Trending News

Blog Post

Album of the Day: Capital Cities – In a Tidal Wave of Mystery
Album of The Day

Album of the Day: Capital Cities – In a Tidal Wave of Mystery 

Released by: Universal Music Indonesia

Musim panas memang telah berakhir di negara-negara subtropis, tapi nuansa keceriannya masih dapat kita rasakan melalui album debut dari duo asal Amerika Serikat, Capital Cities, yang bertajuk “In A Tidal Wave of Mystery”. Tidak, album ini tidak membicarakan tentang hal-hal supranatural. Sebaliknya, album ini berisi lagu-lagu pembangkit semangat yang saya rasa anda tak perlu kritisasi lebih jauh lagi. Berbalut irama synth pop ala ‘80an serta electro-pop yang digabung dengan suasana retro disko menjadikan album ini sangat menarik untuk disimak. Namun sayangnya, keseluruhan isi album ini sangatlah homogen, sehingga jangan kaget kalau anda gampang bosan.

Album yang dirilis pada juni 2013 lalu ini bisa jadi merupakan jenis album yang benar-benar ditujukan untuk anda nikmati. Sepertinya tak ada tendensi bagi grup ini untuk memamerkan kreatifitas diri sendiri melalui “In A Tidal Wave of Mystery”. Dan walaupun hal tersebut terdengar rendah hati, namun justru inilah kelemahan album tersebut. Bagi orang-orang yang kelewat kritis, mungkin mereka menganggap bahwa apa yang kini Capital Cities tawarkan terkesan “udah dimana-mana ada” dan terlihat bahwa mereka seolah-olah masih bingung mengenai nilai jual utama grup ini. Tetapi mungkin inilah strategi Capital Cities dalam mengenalkan musik mereka. Yang penting masyarakat mengenal dulu siapa Capital Cities sebenarnya.

Dan perkenalan kita dengan Capital Cities di album ini pun diawali dengan track “Safe and Sound”, sebuah track yang menawarkan suasana disko berbumbu funk dan soul serta dilengkapi dengan penggunaan lirik-lirik yang lumayan nyentrik. Selain itu, tampaknya penggunaan harmoni vokal sederhana menjadi ciri khas dari grup yang digawangi oleh Ryan Merchant dan Sebu Simonian ini. Simak saja track “Patience Get Us Nowhere” serta “Kangaroo Court” yang mampu mempedengarkan layer-layer vokal yang tidak terdengar seperti sebuah pelengkap semata, namun justru terdengar seperti satu kesatuan vokal dengan vokal utama.

Terdapat pula track menarik berjudul “I Sold My Bed, But Not My Stereo” yang mengingatkan kita akan kejayaan musik disko. Terdengar seperti fusi antara Scissors Sisters dan Empire of the Sun yang pastinya mampu mengajak anda untuk bergoyang. Sedangkan nuansa berbeda tersirat pada lagu “Love Away” yang menyajikan easy-listening pop-electronic, namun apabila anda tidak butuh track yang easy listening, lagu “Farrah Fawcett Hair” sepertinya patut anda nikmati. Rasa-rasanya mendengarkan track tersebut seperti menyimak sebuah rangkaian acara komedi, tetapi justru disitulah sisi menarik dari lagu ini.

Mungkin melalui “In A Tidal Wave of Mysetry”, Capital Cities tidak ingin dianggap sebagai peramai industri musik semata. Sangat terlihat dari peran mereka sebagai produser serta pencipta lagu di album ini yang membuktikan bahwa mereka tak ingin dipandang sebagai grup musik biasa, tapi mereka ingin penikmat musik menyadari bahwa Capital Cities sangat serius dalam mencitrakan diri di belantika musik. Sebuah usaha yang patut diapresiasi, namun apabila kita melirik ke materi yang mereka bawa kali ini, rasanya masih kurang meyakinkan sebagai sebuah album debut. Tapi untuk ukuran musisi yang memiliki peran multitasking, album ini jelas menarik perhatian tersendiri.

Di samping hal tersebut, tampaknya akan menjadi sebuah usaha yang keras bagi Capital Cities apabila mereka ingin menempatkan diri di jalur ini mengingat sudah banyak sekali musisi yang mengambil lahan yang sama seperti mereka. Dan saya memprediksi apabila sudah tak ada konsistensi dan determinasi di dalam tubuh Capital Cities, maka mungkin umur grup ini tidak akan bertahan lama. Dan pastinya anda tak ingin melihat hal itu terjadi, ‘kan?

Official website

Rate the album: [ratings]

Buy album on iTunes

(Galih Gumelar / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “Safe and Sound” 3:13
2. “Patience Gets Us Nowhere Fast” 3:08
3. “Kangaroo Court” 3:43
4. “I Sold My Bed, But Not My Stereo” 3:55
5. “Center Stage” 4:02
6. “Farrah Fawcett Hair” (featuring André 3000) 3:50
7. “Chartreuse” 3:39
8. “Origami” 3:45
9. “Lazy Lies” Simon Mills 2:57
10. “Tell Me How to Live” 3:24
11. “Chasing You” (featuring Soseh) 3:50
12. “Love Away” 3:43

Related posts

Leave a Reply