Trending News

Blog Post

Album of the Day: James Blunt – Moon Landing
Album of The Day

Album of the Day: James Blunt – Moon Landing 

Released by: Warner Music Indonesia

James Blunt merupakan salah satu sosok yang mungkin dikenal banyak orang sebagai one hit wonder dengan single You’re Beautiful. Meski demikian, dalam rentang waktu sembilan tahun setelahnya, Blunt tetap berupaya memberikan yang terbaik dari dirinya, termasuk di album ke empatnya ini, Moon Landing.

Blunt membuka album ini dengan tembang lembut berjudul Face the Sun. Nyanyiannya yang lirih akan segera melumpuhkan perasaan kita dan seolah-olah mengajak memasuki sebuah adegan di film yang romantis tapi pilu. Akan tetapi, Blunt emncuri perhatian kembali justru dengan lagu yang bergelora berjudul Bonfire Heart. Ini adalah hasil jika Blunt bekerjasama dengan hits maker seperti Ryan Tedder. Dengan gitar akustik yang berdenting cantik serta aransemen folk akustik, Bonfire Heart sukses dalam memberikan kita sebuah alunan lagu yang mampu mengharu-biru perasaan. Ada sentuhan Ryan Tedder yang kental dan sulit untuk dielakkan, namun syukurlah, secara umum Bonfire Heart masih terdengar seperti James Blunt.

Langsung ia menyusulnya dengan pop-rock yang bersemangat dalam Heart to Heart. Ditulis oleh Blunt bersama Daniel Parker dan Daniel Omelio, Heart to Heart adalah apa yang bisa diharapkan dari sebuah lagu pop-rock, mulai dari beat yang berderap sampai melodi yang anthemik. Vokal Blunt masih terdengar agak berlarat seperti biasanya.

Vokal Blunt memang sudah cetakknya berlarat. Menyanyi lagu apa saja, ia akan bernyanyi dengan gaya yang sama. Akan tetapi Blunt cukup pintar untuk tidak terjebak pada overantusiasme untuk menyanyikan lagu-lagu yang dikira tidak cocok dengan warna vokalnya, karena hal tersebut bisa saja merupakan sebuah bencana. Tom Odell mungkin bisa menjadi contoh.

Oleh karenanya, Moon Landing terasa pas, karena mengusung lagu-lagu yang cocok dengan vokal Blunt itu sendiri. Komposisi-komposisi pop folk yang mudah dicerna, baik dalam bentuk balada minimalis tapi sentimentil seperti Sun on Sunday atau power balladd seperti Miss America, dimana vokalnya bertandem dengan piano untuk menciptakan efek sentimentil tadi.

Tapi ia juga tidak mau bermalas-malasan dengan lagu yang pastinya gampang dikerjakan oleh Blunt. Maka Moon Landing juga memiliki beberapa track yang cukup “menantang”, seperti The Only One yang sedikit mengingatkan akan pop-rock ala Snow Patrol meski dalam tone yang jauh lebih cerah. Bones merupakan sebuah track yang sedikit terpengaruh oleh synth-rock yang diadopsi oleh The Killer yang pastinya akan sangat memanaskan penampilan Blunt di panggung secara live.

Blunt juga masih menyediakan ruang untuk folk yang lebih konvensional dengan menghadirkan track Postcard. Vokal Blunt terdengar lebih padu dengan “eksotisme” yang diusung oleh lagunya. Piano, ukulele, gitar, dan drum berpadu dalam beat berderap yang mengajak pendengar untuk bergabung dalam keceriaanya.

Terimakasih kepada kerja kerasnya dalam Moon Landing, orang-orang kembali mengapresiasi Blunt dengan lebih baik, meski mungkin tidak begitu ingat dengan apa yang dikerjakannya antara Back to Bedlam, album debutnya, hingga album ini. James Blunt mungkin bukan penyanyi terbaik yang pernah ada atau pun musisi paling orisinil, akan tetapi Moon Landing adalah paket pop folk manis yang masih terdengar renyah mudah dinikmati. Teman yang cukup pas dalam menghabiskan waktu santai.

Official Website

Rate the album:
[ratings]

Buy album on iTunes

(Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “Face the Sun” 4:03
2. “Satellites” 3:12
3. “Bonfire Heart” 3:58
4. “Heart to Heart” 3:29
5. “Miss America” 3:07
6. “The Only One” 3:41
7. “Sun on Sunday” 3:18
8. “Bones” 2:53
9. “Always Hate Me” 3:37
10. “Postcards” 4:46
11. “Blue on Blue” 3:53

Related posts

Leave a Reply