Trending News

Blog Post

Album of the Day: AlunaGeorge – Body Music
Album of The Day

Album of the Day: AlunaGeorge – Body Music 

Released by: Universal Music Indonesia

AlunaGeorge merupakan komoditas Inggris paling panas saat ini dan terdiri atas duo Aluna Francis dan George Reid. Terbentuk di tahun 2009, duo ini kemudian dengan aktif memperkenalkan namanya dengan merilis single, EP hingga menjadi musisi tamu untuk artis lain, seperti White Noise milik Disclosure. Tentunya semua itu berakhir dengan dirilisnya album debut mereka, Body Music.

AlunaGeorge mengusung elektropop. Sebuah subgenre yang akhir-akhir ini tengah ramai diminati, tidak hanya di kalangan artis pop mainstream namun juga banyak musisi independen. AlunaGeorge pun bukan satu-satunya band elektropop debutan untuk tahun ini karena banyak tercatat nama-nama seperti Capital Cities, Chvrches atau Still Corners di antara banyak nama gress lainnya.

Lantas, apa yang membedakan AlunaGeorge dibandingkan nama-nama tersebut? Ternyata duo ini tidak susah-susah mencari inpirasi karena adonan elektro-pop mereka dibalur dengan sensai RnB era 90-an yang bisa dikatakan agak berbeda dengan banyak yang beredar akhir-akhir ini. Duo ini pernah menyebutkan nama The Neptunes, Timbaland, Destiny’s Child, Mariah Carey hingga Aaliyah di antara nama-nama yang memberi pengaruh pada musik mereka.

Ini juga sebenarnya juga bukan hal yang aneh karena Chvrches pernah menyebut Fugazi dan The Cure sebagai musisi yang memberi pengaruh pada musik mereka. Istimewanya AlunaGeorge adalah betapa pengaruh RnB (juga soul) tersebut diplintir menjadi sesuatu yang baru dan cukup inventif.

Ada 14 track yang terdapat dalam Body Music. Cukup kaya. Namun, banyaknya materi kadang berbanding lurus dengan monotonitas, apalagi jika lagu-lagu yang ditawarkan tidak menjanjikan dinamisasi dalam ritmenya.

Secara umum lagu-lagu yang ditawarkan oleh Body Music memang setipe. Bertempo sedang, terdengar urban dan loungy. Beberapa track terdengar mapan dengan aransemen yang sedikit kompleks, sebut saja seperti dalam You Know You Like It yang terdengar seperti The Knife jika menyanyikan sesuatu yang lebih nge-pop.

Track yang menjadi judul album, Body Music, hadir dengan sentuhan synth-pop yang kental serta bebunyian yang sedikit eksperimental, namun terdengar intim dan sensual. Sementara dalam Kaleidoscope Love hadir dalam synth-pop yang lebih old-skool.

Body Music tentunya banyak menghadirkan lagu-lagu yang sangat dipengaruhi oleh RnB/Soul tadi. Maka simak saja Outlines yang sukses karena vokal Aluna Francis yang tidak terlalu powerful sebenarnya, bahkan cenderung bermalas-malasan, akan tetapi ternyata cukup tepat dalam meniupkan semangat soul dalam nyanyiannya.

Elektro-soul juga menjadi andalan utama di track Your Drums, Your Love, lengkap dengan drum-loop yang menghantui. Sementara itu, You Know You Like It mungkin perwujudan sempurna dari elektro-RnB yang diusung oleh AlunaGeorge, dimana RnB terdengar begitu kental akan tetapi disaat lain kita sadar jika ini bukanlah RnB, melainkan sesuatu yang pop yang berbalur RnB. Contoh sempurna lain dapat ditemui di antaranya dalam Bad Idea atau Driver.

Namun, sebagai highlight untuk lagu sejenis, bisa disebut Friends to Lovers. Tidak hanya nuansa soul yang hadir dengan lebih penuh, bahkan Aluna Francis bernyanyi dengan lebih konvensional dibandingkan biasanya, lengkap dengan cengkok-cengkok pada vokal untuk menunjukkan dinamika.

Meski begitu, Body Music masih menawarkan beberapa lagu yang hadir dengan kadar pop yang lebih tebal, bahkan cenderung mengadopsi semangat bubble-gum pop. Attracting Flies mungkin bisa menjadi contohnya. Beat dance yang manis berpadu dengan hook yang kuat pada chorus dan berjalan berdasarkan melodi catchy yang sangat mudah untuk diingat.

Sementara itu, Just A Touch mungkin merupakan versi progressive house ala AlunaGeorge, dimana beat yang berderap dihadirkan dengan lebih tenang dan tidak mencuri perhatian ketimbang vokal. Best of Believing atau Superstar juga track-track “pop” mereka yang menarik.

Body Music merupakan debut yang menarik, sekaligus dengan tegas memberi pernyataan musik AlunaGeorge. Sensual dan kaya warna, meski mungkin memang terdengar agak monoton. Tapi itu mungkin karena jangkauan vokal Aluna Francis yang tidak terlalu lebar.

AlunaGeorge jelas terdengar berbeda dari banyak band sejenis. Pangsa pasar yang mereka targetkan dalam Body Music mungkin tersegmentasi, akan tetapi album ini pastinya menawarkan sesuatu yang segar untuk disimak.

Official Website

(Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “Outlines” 3:47
2. “You Know You Like It” 3:23
3. “Attracting Flies” 3:09
4. “Your Drums, Your Love” 3:39
5. “Kaleidoscope Love” 3:53
6. “Bad Idea” 3:16
7. “Diver” 3:17
8. “Lost and Found” 4:13
9. “Best Be Believing” 3:45
10. “Superstar” 3:21
11. “Just a Touch” 3:13
12. “Body Music” 4:02
13. “Friends to Lovers” 4:37
14. “This Is How We Do It” 2:47
15. “We Are Chosen” 3:30
16. “Indestructible” 3:16
17. “Watching Over You” 3:25
18. “Put Up Your Hands” 4:22
19. “B Ur Boo” 3:02

Related posts

Leave a Reply