Trending News

Blog Post

Album of the Day: Aya Hirano – Fragments
Album of The Day

Album of the Day: Aya Hirano – Fragments 

Released by: Universal Music Indonesia

Aya Hirano adalah pengisi suara anime di Jepang yang juga merangkap sebagai solois. Cewek kelahiran 8 Oktober 1987 ini lahir di Nagoya dan memulai debut sebagai pengisi suara pada umur 13 tahun. Cewek yang pernah melakukan konsernya ke Indonesia di acara Anime Festival Asia 2013 ini sudah mengisi banyak sekali karakter di anime. Salah satunya adalah Suzumiya Haruhi dari anime The Melancholy of Haruhi Suzumiya yang sempat melambungkan namanya di era 2006. Selain itu dia juga sudah mengisi suara untuk beberapa karakter terkenal di dunia anime macam Konata Izumi (Lucky Star), Misa Amane (Death Note), Lucy Heartfillia (Fairy Tail), Mamori Anezaki (Eyeshield 21), Alisa (Girls und Panzer), Kana Ienaga (Nurarihyon No Mago), Ume Kurumizawa (Kimi ni Todoke) dan masih banyak lagi.

Karirnya sebagai solois dimulai pada tahun 2006 saat dia mengeluarkan single “Breakthrough” dan terus mengeluarkan lagu-lagu yang menjadi soundtrack anime seperti “God Knows…”, “Super Driver”, “Unnamed World”, “Bouken Desho Desho?” dan masih banyak lagi. Dia sudah mengeluarkan 2 studio album, 1 mini album dan 1 album kompilasi greatest hits.

Setelah menyatakan vakum dari dunia tarik suara akibat tumor kelenjar pituari yang dideritanya sejak dari SMP pada tahun 2011. Akhirnya pada 2012 dia kembali lagi ke jalur sebagai solois dengan menelurkan mini album “Fragments” yang sudah dirilis pada tanggal 23 Mei 2012 di Jepang dan mendapat respon positif untuk ukuran comeback.

Track pembuka “Diffusion (To The Other Side) dengan bantuan musik oleh kz dari unit musik dance livetune. Track electropop/electro dance dengan sedikit sound house ini akan sangat terasa trademark dari livetune, terutama di pemilihan beat dan sound yang muncul. Pop yang begitu ceria dan upbeat dengan balutan piano dan beberapa unsur synth ada di “Muboubina Refrain”, disini Aya bermain di range vokal yang rendah hampir sama sewaktu dia menyanyikan “Hare Hare Yukai”. Dengan mengandalkan dentuman dari musik drum n bass juga diselingi gitar Aya menyanyikan track “Fragments”. Di “Pizzzzzzza!!!!!!!” Aya membuka track ini dengan sahut-sahutan. Track upbeat yang bertemakan tentang keenakan pizza ini mempertunjukkan vokal Aya yang bermain di suara rendah maupun tinggi di dalam satu lagu. Beat dari lagu yang simple dan popish ini sedikit mengingatkan akan beberapa beat lagu dari Avril Lavigne namun disini ada tambahan bunyi synth dan sedikit lebih elektrik. Pembuka ala synthpop pun membuka “Loop”. Track ini adalah perpaduan antara pop rock, electropop dengan beat drum ala pop punk yang begitu cepat dan kali ini Aya memainkan vokal rendah nan imut. Gimmick yang selalu muncul pada opening soundtrack anime era sekarang diterapkan dalam lagu “Bright Score” yang menggunakan unsur biola dan beat yang memang cocok untuk menjadi opening song suatu anime. Pada “Sunday”, Aya mengusung musik yang lumayan keras. Unsur alternative rock dengan sedikit bantuan dari beat elektronik menjadi pakem di track ini. Vokal Aya sendiri dan beberapa atmosfir lagu mengingatkan akan track dia di masa lampau yaitu “God Knows…”. Track penutup “Stargaze Love” merupakan track dance pop murni yang juga mengambil cuilan dari eurodance dengan vokal yang renyah dari Aya.

Pada album terbarunya, Aya Hirano menghadirkan musik j-pop yang modern. Album ini menarik karena terus menghadirkan sound yang upbeat dan bersemangat ditambah dengan lirik yang unik dan khas j-pop juga vokal Aya yang bisa meliuk-liuk mulai dari yang imut sampai berat. Namun kekurangan album ini adalah kurangnya satu lagu gacoan yang bisa membuat pendengarnya terus menerus mengulang lagu tersebut. Mungkin hal ini terjadi karena Aya memulai lagi dari awal sebagai seorang penyanyi dan mengikuti situasi dan kondisi musik j-pop saat ini yang tentunya berbeda sewaktu puncak kesuksesan karirnya. Bagi yang menggemari Aya Hirano album ini memang harus dicicipi namun bagi yang tidak bisa dikatakan album ini menjadi pengenalan akan Aya Hirano meskipun tidak secara keseluruhan namun at least kira-kira bisa mendapatkan gambaran vokal dari Aya Hirano yang di beberapa sisi tidak jauh berbeda dengan apa yang dia ucapkan di anime.

Official Website

(Luthfi / CreativeDisc Contributor)

Rate the album:
[ratings]

Buy album on iTunes

TRACKLIST
1. Diffusion (To The Other Side)4:34
2. Muboubina Refrain 4:35
3. Fragments 4:11
4. Pizzzzzzza !!!!!!! 3:47
5. Loop 4:07
6. Bright Score 4:13
7. Sunday 4:24
8. Stargaze Love 4:27

Related posts

Leave a Reply