Trending News

Blog Post

Album of the Day: CHVRCHES – The Bones of What You Believe
Album of The Day

Album of the Day: CHVRCHES – The Bones of What You Believe 

Released by: Universal Music Indonesia

CHVRCHES, nama panas dalam ranah musik elektronik terutama di bidang synthpop/electropop. Trio yang berasal dari Glasgow ini terdiri dari Lauren Mayberry, Iain Cook dan Martin Doherty. Sebelum membuat CHVRCHES Iain sendiri telah menjadi personil dari Aerogramme dan The Unwinding Hours.

Trio ini membuat debut albumnya “The Bones of What You Believe” pada tanggal 20 September 2013 dan mendapat kritik yang sangat positif dari berbagai macam media karena berhasil memadukan nuansa synthpop 80’an dengan tema dan musik yang relevan di era modern. The Bones of What You Believe sendiri juga sudah mendapat apresiasi baik di US maupun UK buktinya album ini bisa tembus di posisi 10 besar UK Albums Chart dan 20 besar di US Billboard 200.

“The Mother We Shared”, adalah sebuah track opening yang menyatukan synthpop ela modern dengan buaian noise ala M83. Lagu yang bertempo upbeat ini mempunyai makna yang cukup unik dimana lagu ini menunjukkan kecemburuan antara kakak-beradik. Lagu yang dijadikan single debut mereka ini benar-benar anthemik terutama di bagian riff dan juga bunyi keyboard yang megah. “We Sink” merupakan track dengan vokal dan bunyi synth yang dreamy dengan permainan ala Shiny Toy Guns dan The Naked And Famous. Pada “Gun” kali ini mereka memainkan electropop yang lumayan ringan. Hook yang ditawarkan lagu ini juga maut dengan permainan synth yang seronok dan danceable membuat lagu ini cocok dimainkan di lantai dansa dengan vokal Lauren yang bersemangat dan sometimes husky. Lagu ini juga seperti lagu electropop/synthpop era sekarang jadi bukan tidak mungkin jika lagu ini bisa jadi hits berikutnya.

Suasana gloomy pun mereka munculkan di “Tether”, dengan suasana slow di awal lagu sebelum diteruskan dengan sound synth yang menyiratkan akan kesan darkwave. Opening pada lagu “Lies” sendiri mengingatkan kita akan opening lagu Foster The People “Houdini”. Pada track ini Lauren pun bernyanyi dengan penuh energi dan meluap-luap ditambah musik electro yang pumping. Sedikit mengingatkan juga akan track “Shout” mirip Tears for Fears. Kini giliran Iain Martin Doherty yang mengambil vokal utama pada “Under The Tide” sebuah track dreamwave yang sangat terpengaruh akan M83 dan Crystal Castles terutama dari segi nuansa yang dihadirkan dan musik yang dreamy dengan bubuhan noise-noise dari peralatan musik elektrik.

Beat synthpop modern dengan fusi dari dream pop menjadi dominan di “Recover” sebuah track yang juga dipengaruhi oleh unsur dub dengan vokal Lauren yang cukup sendu. “Night Sky” merupakan campuran antara synthpop dengan semangat alternative rock vokal Lauren disini mirip dengan Ellie Goulding. Dengan memasukkan unsur ambient, industrial dan EDM muncullah track “Science/Visions”. “Lungs” bermain dengan santai dengan beat-beat yang catchy dan musik yang ringan namun tidak berarti mereka kendur disini karena unsur-unsur noise pun masih muncul. “By The Throat” sangat 80’an seperti mendengar Yazoo, Pet Shop Boys, Depeche Mode, OMD, Gary Numan dengan suasana yang lebih mengawang. Dengan mencuil kesenduan trip hop, noise-noise synth, beat yang mellow nan minimal dan vokal yang lirih terciptalah track penutup “You Caught The Light”.

Di dalam debut albumnya, trio ini memainkan synthpop sebagai benang merah album ini dengan beberapa genre penunjang seperti dream pop, indie pop, alternative rock, trip hop dan dreamwave sehingga membuat di beberapa track album ini bisa jadi sangat catchy juga bisa jadi sangat gloomy dan gelap. Vokal Lauren sendiri juga sangat unik, imut dan poppish. Kadang-kadang dia bisa jadi Ellie Jackson (La Roux) atau kadang kala dia bisa jadi Ellie Goulding dan kadang kala dia bisa jadi dirinya sendiri. Kemasan yang unik dan juga berani memasukkan unsur yang beda dari album synthpop kebanyakan membuat album ini juga menjadi semakin bagus. Dari bagian lirik mereka juga bermain ringan tanpa ada kata-kata yang ribet dan makna tersirat.

Pada debut albumnya, CHVRCHES juga mampu membuktikan bahwa musik dreamwave atau dream pop yang biasanya terdengar berat atau terlalu atmosferik dan mengawang bisa dibawakan begitu enak dan catchy berkat racikan mereka mengolahnya ke dalam musik synthpop ala 80’an yang groovy dan penuh dengan beat yang megah. Jadi jangan heran bila banyak yang memuji album debut mereka karena mereka mampu menciptakan lagu yang seru dan ringan dengan genre yang bisa dikatakan susah dicerna oleh masyarakat dan berat. Dan dengan debut albumnya rasanya kepopuleran CHVRCHES untuk berikutnya tinggal menunggu waktu saja

Official website

Rate the album:
[ratings]

Buy album on iTunes

(Luthfi / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “The Mother We Share” 3:12
2. “We Sink” 3:34
3. “Gun” 3:53
4. “Tether” 4:46
5. “Lies” 3:41
6. “Under the Tide” 4:32
7. “Recover” 3:45
8. “Night Sky” 3:51
9. “Science/Visions” 3:58
10. “Lungs” 3:02
11. “By the Throat” 4:09
12. “You Caught the Light” 5:37

Related posts

Leave a Reply