Trending News

Blog Post

Show pamungkas Macy Gray di Java Soulnation Day 3
Concerts Review

Show pamungkas Macy Gray di Java Soulnation Day 3 

Hari ketiga perhelatan Java Soulnation 2013 merupakan yang paling ditunggu, mengingat sang bintang utama sudah menunggu di penghujung program. Yup, Macy Gray’s closing the 3-day festival at the end of the night.

Tapi tunggu dulu, sebelum membahas penampilan Macy Gray lebih lanjut, masih ada beberapa acts yang perlu disimak sepak terjangnya.

LA Lights Music Project (J Dilla’s Delight) yang dipiloti oleh Barry Likumahuwa, menjadi ajang tribute untuk hasil karya yang dihasilkan oleh salah satu nama besar produser musik hip-hop dunia. James Dewitt Yancey, ato yang akrab disapa J Dilla atau Jay Dee, angkat nama dibalik hasil karyanya bersama musisi hip-hop dunia, seperti Busta Rhymes, Erykah Badu, dan Common. Meninggal dunia pada tahun 2006 lalu, musik J Dilla masih bisa terdengar hingga saat ini. Terima kasih atas proyek tribute yang menampilkan Barry Likumahuwa Project, Muhammad Ibnu Rafi, Kyriz, DJ Cream, Teddy Adhitya, Adinda Shalahita, dan beberapa musisi hip-hop tanah air.

Di Indosat Stage, sudah menanti Tangga. Penonton yang cukup banyak pun memadati area sekitar panggung. Membuka penampilan dengan medley beberapa hits mereka, yaitu “Kesempatan Kedua”, Terbaik Untukmu”, “Ajariku Rahasiamu”, dan “Cinta Begini”, Tangga berhasil membuat riuh Indosat Stage malam itu. Keseruan bertambah dengan dilantukannya lagu “Mabuk Kepayang”, “Cinta Tak Mungkin”,s erta “Hebat”, yang didekasikan khusus bagi para penonton dan fansnya. Nuansa merah-putih ditonjolkan para personil Tangga melalui kostum dan dekor panggungnya, yang menunjukkan rasa nasionalisme yang tinggi.

Setelahnya, salah satu bintang yang paling ditunggu malam itu, All 4 One, siap menggebrak LA Lights Main Stage. Grup R&B asal Amerika Serikat yang beranggotakan Jamie Jones, Tony Borowiak, Delious Kennedy, dan Alfred Navarez, berhasil membawa penonton kembali ke era keemasan All 4 One, dengan lagu-lagu super mellow nan galau. Tampil dengan setelan rapi dengan jas dan dasi, “I Can Love You Like That” didapuk menjadi pembuka yang ampuh. “Terima kasih sudah datang, kami menghargai kehadiran kalian malam ini”, sambut Jones. Nostalgia 90an pun diteruskan dengan hits andalan mereka, seperti “Something Right Here”, balada “I Will Be Right Here”, versi asli lagu “I Turn To You” yang pernah dibawakan oleh Christina Aguilera, serta “Someday” yang merupakan soundtrack film Hunchback of Notre Dame. Tak lupa, mereka pun menyanyikan dua lagu dari album terakhir mereka yang rilis tahun 2009, No Regrets, yaitu “Key To Your Heart” dan “Blowin’ Me Up”. Sebuah tribute dipersiapkan untuk musisi legendaris, Stevie Wonder, berupa medley “Signed Sealed Delivered”, “I Wish”, dan “Higher Ground”. Mesin waktu yang digelar oleh All 4 One ditutup dengan lagu yang sudah ditunggu-tunggu oleh seluruh penonton malam itu. “I Swear” benar-benar menutup rangkaian penampilan manis All 4 One yang masih mampu menunjukkan kualitas vokal yang prima dan stage act yang memukau.

Pukul 23.30 WIB, bintang utama Java Soulnation 2013 pun hadir di LA Lights Main Stage. Macy Gray langsung menggebrak dengan “Why Didn’t You Call Me” sebagai opening, yang langsung disambut meriah oleh penonton. “Sexy people….”, sapa Macy Gray. “Kalian tahu kenapa saya rela terbang jauh dari Los Angeles ke Jakarta? Karena kalian semua…”, lanjutnya yang menambah keriuhan. Dengan gaun panjang bermanik-manik yang berkilau, Macy melanjutkan setlist-nya dengan “Do Something”, “Glad You’re Here”, “Sexomatic”, serta “Creep” milik Radiohead yang didaur ulang dan terdapat dalam album Covered.

Beristirahat dari iringan full band-nya, Macy membawakan lagu “Sweet Baby” hanya dengan diiringi permainan gitar saja, yang menambah suasana intim dan santai. Lagu “I Try” yang menjadi senjata pamungkas pun dilantunkan dengan imbuhan koor penonton yang membahana, yang disambung dengan “Sukiyaki” milik Kyu Sakamoto dan “Everything’s Gonna Be Alright”, sebelum menghilang ke belakang panggung. Penonton yang merasa belum puas pun berteriak we want more, hingga akhirnya sang keyboardis naik ke atas panggung dan menghibur penonton dengan lantunan suara keyboardnya. Macy Gray pun tampil dengan gaun merah bermotif daun, dan melantunkan lagu milik Metallica berjudul “Nothing Else Matters” sebagai encore.

Teks by Rendy
Photo by Budi Susanto

Related posts

Leave a Reply