banyak kritisi.

Sebut saja Like A Champion, sebuah Reggaeton yang meski seru, namun membuat ia terdengar seperti copycat Rihanna atau pun Cover Drive. Dalam B.E.A.T, ia terdengar seperti Dev, lengkap dengan singtalk-nya. Dalam Undercover ia terdengar seperti perpaduan antara Dev, Rihanna dan Britney Spears.

Speaking of Britney, Selena pernah menyebutkan jika album terbarunya ini akan terdengar seperti Britney Spears meet with Skrillex dan rasa-rasanya ia bisa menetapi janjinya tersebut. Stars Dance terdengar seperti sebuah album yang akan dapat dikonsep oleh seorang Britney Spears namun diimbuhi oleh gimmick-gimmick dubstep yang kental. Bukan berarti jelek, karena jika tujuan Selena ingin menghasilkan sebuah album pop yang murni bertujuan untuk menghibur pendengarnya tanpa pretensi estetika bermusik yang rumit, maka ia berhasil untuk itu.

Generaly speaking, Stars Dance masih terdengar seperti album Selena Gomez sebelumnya. Lagu-lagu yang berasal dari ranah pop dan dikemas ringan serta easy listening. Akan tetapi kita bisa merasakan jika Stars Dance juga merupakan pergerakan Selena menuju transisi sebuah kedewasaan. Ia mulai berani mengeksplorasi sensualitas dirinya, tanpa harus terdengar atau terlihat vulgar.

Di antara barisan bintang muda lainnya, terutama sesama alumni Disney, Selena Gomez mungkin bukan yang terkuat secara vokal. Akan tetapi berbicara tentang konsep yang matang serta komposisi pop yang memikat, meski berusia muda, jelas ia menunjukkan kelas tersendiri. Dan mendengarkan Stars Dance kita bisa merasakan sentuhan tangan dingin Selena Gomez tadi. Tidak mengherankan jika Stars Dance menorehkan prestasi sebagai album Selena Gomez pertama yang bertengger di posisi puncak Billboard 200, dan juga 28 negara lainnya. Sangat layak!

Official Website

(Haris / CreativeDisc Contributor)

Beli CD Selena Gomez “Stars Dance” Rp. 85.000,- silahkan isi form disini

TRACKLIST
1. “Birthday” 3:20
2. “Slow Down” 3:30
3. “Stars Dance” 3:37
4. “Like a Champion” 2:55
5. “Come & Get It” 3:51
6. “Forget Forever” 4:11
7. “Save the Day” 3:52
8. “B.E.A.T.” 3:04
9. “Write Your Name” 3:16
10. “Undercover” 3:53
11. “Love Will Remember” 3:30

Bonus Tracks:
Nobody Does It Like You
Music Feels Better

Exclusive Tracks:
Lover In Me
I Like It That Way

Related posts

Leave a Reply