fbpx

Trending News

Blog Post

Album of the Day: French Montana – Excuse My French
Album of The Day

Album of the Day: French Montana – Excuse My French 

Released by: Universal Music Indonesia

Kita tau bahwa Pitbull, Flo Rida, dan Nicki Minaj memimpin ajang komersil dalam genre musik arahan rap. Tapi ternyata mereka yang masih berpengang teguh pada konsep hip-hop seperti Kanye West dan Jay-Z juga masih bisa unggul dari segi penjualan. Itu yang membuat nama-nama baru seperti French Montana ini memiliki tekad untuk tak dulu mengejar angka, tapi melakukan pendekatan aktualisasi diri. Album “Excuse My French” tergambar sebagai salam sopan yang mengawali perkenalan penikmat musik kepada rapper bernama asli bernama Karim Kharbouch.

As a new name in this business, French Montana lumayan menjanjikan. Selain nge-rap, ia juga seorang enterpreneur. Sejak awal 2000-an, ia mendirikan label rekaman sendiri yang kemudian bergabung dalam keluarga label yang lebih besar, Interscope. Apa artinya ini? It mean he has a say on his music. Tidak sepenuhnya disetir oleh label, jati diri French bisa dipancarkan lewat musiknya. ‘Pop That’, ‘Freaks’, dan ‘Ain’t Worried About Nothin” yang sudah dirilis sebagai single dari album ini adalah penggambaran yang sangat berarti. Ketiganya memberi corak dan cara pandang bagi siapa saja yang hendak icip-icip musik French. Dan sejauh telinga mendengar, mereka terdengar oke.

Seoke apapun itu, French belum seutuhnya hadir sebagai sesosok nama yang tangguh. Untuk itu, ia butuh beberapa nama untuk bertopang, dengan harapan mereka bisa mengundang pendengar dan perhatian dapat tertuju pada album ini. Ya selain Drake, Nicki Minaj, Lil Wayne, dan juga Rick Ross yang sudah mampir di antara ketiga single yang dirilis dari album ini, masih ada Snoop Dogg yang ikut memeriahkan ‘F*ck What Happens Tonight’, Ne -Yo yang tampil dalam ‘We Go Where Ever We Want’, dan juga Diddy dalam ‘Ballin’ Out’. Tentu, pesona mereka memberi kilauan dalam album ini. Pengaruh yang hadir dalam musik bisa berefek pada antusiasme pendengar untuk melirik bagaimana hasil kolaborasi tersebut terdengar.

Selagi berusaha untuk menempatkan diri di blantika musik, French tak hanya butuh nama sebagai penampil tamu dalam albumnya, tapi ia juga butuh nada familiar sebagai sample yang dapat digunakan sebagai pemicu di beberapa lagu tertentu. ‘Once In A While’ contohnya, lagu ini mengandung sample ‘Barry Bonds’ milik Kanye West dan Lil Wayne, begitu juga ‘Pop That’ yang mengambil sample ‘I Wanna Rock-Doo Doo Brown’ dari Uncle Luke. Nama-nama yang nyangkut tersebut memiliki daya tarik tersendiri dan rasa penasaran terhadap infus yang dilakukan.

Sejauh ini, “Excuse My French” mendapat respon lumayan dari publik Amerika. Saat album ini dihadirkan, angka penjualannya cukup kuat untuk menempatkannya di kedudukan Top 4 album chart disana. Bukan sebuah proyeksi yang tepat sih untuk melihat peluang yang bisa didapatkan oleh French di Indonesia dengan albumnya ini. Tapi paling tidak jika radio tanah air memberikan kesempatan untuk ‘Pop That’ atau ‘Freaks’ membahana di tempat mereka, saya yakin kebanyakan pendengar akan mulai mencari tau dan mengoleksi musik dari sang rapper.

Official Website

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. Once in a While (featuring Max B) 4:47
2. Trap House (featuring Birdman & Rick Ross) 4:24
3. Ain’t Worried About Nothin’ 3:32
4. Paranoid (featuring Young Cash) 4:27
5. When I Want 3:38
6. Fuck What Happens Tonight (featuring DJ Khaled, Mavado, Ace Hood, Snoop Dogg & Scarface) 5:27
7. Gifted (featuring The Weeknd) 4:08
8. Ballin’ Out (featuring Jeremih & Diddy) 4:25
9. I Told Em 4:22
10. Pop That (featuring Drake, Rick Ross & Lil Wayne) 5:03
11. Freaks (featuring Nicki Minaj) 3:02
12. We Go Where Ever We Want (featuring Ne-Yo & Raekwon) 4:17
13. Bust It Open 3:27

Related posts

Leave a Reply