Trending News

Blog Post

Album of the Day: Justin Timberlake – The 20/20 Experience 2 of 2
Album of The Day

Album of the Day: Justin Timberlake – The 20/20 Experience 2 of 2 

Released by: Sony Music Entertainment Indonesia

Seperti yang dijanjikan. di paruh kedua 2013, Justin Timberlake akan merilis bagian kedua dari album The 20/20 Experience. Tidak terasa waktu berjalan dengan cepat dan kini sudah tiba The 20/20 Experience 2 of 2. Apa keistimewaan album ini sehingga Timberlake merasa perlu untuk memisahkannya dari bagian pertamanya?

Sebelum album rilis, Timberlake memberi pemanasan dengan merilis single perdana untuk album tersebut yang bertajuk Take Back the Night. Dalam semangat retro disco RnB, banyak yang mungkin menyamakan dengan lagu-lagu Michael Jackson di era 80an, akan tetapi karena Jackson memang salah satu panutan Timberlake, hal tersebut tentunya bukan menjadi isu yang signifikan. Bagaimana Timberlake menghadirkan semangat groovy yang soulful dan berkelas, menjadi kelebihan single yang mungkin tidak terlalu ear-worm ini.

Kesan yang didapat, The 20/20 Experience 2 of 2 merupakan “sekuel” dari bagian pertamanya yang mengekspansi sentuhan sophisticated yang menggali sisi artistik Timberlake dalam skena RnB dan soul serta makin menjauhkan dirinya dari kancah pop. Aakan tetapi, Setelah Take Back the Night yang urban, Justin Timberlake menghadirkan single keduanya dalam balutan pop-RnB yang Timbaland-ish, dan pastinya sangat kental dengan Justin Timberlake yang kita kenal. TKO demikian judulnya. Dibandingkan dengan The 20/20 Experience bagian pertama yang kompleks, tampaknya dalam bagian kedua, Justin akan hadir dengan lebih santai dan mengingatkan akan awal bersolo karirnya. Itu jika kita menilik TKO yang ditulis Timberlake bersama Timbaland dan J-Roc nan sarat beat catchy ini.

Dan ternyata memang benar adanya. The 20/20 Experience – 2 of 2 menghadirkan sisi pop Timberlake yang kita kenal selama ini. Lagu-lagu yang terdapat dalam album lebih memilih lagu-lagu yang memiliki melodi yang lebih mudah dicerna serta beat-beat danceful yang sangat catchy. Yep, The 20/20 Experience – 2 of 2 memang lebih mendekati sound yang diproduksi Timberlake dan Timbaland untuk album FutureSex/LoveSounds. Jadi bagi yang kemarin “kecewa” dengan The 20/20 Experience – 1 of 2, worry not. Keinginannya tercapai.

Dan indikasi ini bahkan sudah diganjar dengan track pembuka, Gimme What I Don’t Know (I Want). Rnb yang dibalut dengan funk, namun jelas pop menjadi landasan. Belum lagi chorus yang mengandung hook serta notasi yang catchy. Ini langsung disusul dengan epic 9 menitan True Blood. Semangat elektro-pop segera menghajar pendengaran dan beat-beat dance siap untuk mengajak kita menggoyangkan tubuh. Nuansa timur tengah membuat lagu ini terdengar sedikit eksotis. Rasa-rasanya kita bisa membayangkan Timberlake dance dengan sangat enerjetik saat membawakan lagu ini.

Track-track sejenis dapat ditemui dalam Murder sepertinya. Lengkap dengan gimmick ala-ala pop-RnB-an awal 2000an. Kehadiran Jay Z mungkin menginfusi Hiphop, but basically it’s a pop-dance ready to nailed it to the dance floor. Track terakhir (dalam versi deluxe), Electric Lady bahkan jelas-jelas seperti mesin waktu membawa kita ke dekade tersbut, saat Timberlake menghadirkan sesuatu yang groovy.

Meski kental dengan musik olahan mesin, bukan berarti The 20/20 Experience – 2 of 2 hadir melulu untuk berdansa. Secara umum lagu-lagu dalam album ini merupakan perpaduan pop, rnb, hiphop, soul dan juga funk yang bertujuan untuk memamerkan vokal Timberlake yang meliuk-liuk. Meski, sekali lagi ditekankan, jauh berbeda dari The 20/20 Experience – 1 of 2 yang terdengar jauh lebih sophisticated.

Tapi ini bukan berarti album ini jadi lebih jelek. The 20/20 Experience – 2 of 2 masih memamerkan kekuatan Timberlake sebagai musisi yang mengerti benar dengan apa yang dikerjakannya serta menghadirkan kerjasama yang kuat dengan partner setianya, Timbaland.

Ciri khas mereka yang kental mungkin dapat ditemui dalam track Cabaret yang menghadirkan rap dari Drake. Hummning ala Timbaland begitu memenuhi lagu ini begitu juga dengan beat RnB yang berderap, meski tidak sekencang sebuah track dance misalnya. Prestisius dan ambisius. Begitu mungkin untuk menggambarkan secara sederhana.

Dalam Drink You Away Timberlake hadir bagai seorang maestro blues dan soul meski aransemen yang moderen membuat ia terdengar seperti pop-star (tentu saja), sementara soul yang lebih tradisional dihadirkan dalam You Got It On yang dinyanyikan secara intim dan sedikit sensual. Oh ya, sejenak kita bisa mengasosiasikan lagu ini kepada Robin Thicke, akan tetapi percayalah lagu ini utuh milik Timberlake.

Bagi yang kangen dengan sesuatu yang terdengar N*Sync-esque, Timberlake dengan baik hati menghadirkan Not a Bad Thing, sebuah track yang jelas paling ringan dan sederhana di album ini. Akan tetapi, entah kenapa dalam kesederhanaan tersebut kita seperti menemukan seorang Justin Timberlake yang kita kenal dan cintai. Dihadirkan dalam pop-balada dengan ornamen RnB, Timberlake bernyanyi dengan manis dan cantik serta dibantu oleh vokal latar yang harmonis, seolah-olah seluruh personel N’Sync hadir menemaninya. Tanpa falseto, hanya vokalnya yang jernih.

Track ini entah kenapa terdengar lebih jujur dan tidak pretensius. Bukan berarti track-track lain dalam The 20/20 Experience – 2 of 2 jelek. Sama sekali bukan. Akan tetapi dengan durasi sepanjang 1 jam 23 menit dan lagu-lagu yang panjang yang seharusnya bisa lebih pendek, album ini seperti menyimpan “beban” dari artistik The 20/20 Experience – 1 of 2, meski sebenarnya The 20/20 Experience – 2 of 2 akan lebih efektif jika hadir dalam durasi per-trak 3 hingga 4 menit saja, mengingat secara materi ia juga tidak sekompleks prekuelnya.

Oh, ya jangan lewatkan hidden track setelah Not a Bad Thing yang berjudul Pair of Wing. Ditulis sendiri oleh Timberlake tanpa bantuan rekan penulis, Timberlake bernyanyi dengan penuh kelembutan, layaknya lullaby, sementara gitar akustik dan string sections menemaninya bernyanyi, hingga membuat lagu terdengar sangat merdu dan menggugah. Oh, lagu ini membuat kita merindukan Timberlake untuk menyanyikan lebih banyak lagi lagu sejenis.

Terlepas dari itu, The 20/20 Experience – 2 of 2 masih membuktikan jika Justin Timberlake tidak hanya seorang penyanyi. Ia juga musisi dan konseptor ulang. Ia merupakan sebuah paket ganda yang berlaku layaknya cermin bagi arah musikalitas seorang Justin Timberlake. Ia membuktikan jika Timberlake sama sekali tidak meninggalkan ranah pop yang membesarkan namanya, namun di lain pihak masih menghadirkan musik yang berkelas.

So yeah, ini jelas salah satu album yang harus dimiliki untuk tahun ini.

Official Website

(Haris / CreativeDisc Contributor)

Beli CD Justin Timberlake “the 20/20 Experience 2 of 2” Rp. 100.000,- silahkan isi form disini

Rate the Album:
[ratings]

TRACKLIST
1. “Gimme What I Don’t Know (I Want)” 5:15
2. “True Blood” 9:31
3. “Cabaret” (featuring Drake) 4:32
4. “TKO” 7:04
5. “Take Back the Night” 5:53
6. “Murder” (featuring Jay Z) 5:07
7. “Drink You Away” 5:31
8. “You Got It On” 5:55
9. “Amnesia” 7:04
10. “Only When I Walk Away” 7:05
11. “Not a Bad Thing” 11:28

Disc 2:
12. “Blindness” 4:48
13. “Electric Lady” 4:20

Related posts

Leave a Reply