Trending News

Blog Post

Album of the Day: Jason DeRulo – Tattoos
Album of The Day

Album of the Day: Jason DeRulo – Tattoos 

Released by: Warner Music Indonesia

Cedera yang menimpanya saat latihan untuk tur terakhirnya memaksa Jason DeRulo terfokus pada album ini. Album studio ketiga yang bisa dirilis pada 20 September 2013 ini adalah perjalanan dari angka 300 lagu yang ditulis, menjadi 120 lagu yang direkam, hingga akhirnya terbungkus dalam satuan “Tattoos” yang berisi 11 track. That pretty much set the bars for the album. Ekspektasi besar lainnya datang dari kerjasama yang dijalin Jason. Ia didukung oleh nama-nama beken seperti DJ Frank E, Carl Falk, Jonas Jeberg, RedOne, The Cataracs, juga Rami Yacoub. Ditambah kolaborasi dengan 2 Chainz, Jordin Sparks, Pitbull, dan juga The Game, membuat “Tattoos” memesonakan, hitam di atas putih.

Tak banyak perubahan yang terjadi saat ‘The Other Side’ dirilis. Single ini masih mengedepankan dance yang sudah jadi kebiasaan. ‘Talk Dirty’ yang justru menjadi kejutan. Ia lebih condong ke arah hip-hop tanpa sepenuhnya menghilangkan hobi Jason menyampling lagu lain ke dalam lagunya. ‘Talk Dirty’ yang menampilkan 2 Chainz mengandung melodi dari lagu ‘Hermetico’ sempat menduduki puncak UK Single chart. Keberhasilan itu menambah bumbu pemikat album.

Sebagai album yang diklaim memiliki nilai personal yang kuat, track berjudul ‘Marry Me’ kemudian membuat prasangka bahwa Jason sudah siap sedia untuk menjalani hidup dengan sang kekasih Jordin Sparks. Tapi dilemanya, Jordin justru meminjamkan vokalnya untuk lagu yang berjudul ‘Vertigo’ di album ini. Tak seperti judul yang berkonotasi negatif, ‘Vertigo’ justru hadir sebagai mewakilkan perasaan takjub, diberkahi, dan terima kasih atas rasa cinta. Ada intrik untuk menyebut mana kolaborasi terbaik yang Jason punya di album ini. Ikatan nyata hubungan Jason-Jordin jelas membuat duet mereka terkesan lebih dipercaya, tapi perilaku Pitbull yang membakar ‘Fire’ adalah yang terbaik yang “Tattoos’ bisa berikan. Ia bahkan tak menganggap ‘Side Fx’ yang menampilkan The Game sebagai pesaing.

Setiap lagu dalam album ini diproduseri oleh orang yang berbeda. Dinamika terjadi, namun harga yang harus dibayar adalah ketidakhadiran ketersambungan antara satu dan lain track. Satu-satunya benang merah yang mengaitkan adalah keterikatan personal antara Jason dengan lirik yang dibawakannya. Adalah kisah hidup yang ia tuangkan dalam lirik, mencoba menunjukkan kepada pendengar bahwa lagu-lagu ini datang darinya dan melekat sepenuhnya dalam hidupnya, seperti tato.

Saya tidak melihat “Tattoos” sebagai album yang berambisi untuk diakui sukses secara komersil. Tapi album ini hadir untuk menguliti Jason, sehingga kita bisa mendapat sekelumit kisah yang mendefinisikan dirinya. Meskipun demikian, tetap ada beberapa track yang jika diberi kesempatan untuk muncul, mungkin akan menguap dan mendapat klaim sebagai hit. Mereka adalah ‘Tattoo’, ‘Stupid Love’, dan ‘Rest Of Our Life’. Ketiganya ramah dengar, potensi yang besar untuk menjadi hiburan terbaik di telinga pendengar.

Official website

Rate the album:
[rating]

Buy album on iTunes

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. The Other Side 3:47
2. Talk Dirty (feat. 2 Chainz) 2:56
3. Marry Me 3:43
4. Tattoo 3:26
5. Trumpets 3:37
6. Vertigo (feat. Jordin Sparks) 3:53
7. Fire (feat. Pitbull) 3:36
8. Side Fx (feat. The Game) 3:29
9. Stupid Love 3:34
10. With The Lights On 3:11
11. Rest Of Our Life 3:05

Related posts

Leave a Reply