Trending News

Blog Post

Album of the Week: Icona Pop – This Is… Icona Pop
Album of The Day

Album of the Week: Icona Pop – This Is… Icona Pop 

Released by: Warner Music Indonesia

Icona Pop. Nama yang akhir-akhir ini cukup sering wara-wiri di skena musik pop dunia. Duo asal Swedia yang terdiri atas Caroline Hjelt dan Aino Jawo ini cukup sukses dengan single demi single seru serta album debut mereka, Icona Pop. Kini mereka melanjutkan kesuksesan tersebut dengan album kedua mereka, serta debut internasional mereka, This Is… Icona Pop.

Tidak heran jika This Is… Icona Pop masih menghadirkan beberapa lagu yang terdapat dalam Icona Pop, terutama lagu-lagu yang termasuk mengangkat nama mereka, seperti sebut saja I Love It yang fenomenal. Kolaborasi mereka dengan Charli XCX ini memang begitu kuat dimana punk pekat, yang ditandai dengan vocal yang terdengar slengean dan uga menyuarakan rebelitas yang cukup kental. Penuh dengan gelora, semangat dan menghentak. Dan ini didukung oleh musik yang membalut musiknya.

Ada juga Ready for the Weekend dan We Got the World yang sekali lagi menunjukkan kekuatan mereka dalam memadukan antara elektro-pop, punk dan house dalam satu adonan. Jika Ready for the Weekend terdengar agak gelap justru We Got the World mengandung semangat ceria yang kental dan tentunya sangat bisa menjadi teman di lantai dansa ataupun bersenang-senang bersama teman.

Dan komposisi baru yang mereka formulakan untuk This Is… Icona Pop dimulai dengan All Night. Di sini tampak mereka semakin getol dalam memperkenalkan musik mereka yang fun. All Night memang terdengar kurang edgy, karena tampaknya Icona Pop lebih ingin memberikan sebuah elektro-pop ringan yang sangat catchy dan easy listening, sebuah misi yang bisa dibilang cukup sukses dilaksanakan.

Track memorable lain juga dapat disimak dalam Girlfriend. Mengandal elektro-pop ceria, Girlfriend mengambil sampel lagu lama milik 2Pac, Me & My Girlfriend, lengkap dengan chant ala I Love It di chorus untuk memeriahkan. Yang paling mencolok saat chorus yang mengandalkan hook yang sangat sing-a-long.

Secara konsep, ada yang menarik dari This Is… Icona Pop ini. Terdiri atas 11 track, 5 track awal adalah nomor-nomor elektro-pop yang riuh oleh beat-beat dance dan menyentuh ranah house meski tak kehilangan semangat punknya. Namun, saat memasuki track ke enam, In The Stars, secara tone album ini mulai berubah.

In the Star meminggirkan dance dan memilih semangat rock dalam elektro-pop mereka. Drum yang menggebu berada dalam koridor anthemik ala rock sementara Icona Pop bernyanyi dengan penuh semangat dan mengentalkan enerji punk yang mereka usung. Dan ini disusul dengan On A Roll, yang agak mengingatkan akan The Ting Tings. You know, when punk-rock sang in dance manner.

Bukan berarti Icona Pop hadir untuk berteriak-teriak saja dalam album ini karena mereka masih memberikan ruang untuk sesuatu yang emosionil dalam nyanyiannya. Maka hadirlah Just Another Night yang menghadirkan nama-nama yang uniknya berlatar belakang dance, Stargate dan Benny Blanco, sebagai produser. Pop 80-an menjadi elemen dasar dari lagu ini.

Mereka kembali ke pop-punk dalam Hold On, meski secara tema masih mengusung romantisme dalam kebengalan yang coba dihadirkan dalam nyanyian dan aransemen yang lebih menggebu. Sementara dalam Light Me Up, Icona Pop hadir seperti rocker 80-an yang mengajak para penonton untuk bernyanyi bersama dalam beat yang athemik. Album ditutup dengan The We Kiss, sebuah synth-pop 80-an yang masih mengusung ppo-punk tadi.

Semangat bermusik Icona Pop tentu saja lebih dari cukup untuk memanaskan enerji mereka dalam mempersembahkan lagu-lagu elektropop berbalut house, punk dan indie pop, seperti yang dapat disimak dalam album ini. Tentu saja musik yang mereka usung juga bukan hal yang baru sekali dalam skena musik lantai dansa, namun beat-beat rapi yang mereka tawarkan memang sangat mengundang untuk menggerakan tubuh secara aktif bersama teman-teman di klub.

Uniknya, Icona Pop tidak mau terjebak pada pola dance yang kekinian karena This Is… Icona Pop jelas merupakan sebuah pernyataan jika mereka adalah para penikmat riuhnya dentuman drum yang bergelora dalam musik rock. Lagu-lagu dalam album ini tidak hanya menawarkan pop yang bisa disebut catchy dan (sangat) easy listening bahkan cenderung jatuh dalam warna kitsch, akan tetapi juga menepiskan anggapan mereka sebagai sebuah band guilty pleasure.

Tentu saja terlalu prematur untuk mengklaim lagu-lagu Icona Pop masuk dalam ranah everlasting, akan tetapi jelas terdengar jika dibalik semangat pop yang diusung, Icona Pop memberikan banyak referensi keberbagai subgenre yang populer dan menginjeksi ke dalam musik mereka yang khas dan berkarakter kuat. Dan tentunya ini merupakan kelebihan tersendiri.

Oh ya, This Is… Icona Pop tidak pernah membosankan. Setiap lagu dipastikan akan sangat memuaskan untuk disimak. Sebuah debut menyenangkan yang sayang untuk dilewatkan.

Official Website

(Haris / CreativeDisc Contributor)

Beli CD Icona Pop “This is.. Icona Pop” Rp. 85.000,- silahkan isi form disini

Rate the Album:
[ratings]

TRACKLIST
1. “I Love It” (featuring Charli XCX) 2:37
2. “All Night” 3:06
3. “We Got the World” 3:07
4. “Ready for the Weekend” 2:42
5. “Girlfriend” 2:50
6. “In the Stars” 3:16
7. “On a Roll” 3:12
8. “Just Another Night” 3:09
9. “Hold On” 3:17
10. “Light Me Up” 3:20
11. “Then We Kiss” 2:22

Related posts

Leave a Reply