Trending News

Blog Post

Album of the Day: Scandal – Standard
Album of The Day

Album of the Day: Scandal – Standard 

Released by: Sony Music Entertainment Indonesia

Kuartet asal Osaka yang terdiri dari Haruna Ono (vocals, guitar), Tomomi Ogawa (bass, vocals), Mami Sasazaki (guitar, vocals) dan Rina Suzuki (drums, vocals) yang tergabung dalam Scandal ini kembali lagi dengan album kelima setelah Queens Are Trump: Kirifuda wa Queen dirilis setahun lalu. Dan kali ini Scandal mengeluarkan judul yang simple yang mewakili keseluruhan album kelima mereka yaitu Standard“. Di Jepang sendiri album ini debut di posisi ketiga baik di chart versi Oricon dan chart versi Billboard Jepang.

“Brand New Wave” merupakan track opening yang mengandalkan sound elektropop yang dibalut dengan sound pop rock. Sesuai dengan judulnya unsur new wave pun ditawarkan disini. Pada “Over Drive” mereka menawarkan lirik yang ceria dengan musik power pop yang disusupi dentingan piano dan bunyi gitar akustik yang cukup dominan. Mereka bermain dengan lekukan nada blues di “Uchiage Hanabi”. Gaya garage rock dan rock n roll mereka masukkan di “Orange Juice” dengan sisipan noise dan vokal yang kadangkala humming.

Beberapa riff hard rock mereka mainkan di “Metronome” dengan musik yang rock yang keras namun masih dalam koridor Scandal. Setelah bermain keras di track sebelumnya, “Weather Report” dihadirkan dengan mengandalkan medium beat dan riff ala pop punk yang sedikit berbasis pop rock. Di “Hachi Gatsu” kita bisa mendengar kembali band alternative rock era 90’an yang bervokalis cewek macam Letters to Cleo. , Unsur power pop yang cukup kental tertuang di “Awanai Tsumori no, Genki De Ne” yang menjadi single pertama di album ini.

“Kagen no Tsuki” adalah nomer pop rock standar yang dipadukan dengan permainan keyboard dan sedikit terpengaruh dengan british alternative rock di era pertengahan 2000an. Lagi-lagi mereka mempertunjukkan skill mereka di bidang garage dengan track “Koi no Gestalt Houkai”. Track yang sedikit progressive ini bermain cukup keras dan ditambah aksen sound british indie rock dengan sound gitar yang distortif dan bass yang punchy. “Kimi to Mirai to Kanzen Douki” bermain dengan cukup groovy dengan bantuan sound elektrik macam synth dan keyboard membuat track ini bisa dikategorikan sebagai track pop dengan gimmick gitar yang cukup bombastis.

Riff pop punk yang keras mereka terapkan di “Namida Yo Hikare” sedikit kurang ngepas dengan beat lagu dan lirik namun kesan urakan memang mereka tampilkan di sini. “Standard” merupakan track penutup dengan gaya liar dan mengandalkan semangat punk ala Yeah Yeah Yeahs di era album awal dan berbagai macam band garage rock yang bervokalis wanita.

Makna album “Standard” ini memang seperti dua sisi mata uang. Di satu sisi di album ini mereka bermain lepas tanpa sound yang aneh dan experimental, mereka bermain pop rock dengan mengambil esensi dari power pop, garage rock, indie rock, bahkan sampai ke punk rock seperti apa yang sudah menjadi standard mereka dalam membuat lagu. Namun di satu sisi kelemahan album ini adalah nada-nada yang standard dan repetitif terus bermunculan sehingga album ini bisa terdengar “standar”.

Namun dibalik semua itu minimal Scandal berhasil membuktikan bahwa di album kelima nya ini mereka masih bisa menarik perhatian publik dan fansnya terutama. Jika di Queens are Trumps mereka menunjukkan girl power nya pada album ini mereka sedikit lebih santai dengan cerita sehari-hari, cinta dan kehidupan sehingga membuat album ini lumayan simple dan catchy di telinga.

Official Website

(Luthfi / CreativeDisc Contributor)

Rate the album:
[ratings]

Buy album on iTunes

TRACKLIST
1. Brand New Wave 3:36
2. Over Drive 5:04
3. Uchiagehanabi 4:48
4. Orange Juice 4:09
5. Metronom 4:02
6. Weather Report 3:42
7. August 4:15
8. Awanaitsumorino Genkidene 4:24
9. Kagen No Tsuki 3:36
10. Koi No Gestalt Houkai 4:02
11. Kimi to Mirai to Kanzen Douki 4:36
12. Namidayo Hikare 3:30
13. Standard 3:19

Related posts

Leave a Reply