Trending News

Blog Post

Album of the Day: Skylar Grey – Don’t Look Down
Album of The Day

Album of the Day: Skylar Grey – Don’t Look Down 

Released by: Universal Music Indonesia

Don’t Look Down” adalah pesan pribadi yang ingin Skylar Grey sampaikan untuk dirinya sendiri. Setelah sekian lama membangun karir sebagai orang di belakang layar, sudah saatnya untuk tampil, memperkenalkan diri sebagai artis rekaman yang pantas untuk diperhitungkan. Selusin lagu yang tersaji adalah cerita yang sudah sangat lama ingin ia kisahkan kepada para penggemar.

Seperti sebuah puzzle, album ini ditata apik untuk kebaikan pendengar. ‘Back From The Dead’ adalah sajian pembuka yang membawa aura “habis gelap terbitlah terang”. Vokal Skylar yang super fine memberi pernyataan kedudukannya yang kuat untuk dikenal dengan suara. Selanjutnya, tawaran yang didapat dari ‘Final Warming’ adalah permainan vokal dalam wujud yang me-Rihanna. Ada konflik yang tersaji nyata dalam paruh kedua lagu, membuat kita mengetahui pengaruh Alex Da Kid di dalamnya.

Sementara Alex memberikan signature-nya untuk Skylar, JR Rotem justru tampil dalam tantangan diri untuk keluar dari zona nyamannya. ‘Back From The Dead’, ‘Wear Me Out’, dan ‘Religion’ hadir dalam skala ekstra kelam untuk ukuran produser yang kerap menyajikan urban dance track. Hanya ‘Religion’ yang tampak mau memberi beat sebagai benang merah JR. Lagu ‘C’mon Let Me Ride’ yang menampilkan Eminem menarik semua perhatian. Ini lagu pertama yang ingin menyodorkan dinamika dalam album. Penyajiannya sebagai single pun sempat memberi pandangan yang condong kepada sosok Skylar sebagai female version of Slim Shady.

I’m so sad to tell you that there’s no likely such identity to this album. Skylar seolah meraba untuk menemukan jalannya. Tapi itu jika dilihat dari satu sisi, karena sisi yang lain berkata bahwa itu wujud keluwesan, kebisaannya di lapangan manapun. ‘Weirdo’, ‘Sunshine’, dan ‘Pulse’ bicara dalam tiga bahasa yang berbeda (bukan bahasa dalam arti sebenarnya). There’s a little bit of Nirvana, a little bit Sheryl Crow, and a little bit of Fiona Apple in each track. Dan arena lain ia sambar dalam ‘Glow In The Dark’, sebuah track dengan level kelam yang lebih dari sebelumnya.

Saya masih bisa mengingat bagaimana baiknya respon publik akan eksistensi Skylar saat ia hendak membuat moment-nya. Referensi ulang pada lagu Forth Minor ‘Where’d You Go’ dibuat setelah mengetahui comeback-nya dengan ‘Love The Way You Lie’, ‘Coming Home’, dan ‘I Need A Doctor’. But sh*t happens, and it happened right after she released this album. “Don’t Look Down” lepas dari tatanan popularitas. Meskipun demikian, tiga track penutup album ini tidak pantas untuk dipandang sebelah mata. ‘Clear Blue Sky’, ‘Tower (Don’t Look Down’), dan ‘White Suburban’ adalah jenis lagu yang paling gampang dicerna untuk dinikmati. Tipikal tempo menengah ke bawah untuk menebus kebutuhan selera menengah ke atas.

Official Website

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

Rate the album:
[ratings]

Buy album on iTunes

TRACKLIST
1. Back From The Dean (feat. Big Sean and Travis Barker) 4:22
2. Final Warning 3:40
3. Wear Me Out 3:30
4. Religion 3:09
5. C’mon Let Me Ride (feat. Eminem) 3:39
6. Weirdo 2:37
7. Sunshine 3:45
8. Pulse 3:38
9. Glow In The Dark 3:45
10. Clear Blue Sky 3:49
11. Tower (Don’t Look Down) 4:01
12. White Suburban 4:41

Related posts

Leave a Reply