Trending News

Blog Post

Album of the Day: Union J – Union J
Album of The Day

Album of the Day: Union J – Union J 

Released by: Sony Music Entertainment Indonesia

Untuk saat ini, agak sulit memetakan dimana keberadaan Union J di galaksi musik internasional. Kalau di UK, mereka sudah settle dengan posisi yang cukup baik. Namun di luar, belum ada hentakan signifikan yang membuat mereka bisa diperhitungkan. Tapi, tetap ada potensi menuju kesana. Apalagi dengan perilisan album debut mereka, “Union J” di bulan November ini. Album ini berisi 10 buah lagu yang menjadi satu-satunya cela dalam item tersebut. Ya, karena 10 itu angka yang terlalu sedikit.

‘Carry You’ menjadi track pembuka. Mendengarkan lagu ini kurang lebih memberi pandangan mengenai keseluruhan album. Pop yang mereka sajikan sedikit menyenggol ke dancepop, sedikit menyenggol ke poprock. Upaya yang tim produksi berikan untuk corak Union J adalah sebisa mungkin mempertahankan musik organik meskipun dalam jumlah sedikit di setiap lagu. Jadi, track manapun pilihanmu, akan terdengar intrument murni yang dimainkan. Optimalisasinya terjadi di ‘Beautiful Life’. Musicwise, it’s outstanding. Membawa Union J ke level lebih tinggi dalam urusan kualitas.

Kekurangan yang dimiliki Union J sebagai grup vokal adalah mereka kurang menunjukkan paduan vokal yang harmonis. Setiap mereka, JJ Hamblett, Josh Cuthbert, George Shelley, dan Jaymi Hensley diberikan kesempatan untuk unjuk vokal di sesi yang berbeda di tiap lagu, namun kurang memadukannya dalam bagian chorus. ‘Last Goodbye’, ‘Beethoven’, ‘Where Are You Now’ adalah sejauh usaha yang mereka lakukan untuk menandakan kalau mereka grup vokal. Sekeras apapun itu, tetap ada satu vokal yang terdengar menonjol sementara yang lainnya ditekan untuk melatari.

Saya harus mengakui bahwa poprock yang diciptakan disini nyaris menyentuh titik bosan. ‘Loving You Is Easy’ terdengar begitu serupa dengan ‘Carry You’. Tak lupa dengan pembawaan falsetto yang menjadikan kedua lagu ini seperti kembar siam. So, yang stand out adalah ia yang dancepop all the way. Satu lainnya adalah ‘Lucky Ones’, dan ini meninggalkan ‘Save The Last Dance’ sebagai pilihan terbaik. Just like a getaway, this song saved me from boredom. Tak cuma satu, masih ada jalur pelarian lain yang diset. Dengarkan balada pop ‘Amaze Me’, banjo driven song ‘Head In The Clouds’, dan cover version untuk lagu terdramatis Demi Lovato ‘Skyscraper’. Sehingga pantas terujar “that’s how you make an album” untuk Union J ini.

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

[ratings]

Beli CD Union J Rp. 85.000,- silahkan isi form disini

Tracklist:
1. “Carry You”
2. “Beautiful Life”
3. “Loving You Is Easy”
4. “Last Goodbye”
5. “Beethoven”
6. “Head in the Clouds”
7. “Where Are You Now”
8. “Save the Last Dance”
9. “Amaze Me”
10. “Skyscraper”

Related posts

Leave a Reply