Trending News

Blog Post

Album of the Day: Avicii – True
Album of The Day

Album of the Day: Avicii – True 

Released by: Universal Music Indonesia

Tim Bergling atau yang lebih populer dengan Avicii saat ini merupakan salah satu pendatang baru dalam skena progressive house sekaligus merupakann komoditas panas. Padahal, beberapa tahun lalu mungkin hanya sedikit yang mengenal dirinya. Namun, sekarang ia mungkin salah satu nama yang cukup diperhitungkan, yang terbukti dengan sambutan meriah untuk album debutnya , True.

Pria asal Swedia berusia 24 tahun ini memang pelan-pelan mulai mengukuhkan namanya dengan memberikan berbagai single catchy yang seru. Pop masih menjadi balutan utama untuk single-single seperti Levels, Silhouettes, I Could Be the One atau kolaborasinya dengan David Guetta, Sunshine, yang mengganjar mereka dengan sebuah nominasi Grammy.

Surprise, surprise! Dengan Wake Me Up!,yang merupakan single debutnya untuk True, Avicii bring us something delightful. Kejutan karena alih-alih pop, ia menghadirkan folk. Memang agak terdengar seperti, Mumfo….ah, sudahlah, you know who. Akan tetapi dengan memadukan progressive-house yang menjadi ciri khas Avicii ke dalamnya, membuat Wake Me Up! terdengar “berbeda”. Belum lagi vokal Aloe Blacc sebagai bintang tamu, yang biasanya menanyikan lagu-lagu bercorak soul, ternyata memberi kedalaman tersendiri pada gaya folk lagunya. Definitely an awesome effort.

Wake Me Up! tidak sendirian, karena True diisi oleh banyak lagu yang mengadopsi subgerne yang awalnya mungkin akan dianggap bertabrakan dengan house.. Sebut saja Hey Brother yang diisi oleh vokal dari Dan Tyminski. Bahkan pada awal lagu, unsur house sama sekali absen, karena folk yang organis hadir dengan sempurna, sampai chorus masuk dan beat ala Avicii pun perlahan menyeruak dan pada akhirnya berdegup dengan kencang.

Lantas ada nomor soulful yang menekankan pada kekuatan vokal yang berkelok-kelok pada track yang penuh emosi juga intens Addicted to You. Kita masih bisa merasakan sentuhan folk di lagu ini, namun vokal Audra Mae dengan pas menghembuskan soul yang subtil ke dalamnya.

Sementara itu, kehadiran Nile Rodgers di track Shameon Me dan Lay Me Down memberi imbuhan funk yang cukup dominan, meski rock juga hadir membalut, terutama di track Lay Me Down yang menampilkan vokal powerful dari Adam Lambert.

Nomor eklektik lain dapat ditemui dalam track Hope There’s Someone dan Dear Boy (yang sepertinya ditulis dengan Lana Del Rey berada di benak Avicii). Secara konsep, lagu-lagu ini memang sebuah progressive house yang mutlak, akan tetapi kekuatan justru terletak pada vokal yang mengawang dan moody sehingga jelas lagu mengedepankan atmosfir ketimbang degup dance biasa.

Bukan berarti True tidak memiliki house yang lebih tradisional. Tentu ada. Avicii masih menyediakan hentakan house tersebut pada setiap lagu, akan etapi terdengar istimewa karena pilihan sub-genre yang dibalur Avicii membuat album ini terdengar sedikit eklektik ketimbang album sejenis.

Yang pasti, dengan mengusung judul seperti True, tampaknya menjadi sebuah pernyataan politis Avicii tentang musiknya. Ia bukan DJ biasa yang mengejar sensasi buble-gum pop yang seru namun kemudian menghilang tanpa bekas. Dan rasa-rasa-nya True cukup sukses dalam menjalan tugasnya. Ia tidak hanya menghibur, namun juga memberi sebuah penanda akan gaya bermusik Avicii kepada kita, para pendengar musik.

Official Website

(Haris / CreativeDisc Contributor)

Rate the Album:
[ratings]

TRACKLIST
1. “Wake Me Up” (feat. Aloe Blacc) 4:09
2. “You Make Me” (feat. Salem Al Fakir) 3:53
3. “Hey Brother” (feat. Dan Tyminski) 4:14
4. “Addicted to You” (feat. Mac Davis & Audra Mae) 2:28
5. “Dear Boy” 7:59
6. “Liar Liar” (feat. Blondfire) 3:58
7. “Shame on Me” 4:13
8. “Lay Me Down” (feat. Adam Lambert) 5:00
9. “Hope There’s Someone” (feat. Linnea Henriksson) 6:21
10. “Heart Upon My Sleeve” (feat. Dan Reynolds of Imagine Dragons) 4:40

Related posts

Leave a Reply