Trending News

Blog Post

Album of the Day: Travis – Where You Stand
Album of The Day

Album of the Day: Travis – Where You Stand 

Released by: Sony Music Entertainment Indonesia

Lima tahun yang sarat akan kontemplasi dan perenungan diri, menepi serta mencari pondasi untuk membangun sebuah energi yang terbarui. Tepat seperti apa yang dilakukan oleh band senior satu ini, Travis. Mereka paham betul bagaimana memanfaatkan masa-masa hiatusnya, sehingga kembalinya mereka ke belantika musik tahun 2013 ini dapat dibilang sebagai sebuah awal yang baru. Jika Daft Punk memilih untuk menggunakan topeng model terkini sebagai sajian comeback-nya, maka Travis memutuskan untuk menularkan semangat positifnya melalui album “Where You Stand”.

Namun munculnya album ini pun bisa saja menciptakan dua opini yang berseberangan. Beberapa kritikus kacangan mungkin akan mengatakan bahwa kini mereka sudah kehabisan akal dalam membuat karya-karya monumental seperti “Sing” maupun “Love Will Come Through”. Namun bagi saya, album ini lebih mengedepankan esensi intrinsik ketimbang sisi teknisnya. Karena berbicara mengenai preferensi, Travis sudah menunjukkan ego bermusik mereka pada album-album sebelumnya, maka untuk apa mereka melakukannya lagi untuk saat ini? Sepertinya mereka menciptakan identitas baru yang bersamaan dengan momen comeback-nya kali ini, benar-benar sebuah langkah yang cukup cerdas.

Melalui album “Where You Stand”, Travis ibarat seorang sahabat yang mengajak anda untuk selalu menghargai hal-hal kecil serta terus memotivasi melalui lirik-lirik konstruktif yang dikemas secara sederhana dan tanpa basa-basi. Seperti track “Reminder” yang walaupun intronya mengingatkan anda pada karya milik Peter Bjorn and John, namun ternyata mampu mengajarkan anda untuk tidak menyia-nyiakan waktu yang kini sedang dimiliki. Selain itu terdapat pula lagu “Boxes” yang mengisyaratkan kedewasaan diri melalui aransemen yang rupanya memasukkan unsur drum pad di dalamnya walaupun terdengar agak memaksa.

Namun jika anda rindu dengan not-not melodius yang diiringi pola-pola ketukan drum seperempat not yang merupakan ciri khas band ini selama bertahun-tahun, silahkan simak lagu “Where You Stand” serta “A Different Room” yang sama-sama menceritakan tentang harapan dan keyakinan terhadap orang-orang terdekat. Selain itu, rupanya mereka juga menyimpan sedikit perasaan kecewa melalui lagu “Another Guy” yang dikemas dengan aransemen sinis (dan terasa seperti filler semata). Tetapi perasaan depresi yang teramat sangat justru lebih tergambar di lagu “Big Screen” dimana band ini bercerita tentang hidup yang tak seindah drama televisi sembari diiringi alunan piano bernada minor.

“Where You Stand” memang bukanlah album yang menarik perhatian pecinta musik di tahun ini, namun keberadaan album ini seolah-olah memberi sinyal bahwa keberadaan Travis masih ada. Dan walaupun album ini juga bukanlah album yang “wah”, ‘”Where You Stand” dapat dianggap sebagai pertanda bahwa Travis kini menjadi salah satu band yang memiliki sikap ignoransi tertentu. Tak perduli berbagai macam tanggapan yang menghinggapi mereka, sepertinya Travis akan terus melakukan apa yang mereka suka walaupun kerap dibilang sebagai “band mediocre”. Mungkin tak mengapa menjadi sesuatu yang mediocre, yang penting tetap menjadi diri sendiri dan mampu membuat perubahan yang memiliki visi.

Official Website

(Galih Gumelar / CreativeDisc Contributor)

Beli CD Travis “Where You Stand” Rp. 85.000,- silahkan isi form disini

Rate the Album:
[ratings]

TRACKLIST
1. “Mother” 3:58
2. “Moving” 4:32
3. “Reminder” 3:21
4. “Where You Stand” 3:40
5. “Warning Sign” 3:51
6. “Another Guy” 3:41
7. “A Different Room” 3:58
8. “New Shoes” 3:33
9. “On My Wall” 2:52
10. “Boxes” 4:22
11. “The Big Screen” 4:15

Related posts

Leave a Reply