Trending News

Blog Post

Jakarta Biennale kembali hadir tahun ini
Music News

Jakarta Biennale kembali hadir tahun ini 

Setelah digelar di tahun 2011 yang lalu, JAKARTA BIENNALE (JB) 2013 hadir kembali di Jakarta! Ini adalah sebuah kegiatan seni rupa kontemporer berskala internasional dan menyuguhkan berbagai ide inspiratif yang diadakan setiap dua tahun sekali di Jakarta.

Kali ini, tradisi Jakarta Biennale (mendapat dukungan penuh dari Dinas Pariwisata dan Budaya DKI Jaya dan Dewan Kesenian Jakarta) pun dilanjutkan dengan menampilkan sebuah biennale dengan pendekatan yang baru. Dengan mengedepankan intervensi artistik ke dalam kehidupan keseharian masyarakat kota Jakarta, biennale kali ini menampilkan berbagai karya berbasis proyek dari berbagai seniman baik dalam dan luar negeri.

Dengan tema “Siasat”, yang berfokus pada siasat kreatif artistik warga dalam menghadapi situasi sosialnya untuk bertahan dan keberlangsungan hidup. rangkaian acara Jakarta Biennale (JB) 2013 akan hadir di bulan September (workshop dan mural) dan puncak acaranya di bulan November mendatang. Karya yang dipamerkan mencakup berbagai karya seni seperti: seni instalasi, seni video, seni performans, seni di ruang publik dan berbagai aktivitas seni lainnya yang melibatkan partisipasi warga. Biennale tahun ini menghadirkan karya-karya seni rupa kontemporer berskala nasional dan internasional di Jakarta untuk memberikan pengalaman baru serta apresiasi seni yang inspiratif dan partisipatif bagi warga kota. Hal ini bertujuan untuk menciptakan ruang kreatif dan terwujudnya ruang kota yang inspiratif bagi warganya, dengan kerja kolaborasi antara seniman, para pekerja kreatif dan partisipasi warga kota.

JB 2013 juga bekerjasama dengan berbagai lintas jaringan dan disiplin ilmu yang melibatkan berbagai komunitas. Kerjasama ini diharapkan akan memperluas pengalaman artistik bagi warga kota.

Ada pun seniman-seniman yang akan diundang adalah seniman-seniman Indonesia dan juga manca negara (Australia, Perancis, Korea, Kolombia, Rep. Ceko, Nigeria, Malaysia, Argentina, Vietnam, Meksiko, Jerman dll). Semuanya diberi kesempatan untuk berkerja dan berkarya di Jakarta, tentu dengan pendekatan artistik mereka masing-masing.

Karya – karya ini nantinya akan dipamerkan di berbagai pusat kebudayaan dan ruang publik yang tersebar di Jakarta. Tidak hanya karya, JB 2013 juga akan menghadirkan berbagai kegiatan publik seperti workshop, diskusi, dan tur budaya yang terbuka untuk umum. Selain penggunaan ruang publik dan pusat budaya Jakarta, JB 2013 kali ini menggunakan beberapa ruang publik yang cukup akrab dengan kegiatan seni rupa dan juga beberapa taman kota yang bertujuan untuk menampilkan rangkaian acara biennale seni rupa yang satu langkah lebih dekat kepada publik kota. Diharapkan JB 2013 akan menjadi sebuah wadah edukasi yang menyelenggarakan kegiatan edukatif, seperti seminar, lokakarya, dan diskusi untuk pelajar, akademisi, pekerja dan publik luas.

Tim kerja JB 2013 kali ini dipimpin oleh Ade Darmawan (direktur eksekutif), Hafiz Rancajale sebagai direktur artistik dan Nadia sebagai direktur pengelola. JB 2013 juga membuka program volunteer buat para anak muda yang ingin mempunyai pengalaman serta belajar tentang dunia seni dan budaya. Silahkan klik www.jakartabiennale.net untuk info program volunteer JB 2013 ini.

Sekretariat:
Dewan Kesenian Jakarta
Taman Ismail Marzuki
Jl. Cikini Raya No. 73
www.jakartabiennale.net

Related posts

Leave a Reply