Trending News

Blog Post

Album of the Day: Haim – Days Are Gone
Album of The Day

Album of the Day: Haim – Days Are Gone 

Released by: Universal Music Indonesia

Trio kakak beradik HAIM yang terdiri atas Este, Alanna dan Danielle Haim ini berawal dari band keluarga Rockinhaim bersama orang tua mereka dan mereka akhirnya merilis musik tanpa orang tua mereka. Trio asal Los Angeles ini sudah terbentuk lama di tahun 2006 tapi karena kesibukan masing-masing personil membuat kepopuleran mereka hanya berada di level acara daerah mereka. Tapi pada tahun 2012 mereka memutuskan untuk menempuh karir profesional mereka di bidang musik dan mengeluarkan EP berjudul “Forever” dan menjadi buah bibir karena berhasil mencampurkan musik modern dengan musik ala Fleetwod Mac. Lalu mereka merilis beberapa single sebagai pemanasan album debut mereka yang sudah lama ditunggu oleh banyak orang.

Album debut mereka “Days Are Gone” dirilis di pasaran pada 27 September 2013 lalu dan berhasil menarik perhatian kritikus dan pecinta musik. Mereka berhasil memblok Justin Timberlake untuk mencapai puncak UK Album Charts di minggu pertama album ini rilis dan sudah duduk di top 10 albums di berbagai macam negara di Eropa. Lalu apa yang membuat album ini begitu banyak diminati dan disukai orang.

Pada “Falling” mereka bermain lincah di area funk, fusion, disco dan 80’s R&B dengan vokal yang husky sehingga track ini adikitif dan danceable. Masih melanjutkan semangat disco di “Falling” pada “Forever” mereka bermain dengan vokal yang soulful dengan musik yang berlandaskan pada soft-rock dan petikan gitar yang lebih tajam dibanding “Falling”. Pada “The Wire” mereka menggabungkan blues rock, southern rock dan vokal yang sedikit berani nan soulful. Untuk “If I Could Change My Mind” mereka menghidupkan kembali musik yang pernah dimainkan Blondie pada era “Atomic” ditambah dengan semangat indie pop yang ceria. “Honey & I” memadukan unsur country, folk rock dan blues dengan sedikit beat-beat penunjang lagu membuat lagu ini tidak terjebak dalam satu atmosfir dan satu musik dengan ending yang mengadopsi musik power pop.

“Don’t Save Me” merupakan track indie pop ala Camera Obscura dan estetika baroque pop. Pada “Don’t Save Me” mereka memainkan vokal yang berat dan musik yang “thumping” dan masih bisa digunakan untuk bergoyang pelan. Musik new wave dengan efek synth mereka tampilkan di “Days Are Gone” dengan tambahan nuansa yang lebih psychedelic dan modern. Mereka mempertunjukkan skill gitar mereka di “My Song 5” sebuah track yang sarat akan blues rock, hard rock, garage rock dan rock n roll yang begitu keras dengan selipan beat-beat elektrik R&B modern. Sesuai namanya, “Go Slow” merupakan track yang cukup tenang dan lambat. Disini mereka membawakan buaian indie pop dengan vokal gadis americana yang sendu nan powerful membuat track ini terlalu mellow.

“Let Me Go” mempunyai nuansa yang minimalis dan dark dengan vokal yang merupakan perpaduan antara Fiona Apple dan Florence Welch, pada track ini mereka juga menunjukkan kepiawaian mereka dalam bermain rock n roll dan psychedelic rock. Dan pada track penutup “Running If You Call My Name” mereka menerapkan musik chillout dan juga dream pop ke dalam suasana californian soft-rock yang teduh dengan fusi dari soul. Membuat track penutup ini begitu atmsoferik, crispy dan dreamy.

HAIM berhasil mencampurkan musik ala Fleetwod Mac dengan sound dan gaya mereka sendiri. Secara keseluruhan album ini memang berkutat di ranah indie pop namun banyaknya unsur californian soft-rock, R&B, New Wave, Soul, Disco, Funk, Fusion, Folk dan Country membuat album debut ini menjadi penuh warna dan asik untuk diputar berulang-ulang. Album ini juga banyak mempunyai track jagoan macam “Falling” dan “Don’t Save Me”. Mereka meramu musik mereka begitu atmosferik, stylish dan modern dengan petikan gitar yang catchy dan membius dan juga musik yang danceable.

HAIM mampu memberikan ekspektasi kepada semuanya yang mengharapkan album debut mereka menjadi sesuatu yang beda di dunia musik yang makin generik ini. Dan hal itu dibuktikan lewat album debutnya yang mencampurkan rekaman-rekaman kesukaan orang tua mereka, suasana California yang begitu kental, nada-nada dance dan funk yang universal dan vokal manis nan soulful dari mereka.

Official Website

(Luthfi / CreativeDisc Contributor)

Rate the album:
[ratings]

Buy album on iTunes

TRACKLIST
1. “Falling” 4:17
2. “Forever” 4:05
3. “The Wire” 4:05
4. “If I Could Change Your Mind” 3:50
5. “Honey & I” 4:11
6. “Don’t Save Me” 3:51
7. “Days Are Gone” 3:33
8. “My Song 5” 3:53
9. “Go Slow” 4:17
10. “Let Me Go” 4:08
11. “Running If You Call My Name” 4:04

Related posts

Leave a Reply