Trending News

Blog Post

Album of the Month: Robin Thicke – Blurred Lines
Album of The Day

Album of the Month: Robin Thicke – Blurred Lines 

Released by: Universal Music Indonesia

Robin Thicke pun tak mau kalah dalam kembali ke skena musik dunia. Maka hadirlah abum keenamnya ini, Blurred Lines. Thicke menyebutkan jika kali ini ia akan tampil dengan lebih light dan pop-ish. Thicke hanya ingin bersenang-senang saja. Namun, apakah lantas ia kehilangan ciri khasnya? Tidak juga.

Mendengarkan Blurred Lines itu bisa disimpulkan dalam single andalan untuk album ini, Blurred Lines, sekaligus pembuka album. Rapper T.I membantu dalam sektor rap sementara Pharrel dan The Neptunes-nya mengerjakan aransemen yang hip dan groovy. Mereka kompak membrikan kita memberikan lagu soul RnB yang asyik, cool dan hip namun tidak terdengar pasaran atau cheesy.

Nah, sensasi tersebutlah yang bisa dirasakan saat mendengarkan Blurred Lines secara keseluruhan. Bermateri 10 lagu, Blurred Lines akan menampilkan Robin Thicke dalam formasi yang sangat ringan dan menghibur. Tidak ada materi-materi yang mengejar aransemen kompleks atau estetika musik yang memerlukan apresiasi khusus.

Dengar saja track-track seperti Take It Easy on Me atau Give It 2 U dimana Thicke membiarkan dirinya sebagai penampil nomor pop yang catchy dan mengeksplorasi elektro-pop berbalut dansa seperti yang tengah nge-trend saat ini. Di beberapa bagian kita seolah tak mengenal Thicke di sini. Bahkan Take It Easy on Me bisa saja menjadi salah satu lagu yang dinyanyikan oleh artis K-Pop misalnya. Sementara itu Feel Good ia menghadirkan sebuah nomor house yang sedikit terpengaruh oleh UK-Garage yang dipadu-padankan dengan RnB dan soul.

Namun, secara umum Thicke menghadirkan Blurred Lines dalam balutan lagu-lagu soul dengan nuansa retro yang groovy ala dekade 80-an. Berturut-turut kita mendengarkan gaya tersebut dalam get in My Way yang terdengar seksi, atau Ain’t No Hat 4 That yang mengajak kita ke lantai dansa tahun 80-an dan sedikit mengingatkan akan lagu-lagunya Michael Jackson di era tersebut. Sensasi yang sama dapat ditemui dalam Get in My Way yang mengelorakan semangat funk dalam disc-soulnya.

Setelahnya album diisi oleh track seperti Top of the World, sebuah lagu mid-tempo yang mengizinkan Thicke bernyanyi dengan lebih santai. Dan Thicke tentunya menyisakan nomor-nomor balada yang mengizinkan dia untuk mengeksplorasi kekuatan vokalnya seperti 4 the Rest of My Life dan nomor penutup yang sangat soulful, The Good Life, yang bisa jadi merupakan track terbaik untuk album ini.

Secara umum, Blurred Lines memang tidak istimewa. Lirik-lirik vulgar yang terkadang hadir bukanlah menjadi masalah. Hanya saja, Blurred Lines terdengar jenerik ketimbang orisinil. Untunglah ini Robin Thicke yang kita bicarakan. He’s one of talented artist.

Dengan materi tipis yang mengisi Blurred Lines, ia masih mampu menghadirkan kedalaman tersendiri, melalui teknik bernyanyi yang berkelas dan tentunya vokalnya yang khas. Meski Blurred Lines bukanlah yang terbaik dari seorang Robin Thicke akan tetapi ia masih sangat layak untuk disimak.

Official Website

(Haris / CreativeDisc Contributor)

Beli CD Robin Thicke “Blurred Lines” Rp. 85.000,- silahkan isi form disini

TRACKLIST
1. “Blurred Lines” (featuring T.I. and Pharrell) 4:23
2. “Take It Easy on Me” 3:47
3. “Ooo La La” 4:38
4. “Ain’t No Hat 4 That” 3:20
5. “Get in My Way” 3:11
6. “Give It 2 U” (featuring Kendrick Lamar) 3:49
7. “Feel Good” 3:28
8. “4 the Rest of My Life” 4:56
9. “Top of the World” 3:22
10. “The Good Life” 3:13

Related posts

Leave a Reply