Trending News

Blog Post

Album of the Day: John Mayer – Paradise Valley
Album of The Day

Album of the Day: John Mayer – Paradise Valley 

Released by: Sony Music Entertainment Indonesia

Baru saja di tahun lalu kita menikmati Born and Raised, kini John Mayer hadir kembali dalam album keenamnya yang bertajuk Paradise Valley. Apakah Mayer tengah dipenuhi oleh kreatifitas sehingga sangat rajin memproduksi album atau Paradise Valley merupakan “sekuel” dari Born and Raised?

Secara tone, Paradise Valley memang setipe dengan Born and Raised, akan tetapi jika dicermati lebih baik lagi, kali ini nuansa country dan Americana terasa lebih tebal dalam mewarnai album ini, meski harmonika harus mundur sejenak dan gitar lebih mendominasi.

Dengan materi 11 track, Paradise Valley terlihat seperti sebuah album yang singkat dan padat. Akan tetapi, dengan total durasi sekitar 39.44 menit, ternyata album ini terdengar cukup padat dan panjang.

Mendengarkan Paper Doll, single pertama yang dirilis oleh Mayer untuk Paradise Valley, seharusnya kita bisa menebak aliran bermusik album ini. Breezy, mellow, bahkan cenderung melambat dan santai dan dibalut melodi yang manis.

Album ini memiliki banyak nomor serupa. Sebut saja Dear Marie yang hadir dengan semangat country yang jauh lebih kental dari track yang lain. Simak juga Waitin’ On The Day yang kali ini dipoles dengan sentuhan southern rock. Album juga memberikan kita track seperti I Will Be Found (Lost at Sea) yang mengingatkan akan gaya Mayer di era Continuum dan Battle Studies.

Selanjutnya ada Badge and Gun yang mungkin merupakan salah satu track terbaik di album ini, dimana denting gitar yang mendayu berpadu dengan nanyian Mayer yang lirih, sementara aransemen dirangkai sedemikian harmonis hingga menciptakan efek tenang menghanyutkan.

Paradise Valley juga menyisakan ruang untuk bintang tamu, seperti track romantis berjudul Who You Love yang menampilkan vokal kekasihnya, Katy Perry, sebagai teman duet. Meski lagu tak memberi ruang yang cukup bagi Perry untuk tampil lebih menonjol, akan tetapi setidaknya nasibnya tidak setragis Taylor Swift di lagu Half of My Heart.

Yang mencuri perhatian justru kehadiran Frank Ocean dalam track Wildfire. Meski singkat dan lebih tepat disebut interlude ketimbang lagu yang utuh. Di track ini murni vokal Ocean menjadi sosok terdepan sementara Mayer hadir di latar dan penyedia alunan gitar. Sungguh sayang durasinya sangat singkat padahal memiliki materi yang sangat menggugah.

Selain lagu-lagu di atas, Paradise Valley diisi oleh banyak track country ringan bertempo sedang, seperti You’re No One ‘Til Someone Lets You Down yang catchy dan menyenangkan meski bertema “sedih”. Dalam Wildfire, Mayer seperti seorang penampil di sebuah bar country yang mengajak pengunjung untuk bergoyang di lantai dansa, meski dalam Call Me the Breeze yang merupakan cover version dari lagu lawas milik JJ Cale, ia terdengar lebih cocok mengisi peran tersebut.

Paradise Valley adalah album yang menyenangkan buat disimak. Track demi track hadir dengan mengalir dan enjoyable. Akan tetapi, entah mengapa, rasa-rasanya tidak ada track yang terlalu menonjol seperi album-album sebelumnya.

Album ini tidak memiliki fluktuasi ritme yang dinamis, kalau tidak mau disebut datar. Komposisi Mayer juga cenderung bermain aman dan formulaic. Bisa jadi ini memang disengaja oleh Mayer yang ingin menghadirkan album yang lebih low-key ketimbang album-album sebelumnya. Kalaulah memang begitu niatnya, ia mungkin mencapai sasarannya.

Meski Paradise Valley mungkin bukan album terbaiknya, John Mayer masih merupakan salah satu nama terdepan dalam industri musik dunia. Para penggemar dirinya tentunya wajib untuk memiliki album ini. Namun, untuk pendengar awam, ia memiliki banyak album yang lebih menarik untuk disimak. Terlepas dari itu, tetap harus ditunggu gebrakan Mayer selanjutnya.

Official Website

(Haris / CreativeDisc Contributor)

Beli CD John Mayer “Paradise Valley” Rp. 85.000,- silahkan isi form disini

TRACKLIST
1. “Wildfire” 4:15
2. “Dear Marie” 3:44
3. “Waitin’ On the Day” 4:35
4. “Paper Doll” 4:19
5. “Call Me the Breeze” (JJ Cale cover) 3:27
6. “Who You Love” (featuring Katy Perry) 4:12
7. “I Will Be Found (Lost at Sea)” 4:03
8. “Wildfire” (featuring Frank Ocean) 1:28
9. “You’re No One ‘Til Someone Lets You Down” 2:48
10. “Badge and Gun” 3:15
11. “On the Way Home” 3:59

Related posts

Leave a Reply